Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kelas Maya, Keuntungan, Kelemahan, Jenis

INIRUMAHPINTAR - Jelaskan Pengertian Kelas Maya? Apa saja laba dan kerugiannya? Sebutkan pola dan jenis-jenis kelas maya -  dalam hal ini platform gratis untuk menyelenggarakan kelas maya? Pertanyaan tersebut menjadi materi utama dalam goresan pena ini. Secara umum, kelas maya ialah lingkungan berguru online. Lingkungan sanggup berbasis web dan diakses melalui portal atau perangkat lunak berbasis dan memerlukan file sanksi yang sanggup didownload.

Sama menyerupai di kelas dunia nyata, seorang siswa di kelas maya berpartisipasi dalam arahan sinkron, yang berarti bahwa guru dan siswa masuk ke lingkungan berguru maya pada ketika bersamaan.

Banyak sekolah dan bisnis sudah meluncurkan ruang kelas maya untuk mempersembahkan pendidikan jarak jauh yang sinkron. Aplikasi perangkat lunak kelas maya sering memakai beberapa teknologi sinkron, menyerupai konferensi web, konferensi video, liveesting, dan VoIP berbasis web untuk memdiberi siswa jarak jauh kemampuan untuk berkolaborasi secara real time. Untuk meningkatkan proses pendidikan, aplikasi juga sanggup memdiberi siswa alat komunikasi asinkron, menyerupai papan pesan dan kemampuan obrolan

Berikut ialah beberapa komponen kunci dari kelas maya. Saya yakin bahwa ini bisa diperluas lebih jauh, tapi demi kesederhanaan, saya spesialuntuk memasukkan apa yang saya yakini sebagai yang paling menentukan.

Pengertian Kelas Maya

Kelas maya ialah kelas online yang memungkinkan penerima berkomunikasi satu sama lain, melihat presentasi atau video, diberinteraksi dengan penerima lain, dan terlibat dengan sumber daya dalam kelompok kerja.
Pengertian Kelas Maya, Keuntungan, Kerugian, Jenis-Jenisnya

Keuntungan dan Manfaat Kelas Maya

Keuntungan 1. Tidak terbatas

Kelas maya memungkinkan pelajar dan pelatih di seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam kelas hidup untuk berkolaborasi dan diberinteraksi. Program MOOC menyerupai Coursera ialah pola manis dari konsep ini dalam tindakan.

Keuntungan 2. Terjangkau

Biaya rendah untuk pengadaan ruang kelas maya dianggap sebagai laba utama. Peserta didik sanggup menghemat uang dengan tidak perlu khawatir dengan biaya perjalanan. Peserta juga menghemat waktu alasannya ialah tiruana yang diperlukan ialah koneksi internet.

Keuntungan 3. Pembelajaran yang Fleksibel

Kelas online juga memungkinkan kemampuan untuk merekam kelas menyerupai yang terjadi, termasuk presentasi audio dan visual. Hal ini berarti konten sanggup diakses bahkan sehabis dikirim, manfaat embel-embel bagi mereka yang menginginkan penyegaran cepat, atau mungkin tidak sepenuhnya mengerti pertama kali.

Keuntungan 4. Mudah dan Terbukti

Pembelajaran dalam kelas maya memungkinkan tiruana orang berperan dalam pembelajaran pada ketika bersamaan. Kuliah tradisional ialah pola dari jenis pembelajaran ini, dan sudah dipakai selama ratusan tahun. Pembelajaran online memungkinkan jenis pengalaman yang sama, namun dengan lebih banyak kegampangan dan alat.

Keuntungan 5. cepatdangampang diakses

Kelas maya sanggup dipakai untuk memberikan perkuliahan, atau bahkan tutorial secara online. Kelas maya juga ialah pilihan manis untuk pertemuan dadakan dan proyek kelompok dimana anggota perlu melaksanakan check-in dalam kemajuan dan saling memantapkan gagasan satu sama lain. melaluiataubersamaini lingkungan maya, inspirasi dan kolaborator tidak pernah merasa berjauhan.

Kelemahan/Sisi Negatif Kelas Maya

Meskipun tentu saja kelemahan kelas maya tidak banyak keuntungan/manfaatnya, ada beberapa aspek penerapan kelas maya yang mungkin dianggap oleh beberapa orang sebagai sisi negatifnya.

Berikut ialah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

Kelemahan 1. Beberapa orang mungkin menganggapnya impersonal

Akan selalu ada orang yang lebih menentukan berguru dalam kelas maya. Namun, beberapa tutor/guru/dosen dan penerima didik mungkin merasa tidak nyaman untuk memberikan atau terlibat dengan kursus/perkuliahan yang diajarkan dalam kelas maya.

Ada cara untuk mengatur hal ini. Sistem administrasi pembelajaran akan memdiberi peluang kepada penerima didik untuk terhubung dengan tutor dan rekan mereka dengan memakai prosedur dialog video, audio dan teks. Mendorong percakapan melalui lembaga ini sanggup memmenolong memperlihatkan bahwa maya tidak harus berarti kesepian.

Kelas maya juga sanggup dipakai bersamaan dengan waktu kelas untuk mendukung dan memperkuat peluang belajar.

Kelemahan 2. Beberapa tutor/guru/dosen dan penerima didik mungkin memerlukan petes tambahan

Sebagian besar ruang kelas maya dirancang untuk dipakai secara intuitif. Sebagian besar siswa dan staf cenderung sangat nyaman memakai teknologi semacam ini. Namun, beberapa staf dan siswa tidak akan percaya diri memakai alat digital dan mungkin memerlukan pemberian embel-embel untuk memulai. Mungkin perlu mempunyai anggota atau staf IT untuk mendukung terciptanya kelas ini.

Meskipun ada beberapa kelemahan menggabungkan kelas maya ke dalam lingkungan sekolah atau kampus, kami percaya bahwa hal itu sangat sebanding dengan banyak keuntungan.

Kelemahan 3. Tidak tercipta kekerabatan atau interaksi psikologis secara nyata

Pembelajaran maya memang mempunyai keuntungan, namun, interaksi psikologis yang juga diperlukan penerima didik tidak mungkin bisa dihadirkan tutor/guru/dosen dalam kelas maya. Hanya dalam kelas sesungguhnya, para tutor bisa menjalin interaksi nyata. Dan hal ini terkadang sanggup memicu motivasi dan semangat berguru para penerima didik.

Kelemahan 4. Masih kurang efektif dilangsungkan di negara-negara berkembang

Di negara berkembang menyerupai Indonesia, penyelenggaraan kelas maya masih sering mengalami hambatan. Kecepatan dan kuota internet menjadi tantangan besar. Belum lagi dilema tersedianya jaenteng listrik. Di sejumlah daerah masih sering terjadi pemadaman. Bahkan tidak sedikit sekolah yang belum terakses dengan listrik dan jaenteng internet. Untuk itu, kelas maya, kalau sedikit dipaksakan, spesialuntuk bisa diimplementasikan pada kelompok berguru dalam skala kecil, contohnya di laboratorium komputer dan di kampus-kampus elit yang sudah mempunyai kemudahan lengkap. 

7  Jenis/misal Platform Gratis untuk Menyelenggarakan Kelas Maya

Semakin banyak sekolah menengah dan universitas menerapkan kelas maya untuk menjangkau lebih banyak siswa/mahasiswa sepanjang waktu. Berikut ialah 7 platform gratis yang sanggup dipakai untuk menyukseskan kelas maya. 

1. Moodle

Daftar ini tidak bisa dimulai tanpa menyebut Moodle dulu. Moodle ialah platform gratis yang biasa disebut sebagai sistem administrasi kursus atau lingkungan berguru virtual. Untuk memakai Moodle Anda harus menginstalnya di server Anda sendiri atau meminta seseorang untuk meng-host Anda. Jika Anda tidak mempunyai server sendiri, pencarian Google yang cepat untuk "Moodle hosting" akan membawa Anda ke banyak perusahaan yang akan menjadi tuan rumah Moodle untuk Anda. 

2. Claroline

Claroline ialah agenda open source yang memdiberi kebebasan bagi pengguna untuk membuat kelas online mereka sendiri. Menggunakan Claroline, guru sanggup melaksanakan kegiatan penilaian, mengeposkan dan mengumpulkan tugas, membangun wiki, memantau acara siswa, dan membuat chat room atau lembaga diskusi. Claroline tersedia sebagai unduhan gratis untuk sistem Mac, Windows, dan Linux. Claroline bukan layanan host sehingga Anda perlu menginstal host Claroline. 

3. Udemy

Udemy ialah platform gratis untuk kursus pengajaran online (kelas maya). Siapa pun bisa mendaftar ke Udemy dan mulai membuat kursus/kelas/perkuliahan dalam hitungan menit. Udemy memberikan aneka macam alat untuk mengantarkan konten secara online. Pencipta kursus sanggup mempublikasikan tayangan slide, mempublikasikan video, dan membuat slideshow dan video yang disinkronkan bersama. Pencipta kursus juga sanggup mengadakan sesi online pribadi melalui platform kelas maya Udemy. 

4. RCampus

RCampus ialah platform berbasis web gratis untuk membuat dan menyelenggarakan kursus/kelas/perkuliahan secara online. Menggunakan RCampus, guru/dosen/tutor sanggup membuat kursus, mengumpulkan kiprah siswa, dan memelihara sebuah gradebook. RCampus menyediakan tiruana alat yang Anda harapkan untuk ditemukan dalam sistem administrasi kursus online. Melalui RCampus Anda sanggup memposting tugas, lembaga diskusi tuan rumah, memposting video, memposting gambar, mengirim link, mengumpulkan tugas, dan mengelola sebuah gradebook. 

5. Learnopia

Learnopia ialah layanan gratis yang memberikan hosting untuk kursus/kelas/perkuliahan online. Learnopia juga ialah daerah untuk mencari dan mengikuti kursus/kelas/perkuliahan online. Jika pencipta kursus membuat kursus mereka gratis bagi orang lain untuk diambil, maka hosting gratis. Namun ketika ini, ada kursus Learnopia yang gratis dan ada juga kemudahan lain-lain yang memerlukan pembayaran.

6. eDhii

eDhii ialah layanan yang memungkinkan Anda membuat atau mengikuti kursus/kelas/perkuliahan berdikari secara online. Pencipta kursus eDhii memberikan konten mereka secara gratis atau mengenakan biaya untuk konten kursus mereka. Pencipta kursus spesialuntuk membayar biaya kalau mereka menentukan untuk mengenakan biaya untuk konten kursus mereka. Konten kursus sanggup mencakup beberapa aspek teks, gambar, dan video. Orang-orang yang mencari pelajaran atau kursus sanggup mencari daftar kursus dan pelajaran eDhii menurut topik. Sayangnya, lLayanan ini offline pada Mei 2016.

7. Peer 2 Peer University (P2PU)

Peer 2 Peer University (P2PU) ialah komunitas online bagi orang-orang yang menyebarkan pengetahuan mereka melalui kelas/perkuliahan tingkat universitas. Para jago secara sukarela menyediakan waktu dan sumber daya mereka untuk membuat dan memfasilitasi kursus di bidang keahlian mereka. Kursus dan materi benar-benar gratis. Pembayaran spesialuntuk dimungkinkan kalau ada pembicaraan lanjutan yang lebih spesifik. 
***
Demikianlah pembahasan lengkap perihal Pengertian Kelas Maya, Keuntungan, Kerugian, Jenis-Jenis Platform Gratis untuk menyelenggarakan Kelas Maya. Semoga bermanfaa!