Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Kondusif Membeli Jilbab Dan Produk Pakaian Secara Online

INIRUMAHPINTAR - Saat ini, untuk membeli jilbab atau produk pakaian sehari-hari buat diri sendiri dan keluarga, kita tidak perlu lagi ke luar rumah. Berbagai situs penjualan online tersedia di internet. Begitu pun akun-akun jualan di media sosial, jumlahnya bisa mencapai ratusan hingga ribuan memenuhi beranda setiap saat. Terbukti, akun pribadi saya di Instagram, selalu saja mendapat notifikasi permintaan follow dari akun-akun yang diberinisial "shop" atau "store". Ini mengindikasikan bahwa hampir setiap hari, entrepreneur-entrepreneur online terlahir dan siap menjajakan lapaknya ke penduduk dunia maya. 

Seiring dengan kemajuan teknologi dan gampangnya kanal internet, tren jual-beli online pun semakin marak. Apalagi perusahaan jasa pengiriman barang pun tidak susah lagi ditemukan. Produk-produk yang ditawarkan pun bermacam-macam dengan harga bersaing. Bagi mereka kaum perempuan misalnya, untuk membeli jilbab atau produk pakaian jadi, tinggal menentukan produknya di aplikasi ponsel, kemudian melaksanakan transfer, dan menunggu beberapa hari hingga barangnya datang di depan rumah. Benar-benar sebuah kemajuan peradaban yang luar biasa.

Meskipun sudah banyak konsumen, mungkin termasuk Anda, sudah familiar dengan sistem belanja online. Namun, di luar sana ternyata masih banyak Ibu-Ibu, Mahasiswi, atau pelajar yang merasa takut untuk bertransaksi secara online. Bukan sebab tidak tertarik, tetapi merasa khawatir jikalau barangnya tidak sesuai harapan, atau kena tipu. Yah, faktanya masih ada oknum-oknum tidak bertanggung balasan yang berkeliaran, mengaku sebagai penjual online tetapi bodong alias penipu. 

Untuk itu, melalui goresan pena ini, saya termotivasi untuk sedikit membuatkan pengalaman dan tips bagaimana membeli jilbab dan produk pakaian secara online. Tepatnya, ada 10 tips. Mungkin ada yang bertanya, darimana saya mempunyai pengalaman bertransaksi online. Kebetulan saya dan seorang sobat bersahabat pernah dan masih mengelola sebuah bisnis online kecil-kecilan dengan produk utama, jilbab dan pakaian muslimah. Bukan promosi loh ya! Cuman ingin membuatkan tips kondusif membeli produk semoga tidak kena tipu atau menjadi korban impian tiruan. Baiklah, mari kita baca dengan seksama 10 tips tersebut di bawah ini:


1. Cari Situs atau Akun Penjual Online yang Diminati

Langkah pertama ialah mencari situs atau akun penjual online yang menyediakan jilbab atau pakaian yang diminati. Bagaimana caranya? Banyak sekali. Yang paling gampang, searching di om Google. Alternatif lain, carilah di grup-grup atau fan page jual beli di sosial media, menyerupai di Facebook, Twitter, Instagram, Line, atau di BBM. Dari sekian banyak pilihan tersebut, silahkan saring beberapa akun atau situs yang dianggap meyakinkan, kemudian lanjutkan proses seleksi yang ketat. Untuk pemula, saya rekomendasikan memakai situs online terkenal dulu, menyerupai Shopee, Bukalapak, atau Lazada. *Sekali lagi bukan promosi loh ya! Hanya contoh. Bisa kok menentukan situs jual beli online yang lain.

Hanya saja, situs yang saya sebutkan di atas, tergolong simpel digunakan, terutama bagi konsumen amatir. Saya pernah memakai jasa dari Bukalapak ketika pertama kali mengenal situs jual beli online. Awalnya was-was, tetapi ketika barang udah hingga rumah, alhamdulillah. Terpercaya! Namun, tetap saja, bagi sobat dekat-teman bersahabat pembaca yang ingin mencoba membeli jilbab atau produk pakaian lainnya, tetap waspada, dan ikuti tips-tips perhiasan di bawah ini. 

2. Mintalah Kontak Penjual yang Fast Respond

Langkah kedua yaitu silahkan cek nomor kontak penjual. Pastikan Anda sebagai konsumen memperoleh kontak yang fast respond. Jika isu kontak tidak tersedia di akun penjual, silahkan minta dengan sopan dengan mengirimkan pesan atau mencoba menghubungi lewat kontak yang ada. Perlu dicatat, bahwa tidak tiruana nomor kontak atau email dari penjual benar-benar aktif atau sering dicek. Mungkin faktor kesibukan atau banyaknya pelanggan yang perlu dilayani. Oleh sebab itu, sebagai pembeli online pemula, sebaiknya memastikan terlebih lampau nomor kontak mana yang cepat ditanggapi penjual semoga lebih simpel melaksanakan tawar-menawar atau bertanya-tanya wacana produk yang diminati. 

Kata mitra saya yang notabene konsumen online awet, bisa komunikasi intens dengan penjual online itu sesuatu banget. Lebih simpel dan cepat memesan produk, sekaligus bisa berguru menjadi reseller. Jadi, di tips kedua ini, ingatlah untuk memastikan mempunyai nomor kontak penjual sebelum melaksanakan pemesanan, semoga jikalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, bisa segera dikonfirmasi. Apalagi, nomor kontak private penjual biasanya di share ke pelanggan-pelanggan yang terpercaya ajah. So, jadilah customer teladan. Pesanlah produk sebanyak-banyaknya, jikalau benar-benar bisa atau siap menjadi reseller. Kalau belum sanggup, yah, gapapa. Minimal saling percaya ajah dan berkomunikasilah dengan santun.

3. Perhatikan Testimoni dari Pelanggan Lain

Sebagai tips ke-3, saya mengingatkan sobat bersahabat sekalian terutama yang gres saja ingin mencoba membeli jilbab atau produk pakaian di situs jual beli online semoga benar-benar memperhatikan dengan teliti testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Di situs jual beli online ternama biasanya terdapat tampilan yang memperlihatkan ulasan pelanggan. Nah, lihatlah tingkat kepuasan konsumen di cuilan tersebut. Lain halnya, jikalau berniat membeli sesuatu di akun jual beli pribadi di Facebook atau sosial media lainnya, lihatlah komentar-komentar di bawahnya. Jika banyak pelanggan yang merasa puas atau mempersembahkan bintang sebagai bentuk kepuasan, maka ikut membeli produk di penjual tersebut jauh lebih meyakinkan. Namun demikian, tetaplah berhati-hati membeli di akun-akun penjual pribadi yang tidak terdaftar di situs jual beli online resmi. Demi memikat korbannya, sang penipu digital ini biasanya memenuhi lapaknya dengan komentar dari akun-akun bohongan. Jadi, sekali lagi, untuk pemula. Cobalah membeli barang di situs jual-beli terpercaya menyerupai yang saya sebutkan di atas.

4. Berkomunikasi dengan Pelanggan yang Pernah Membeli

Langkah ke-4 ini ialah opsional. Namun, tetap saja bermanfaa jikalau ingin tahu lebih banyak dengan bertanya eksklusif ke salah satu pelanggan yang pernah membeli suatu produk online. Mungkin sobat bersahabat ingin menanyakan bagaimana pelayanan si penjual dan kualitas produknya. Selain itu, tahap ini sekaligus berfungsi menguji keaslian identitas pelanggan. Untuk menghubunginya pun relatif gampang, jikalau ia memakai Facebook, silahkan manfaatkan akomodasi inbox atau kotak chat. Atau minta saja nomor kontaknya kemudian berkomunikasilah eksklusif melalui WhatsApp atau Line. 

5. Cek Keaslian Gambar dan Spesifikasi Lengkap (ukuran, bahan, warna, dst)

Langkah diberikutnya yaitu mengecek keaslian gambar jilbab dan produk pakaian lainnya yang terpampang di beranda akun penjual. Sebelum membeli, konfirmasilah sedetail-detailnya. Misalnya warna, ada kalanya warna foto atau gambar tidak sama dengan warna sebenarnya. Pasalnya, efek kamera atau pencahayaan sanggup menipu mata. Oleh sebab itu, pastikan keidentikan gambar dengan produk sebenarnya. Walaupun susah untuk benar-benar memastikan, setidaknya bertanyalah seperlunya. Jika memungkinkan mintalah sampel terlebih lampau. Meski sangat jarang yang menyediakan layanan Istimewa menyerupai itu, cobalah dulu, siapa tahu beruntung mendapat penjual jilbab yang baik hati. 

6. Memastikan Estimasi Harga Produk, Biaya, dan Lama Pengiriman

Langkah ke-5 ini sangat penting dan dilarang diabaikan. Terutama bagi konsumen yang mempunyai budget terbatas atau membutuhkan jilbab/pakaian tersebut dalam waktu dekat. Silahkan pastikan berapa estimasi harga produk, biaya dan usang pengiriman. Jangan malu-malu untuk meminta diskon atau bonus. Siapa tahu Anda beruntung berkenalan dengan penjual yang baik hati dan tidak sombong. hehehe.

Bagi yang ingin mencoba membeli via Bukalapak, tampaknya estimasi biaya pengiriman ke seluruh kota di Indonesia sudah tersedia di beranda akun penjual. Jadi, cek ajah di situ. Kecuali jikalau ingin membeli via Shopee, biaya pengiriman gratis untuk pembelian dengan total tertentu. Silahkan cek juga eksklusif di situs tersebut. 

7. Untuk Pemesanan Pertama, Belilah Produk Secukupnya (min. 1 kg)

Sebagai ujicoba produk dan pengiriman, cobalah memesan jilbab/pakaian secukupnya di awal pembelian. Sebaiknya mencapai berat minimal satu kg semoga total harga sedikit lebih ramping. Sesudah hingga di rumah, ceklah barang-barang tersebut dengan teliti. Jika kurang memuaskan, berpindahlah ke lain hati. Carilah penjual yang menyediakan produk lebih baik. Namun, tetaplah ingat bahwa jikalau ingin membeli produk berkarakter premium tidakboleh memaksakan mencari barang-barang yang murah. Harga mewakili kualitas kok. Jika produk ternyata bagus, pertahankan, masukkan list penjual-penjual yang recommended! Dan Anda tidakboleh lupa membeli produk lagi di lain waktu semoga penjual tersebut untung dan bahagia.  


8. Berkomunikasilah dengan Penjual Menggunakan Kata-Kata yang Santun

Tips ke-8 yaitu tumbuhkan komunikasi positif dengan penjual. Pahami keadaannya, kesibukannya, dan waktu-waktu kerja/istirahatnya. Penjual juga manusia, jadi jikalau ingin komplen atau menanyakan wacana produk, berbaik sangkalah dan gunakan kata-kata yang santun. melaluiataubersamaini menghidupkan komunikasi positif menyerupai ini, tidak menutup kemungkinan di pembelian tertentu, Anda memperoleh diskon atau bonus. Setidaknya memperoleh senyuman. Bukankah memperoleh hadiah senyuman manis emoticon di kontak pesan ialah kebahagiaan yang sangat bernilai?hehehe

9. Pastikan Nomor dan Nama Rekening Telah Sesuai dengan Identitas Penjual

Tips ke-9, pastikan nomor dan nama rekening yang akan dikirimi uang pembelian. Kalau perlu, mintalah rekening yang sama dengan rekening Bank Anda, semoga lebih irit potongan biaya. Jangan lupa, periksa benar-benar nomor rekening tujuan tersebut, sebab salah sedikit, salah kirim bisa saja terjadi. Rugi dua kali jadinya. Jilbab tidak dapat, uang melayang ke alamat lain. Jadi, berhati-hati dan telitilah.

10. Berikanlah Alamat Tujuan dan Nomor Kontak Secara Lengkap 

Yang terakhir yaitu diberikanlah alamat tujuan secara lengkap kepada penjual. Jangan lupa sertakan nomor kontak yang bisa dihubungi semoga jasa pengiriman tidak kebingungan mencari alamat Anda. Jika terlalu lama, tidakboleh sungkan-sungkan menghubungi Customer Service perusahaan jasa pengiriman tersebut. Terkadang, ada saja masalah kehilangan atau keterlambatan di luar dugaan. Jadi, sigaplah atas segala kemungkinan. Namun, tidak usah terlalu khawatir, sebab ketika ini Agen Jasa Pengiriman berlomba-lomba menyediakan pelayanan terbaik semoga tidak ditinggalkan konsumen. 

Nah, begitulah kira-kira 10 Tips Aman Membeli Jilbab dan Produk Pakaian Secara Online  yang sempat saya bagikan di goresan pena ini. Semoga bermanfaa!