Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Teladan Sistem (Unik)

INIRUMAHPINTAR - Pada peluang ini, saya tertarik menulis perihal Pengertian, Tujuan, misal, Ciri-ciri Sistem berdasarkan sudut pandang dan ke(unik)an kecerdikan pribadi. Bukan dengan menghadirkan pendapat atau teori para jago menyerupai blog-blog infomatif lainnya di dunia maya. Bukan juga bertujuan untuk mendukung atau melemahkan pendapat atau pandangan siapapun. Melainkan untuk menghadirkan warna gres perihal Pengertian, Tujuan, misal, Ciri-ciri Sistem berdasarkan analisa dan kecerdikan aku. 

Pengertian Sistem (Unik)

Sistem yaitu sebuah struktur terpola yang terbentuk dari unsur-unsur atau elemen-elemen produktif yang dilengkapi dengan kemampuan atau kapasitas tertentu untuk saling berkolaborasi, bersinergi dan sejalan mencapai tujuan, visi-misi, fungsi, dan sasaran tertentu. 

Dalam bahasa Inggris, sistem disebut sebagai system yang berarti susunan; tataan; jaenteng; metode. Kata lain yang berkaitan yaitu, systematic yang berarti sistematik; sistematis; teratur berdasarkan sistem. Berdasarkan terjemahan ini kita sanggup menyimpulkan bahwa sistem yaitu sebuah susunan/rangkaian sejumlah komponen yang bekerja dalam keteraturan sesuai tujuan yang diperlukan oleh penciptanya.

Ciri-Ciri / Karakteristik Sistem (Unik)

Secara hakekat, sistem sanggup berupa rangkaian komponen ajaib (tak terlihat) atau komponen faktual (tampak). Itu berarti sistem tidak sanggup bekerja dengan mengandalkan satu bab saja. Harus ada kerja sama atau kerjasama antara subsistem-subsistem pembentuk sistem itu sendiri. 

Selain itu, setiap komponen harus dibekali dengan kemampuan, kapasitas, dan fungsi-fungsi tertentu. Lalu, dengan kemampuan fungsional yang dimilikinya, tiruana komponen bersinergi dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan. 

Apakah sistem itu alat? Iya, betul sekali, sistem itu yaitu alat untuk mencapai tujuan tertentu. Namun, sistem bukan sekedar alat, alasannya ia juga sanggup menjadi tujuan itu sendiri. Lalu, apakah alatnya sanggup bekerja otomatis secara sendiri tanpa perencanaan sebelumnya? Tentu tidak, alat itu sanggup berjalan dengan baik jikalau sudah melalui proses planning atau programming yang benar dan dikelola atau dijalankan oleh user yang kredibel dan qualified. Apakah sistem hadir begitu saja atau diciptakan? Semua sistem di dunia ini niscaya mempunyai pencipta, itu berarti tiruana sistem diciptakan. 


Tujuan Sistem (Unik)

Untuk apa sistem itu diciptakan? mengapa tidak membiarkannya hadir begitu saja? Tunggu dulu, coba kita renungkan sama-sama. Hal-hal terkecil di dunia ini ada alasannya diadakan bukan? Tidak ada yang bisa ada tanpa ada yang mengadakan. Jadi, tiruana unsur di muka bumi yaitu sistem atau subsistem bab dari sistem-sistem yang lain. Dan satu unsur atau komponen sanggup menjadi bab lebih dari satu sistem, bergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Jadi, pada dasarnya, tiruana sistem itu ada dan diadakan untuk sebuah tujuan, sesuai keinginan, arahan, petunjuk, dan perintah pencipta-Nya.

misal-misal Sistem (Unik)

Berdasarkan konsep-konsep pengertian, ciri-ciri dan tujuan sistem di atas, saya yakin sahabat dekat-teman bersahabat pembaca sudah sanggup menerka-nerka contoh-contoh sistem yang ada di sekitar kita. Tidak usah jauh-jauh, coba kita pandangi dan bertanya ke diri sendiri? Siapa kita sebenarnya? Tentu dengan sigap kita akan menjawaban, bahwa kita yaitu manusia. 

Iya betul, kemudian siapakah insan itu? Manusia yaitu makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna. Apakah insan yaitu sistem? Betul sekali, insan yaitu pola sistem yang ada di muka bumi. Dari sudut pandang paling sederhana, insan yaitu sistem yang terdiri atas komponen lahiriah dan batiniah. Dari sudut pandang ilmu Biologi, insan yaitu sistem yang terdiri atas komponen-komponen biologis mencakup subsistem panca indera, subsistem pernafasan, subsistem pencernaan, subsistem pengeluaran, dan subsistem-subsistem lain yang saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Kumpulan atau rangkaian subsistem inilah yang kita kenal dengan istilah insan (human). 

Apakah insan yaitu sistem atau subsistem? Berdasarkan konsep ciri-ciri sistem yang dijelaskan di atas, insan dalam arti khusus sanggup juga menjadi subsistem untuk sistem-sistem lain, bergantung sudut pandang yang digunakan. misalnya, seorang guru, secara hakikat ia yaitu insan dan sistem, tetapi secara fungsi ia sanggup menjadi subsistem dari sistem organisasi sekolah. Begitupun, seorang dokter, secara hakikat ia yaitu insan dan sistem, tetapi secara fungsi khusus ia yaitu bab dari sistem rumah sakit atau puskesmas.

misal sistem yang lain yaitu sistem pemerintahan di Indonesia. Sistem tersebut memadukan subsistem-subsistem yang mempunyai kiprah dan fungsi masing-masing yaitu Presiden, Wakil Presiden, Menteri-Menteri, Kepala Daerah, Camat, Kepala Desa/Lurah, Ketua RT/RW, dan lain-lainnya yang saling terkait. 

misal sistem di bidang lain, contohnya ekonomi. Kita mengenal istilah sistem ekonomi syariah. Sistem tersebut terbentuk dari komponen-komponen menyerupai pemerintah, kebijakan Syariah, bank syariah, koperasi syariah, nasabah syariah, dan komponen-komponen lain yang terkait. 

misal sistem di bidang otomotif, contohnya sistem kendaraan bermotor. Sistem tersebut sanggup bekerja dengan baik jikalau didukung subsistem-subsistem lain yang saling bekerja sama meliputi, subsistem starter, subsistem pengapian, subsistem kelistrikan, subsistem penggerak, subsistem pengereman, dan subsistem-subsistem lain yang saling terkait satu sama lain. 

Dalam ilmu komputer, ada pola sistem yang paling familiar di pendengaran kita, yaitu sistem operasi. Sebuah komputer, tidak akan bisa bekerja dengan baik tanpa ada sistem operasi. Sistem operasi yang terkenal di dunia dan di Indonesia yaitu Windows, Linux, Mac OS, Unix, Amiga, Garuda OS, dsb. 

Tentu masih banyak contoh-contoh sistem yang belum disebutkan di goresan pena ini. Namun, saya yakin sahabat dekat-teman bersahabat pembaca yang ditakdirkan berkunjung ke blog ini sudah paham perihal Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, misal Sistem.

Selanjutnya, mari kita bandingkan pemahaman kita wacana topik (Unik) ini, kemudian kita diskusikan di kolom komentar, andai ada yang berkenan sharing bersama. Selamat belajar, berpikir, dan berkarya dalam memaknai sistem penciptaan kita sebenarnya?