Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Manajemen Mudah Pengelolaan Pertolongan Siswa Miskin (Bsm)/ Jadwal Indonesia Akil (Pip)

APLIKASI ADMINISTRASI PRAKTIS PENGELOLAAN BANTUAN SISWA MISKIN (BSM)/ PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP)


Aplikasi Administrasi Mudah Pengelolaan BSM/PIP >> Kebijakan Pemerintah ihwal Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) yaitu kebijakan yang bertumpu pada perjuangan pemberian tunjangan kepada siswa yang kurang bisa atau miskin untuk tetap mendapat pelayanan pendidikan yang layak , mencegah putus sekolah, mengangkat siswa miskin untuk bersekolah, membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam mendapat pendidikan dan mendukung jadwal pemerintah yaitu pendidikan dasar dan menengah.

Upaya pemerintah untuk membantu masyarakat miskin dengan tunjangan yang telah diberikan sehingga mereka tetap mendapat layanan pendidikan yang layak sesuai jenjangnya, penyempurnaan jadwal BSM ini telah dilakukan oleh pemerintah dengan jadwal yang lainnya  yaitu Program Indonesia Pintar (PIP) yaitu jadwal pemerintah sebagai kelanjutan dari jadwal Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Program Indonesia Pintar (PIP) dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan kesatuah yang utuh, lantaran bagi masyarakat misikn pada usia sekolah 6 – 21 tahun dalam implementasi pemberian tunjangan dari PIP diwajibkan mempunyai KIP, yang mana kartu tersebut sebagai tanda bukti bahwa mereka wajib mendapat tunjangan dana dari Program Indonesia Pintar untuk kelangsungan mendapat pendidikan yang layak.


Penyaluran Program Indonesia Pintar kepada masyarakat dialokasikan melalui satuan pendidikan masing-masing lewat DAPODIKDASMEN, sehingga bagi akseptor bimbing yang telah mendapat KIP wajib lapor ke Sekolah masing-masing untuk di data dan di laporkan oleh operator sekolah masuk pada DAPODIK.

Besaran dana BSM/PIP :


Pencairan Program Indonesia Pintar bagi akseptor bimbing kurang bisa yang telah mempunyai KIP biasanya lewat sekolah masing-masing kemudian sesudah data dan persyaratan komplit akan dicairkan melalui Bank yang di tunjuk untuk melayani penyaluran jadwal PIP tersebut.

Berkaitan dengan jadwal tunjangan tersebut maka bagi satuan pendidikan (sekolah) wajib melaksanakan manajemen komplit dari awal pendataan siswa kurang bisa hingga pada pencairan dan pelaporannya. Oleh lantaran itu manajemen jadwal tunjangan BSM/PIP harus dibentuk secara sistematis sehingga gampang untuk mengontrol dan pelaporannya.
Bagi satuan pendidikan yang mungkin belum melaksanakan manajemen secara sistematis dan mudah dalam penanganan BSM/PIP, disini kami sajikan sebuah aplikasi mudah untuk pengadministrasian jadwal tersebut.

Aplikasi Administrasi Mudah Pengelolaan BSM/PIP ini kami sajikan dalam bentuk format MS-EXCEL, untuk mendapat aplikasi tersebut bisa di unduh pada tautan link dibawah ini.


Download Juga ihwal Petunjuk Teknis PIP :   >>> Klik Di Sini <<<

Itu yang bisa kami sampaikan Aplikasi Administrasi Mudah Pengelolaan BSM/PIP  semoga bermanfaat, terima kasih.