Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lagu Barat Islami Untuk Latihan Listening Bahasa Inggris

INIRUMAHPINTAR - Belajar bahasa Inggris yaitu kebutuhan di masa kini. Hampir setiap bidang ilmu memakai pengantar bahasa Inggris. Begitupun untuk berkomunikasi dengan dunia global, bahasa Inggris ialah salah satu bahasa utama yang digunakan masyarakat internasional. Untuk pintar berkomunikasi berbahasa Inggris, engkau perlu menguasai keterampilan-keterampilan berbahasa. Salah satu skill yang perlu dilatih yaitu keterampilan mendengarkan (listening). melaluiataubersamaini kemampuan menyimak yang terbaik, engkau sanggup lebih simpel mengerti apa yang dikatakan oleh rekan bicaramu. Selain itu, engkau pun bisa lebih familiar dengan film-film barat, program talk show dan lagu-lagu yang berbahasa Inggris. Enak bukan?

Coba bayangkan jikalau engkau menguasai bahasa Inggris, ada banyak peluang untuk saling kenal-mengenal dengan siapa saja di dunia. Bahkan, tidak ada lagi alasan untuk menutup diri dari dunia yang begitu beragam. Perkenalkan dirimu, duniamu, kearifan timur yang ada di genggamanmu kepada seluruh makhluk bumi. 

Nah, salah satu media yang direkomendasikan penggiat bahasa untuk melatih keterampilan listening yaitu lagu. melaluiataubersamaini menyimak lagu-lagu barat secara konsisten dan penuh serius, peluang untuk menambah kepekaan listening comprehension semakin terbuka. Sayangnya, lagu-lagu ber-bahasa Inggris yang tersedia di internet ketika ini kebanyakan berbau kurang mendidik. Namun, tidakboleh khawatir! Pada peluang ini, saya akan membagikan beberapa lagu barat Islami yang mendidik untuk engkau pakai sebagai materi tes mendengarkan (listening) bahasa Inggris.

Langsung saja! Cekidot!
  1. Harris J - Salam Alaikum
  2. Harris J - You are My Life
  3. Harris J - Worth It
  4. Harris J - I promise
  5. Harris J - The One
  6. Harris J - Save Me From Myself
  7. Harris J - Rasool'Allah
  8. Harris J - Eid Mubarak Ft. Shujat Ali Khan
  9. Raef - You are the one
  10. Raef - (Rabbee) I'm Yours
  11. Raef - With You
  12. Maher Zain & Atif Aslam - I'm Alive
  13. Raef - So Real
  14. Raef - Home 
  15. Raef - You're There
  16. Raef - Your Mercy [Maroon 5 Cover - Won't Go Home Without You] 
  17. Raef - Man In The Mirror (Michael Jackson Cover) 
  18. Raef - It's Jumuah [Friday] | (Rebecca Black Cover) 
  19. Maher Zain - Love Will Prevail
  20. Maher Zain - Insha Allah
  21. Maher Zain - The Chosen One
  22. Maher Zain - Number One For Me
  23. Maher Zain - Close To You
  24. Maher Zain - Peace Be Upon You
  25. Maher Zain - The Power
  26. Maher Zain - True Love
  27. Maher Zain - Rabbee Yebarik (English)
  28. Maher Zain - One Day 
  29. Maher Zain - The Power
  30. Harris J - Let Me Breathe
  31. Raef - Peace & Blessings
  32. Raef - No One Knows But Me
  33. Maher Zain - Open Your Eyes
  34. Raef - Call on Him
  35. Raef - Freedom Ain't Free feat. Nano Omar
  36. Irfan Makki - I Believe feat. Maher Zain
  37. Maher Zain - Thank You Allah
  38. Maher Zain - Hold My Hand
  39. Maher Zain - Forgive Me
  40. Maher Zain - Guide Me All The Way
  41. Maher Zain - I Love You So
  42. Harris J - Love Who You Are
  43. Maher Zain - Ramadan
  44. Maher Zain - One Big Family


Lagu-lagu di atas sangat recommended buat engkau-engkau yang ingin memperlancar keterampilan menyimak (listening) dalam bahasa Inggris. Selain untuk hiburan tentunya. Dan tidak usah ragu. Ketiga penyanyi di atas bukan spesialuntuk menyanyikan lagu buat kesenangan semata tetapi juga untuk menebarkan nilai-nilai konkret kehidupan. Bahkan makna lagu-lagu ketiganya selalu mengingatkan kita ihwal adanya maha Pencipta yaitu Allah SWT.

Dan yang perlu dicatat yaitu lagu-lagu di atas sangat up to date dan tidak kalah enaknya di indera pendengaran dibandingkan lagu-lagu barat terkenal lainnya. Semuanya easy listening. Ritmenya pun beragam, ada yang cepat, sedang, dan slow. Dan Pastinya simpel untuk dihafal. Terus, yang menjadi nilai plus-nya yaitu lagu-lagu tersebut sangat mendidik, inspiratif, dan jauh dari hal-hal negatif yang sanggup meracuni otak dan gaya hidup. Jadi, sangat rugi deh pokoknya tidak mengoleksi lagu-lagu di atas. Untuk mendengarkannya pun tidak susah. Semua lagu di atas sudah tersedia di YouTube, lengkap dengan video clipnya. Tidak ada keraguan untuk bersamanya di kala bersantai atau menikmati macet di kendaraan ketika berangkat atau pulang kerja. 

 Belajar bahasa Inggris yaitu kebutuhan di masa sekarang Lagu Barat Islami untuk Latihan Listening Bahasa Inggris


Teknik Mempertajam Kemampuan Listening melalui Lagu

Banyak yang pernah mempraktikkan berguru listening melalui lagu-lagu barat, tetapi tidak sedikit yang mencicipi kegagalan. Untuk itu, saya ingin membagi sedikit pengalaman dan tips ketika saya berguru menyimak memakai lagu. Setidaknya ada beberapa tahap penting yang dilarang terlewat. Jika melanggar, maka kesannya kurang memuaskan. Dan engkau niscaya akan menyesal. Jadi, perhatikan langkah-langkah diberikut ini!

1. Berpikir Positif

Mulailah dengan memperbaiki mindset engkau dengan selalu berpikir positif. Yakinlah bahwa proses tes listening yang engkau lakukan melalui media lagu-lagu barat Islami sanggup mengubah dirimu menjadi lebih baik. Yakinlah, bukan spesialuntuk kemampuan listeningmu yang akan meningkat, tetapi juga kepribadianmu. 

2. Dengarkan berulang-ulang (tanpa subtitle)

Sesudah menentukan lagu yang disukai, silahkan dengarkan lagu tersebut berulang-ulang sampai engkau benar-benar familiar dengan lagu tersebut. Meski belum mengerti sepenuhnya, setidaknya engkau tidak lagi abnormal dengan vocabulary (kosa kata) di lagu tersebut. Dan ingatlah untuk serius pada satu lagu saja. Kuasai sepenuhnya gres pindah ke lagu-lagu diberikutnya!

3. Dengarkan sambil membaca subtitle

Proses ini ialah penegasan terhadap apa yang sudah engkau dengarkan. Untuk memperkuat memori engkau terhadap vocabulary dan pronuciation dalam lirik lagu yang engkau pilih, dengarkan lagu tersebut dengan penuh serius sambil membaca subtitlenya dalam bahasa Inggris. Jangan lupa mencari tahu apa artinya dalam bahasa Indonesia memakai engkaus atau google terjemahan sekiranya ada potongan yang belum engkau pahami.

4. Nyanyikan dan ikuti ritme lagu tersebut

Ikut mengucapkan sampai menyanyikan lagu-lagu barat yang sudah engkau dengar dan pahami artinya sanggup mempertajam ingatan engkau ihwal vocabulary bahasa Inggris dalam lirik lagu tersebut. Oleh sebab itu lakukanlah hal ini sebagai acara di waktu luang. Lebih anggun lagi jikalau lagu tersebut sanggup engkau hafal. Kamu bakalan mengoleksi pesan konkret dalam otak engkau!

Nah, demikianlah informasi ihwal beberapa Lagu Barat Islami untuk Latihan Listening Bahasa Inggris versi INIRUMAHPINTAR. Semoga bermanfaa dan tidakboleh lupa share pendapat kalian perihal-perihal lagu tersebut. Jika ada rekomendasi lagu-lagu barat Islami homogen yang belum tercatat di atas, tolong ingatkan di kolom komentar ya! Peace be upon you, guys!