Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Catatan Selesai Tahun 2017, Untuk Saudara Blogger Se-Indonesia

INIRUMAHPINTAR - Lama tidak menulis, saya gundah mau menulis apa. Jadi, saya menulis apa saja yang terbersit di pikiran. Sembari berkolaborasi dengan jemari tangan yang sedari tadi sudah siap bermesraan dengan asdf dan jkl;. Karena ketika ini menjelang final tahun, saya putuskan saja menulis wacana catatan final tahun 2017.

Tentang apa ya? Bingung juga nih mau menulis apa.

Gini ajah, berbicara wacana masa depan tentu kita dihentikan begitu saja melupakan masa kemudian dan masa sekarang. Masa kemudian yakni potret kita berguru dan menimba ilmu pengalaman. Dan masa kini yakni panggung kita mengasah pengalaman dan kesungguhan. Tanpa itu tiruana, masa depan akan goyah, tak terang akan berlabuh ke mana.

Di tahun 2017, tentu kita tiruana sudah menjalani banyak kisah. Termasuk saya sendiri.
Catatan Akhir Tahun 2017, Untuk Saudara Blogger Se-Indonesia

Untuk itu, ijinkan saya menceritakan wacana saya dan blog ini saja. Masih terngiang di kepala, betapa tidak gampangnya memulai. Beranjak dari meluangkan waktu menulis kata demi kata hingga kemudian terkumpul belasan, puluhan, hingga ratusan artikel.

Lalu, saya sempat mencicipi berkali-kali ditolak om GA. Hingga kemudian hampir mengalah dan berputus asa. Yah, saya yakin tiruana blogger sejati mencicipi pahit getir menyerupai ini.

Besarnya kesungguhan sehabis berbulan-bulan barulah mengatakan hasil positif. Full approved.
Alhamdulillah. Namun, usaha belum selesai rupanya.

Sesudah lulus GA, tantangan selanjutnya yakni bagaimana mengumpulkan pundi-pundi dollar biar mencapai ambang pengiriman PIN. Menurutku, ini juga tidak praktis bagi seorang newbie.

Walaupun menyerupai merangkak, PIN pun berhasil juga mendarat di tangan sehabis menunggu kurang lebih sebulan lamanya.

Bahkan ketika verifikasi rekening Bank pun, saya kesusahan, benar-benar membutuhkan waktu dan proses yang masih agak rumit bagiku. Sungguh usaha yang sangat berharga untuk kuceritakan ke anak-cucuku kelak insya Allah.

Lalu, saatnya mengejar sasaran PO.

Ternyata, proses ini juga tidak gampang. Tepatnya butuh 2 bulan untuk dapat mencicipi penghasilan perdana dari GA. Alhamdulillah. Sepertinya gejala cerahnya masa depan sudah nampak di pelupuk mata.

Sayang, di bulan ke-3, saya belum juga berhasil PO langsung. Butuh 2 bulan lagi. Mungkin ini yakni ujian kesabaran tingkat lanjutan. Apapun namanya, tiruana perlu disyukuri, masih banyak kok kawan-kawan blogger yang masih bermasalah dengan PIN, masih ditolak GA, salah verifikasi payment, dll.

Jadinya, niat mengawali awal tahun dengan penghasilan ke-2 belum terwujud. Baiklah, insya Allah bulan Januari 2018, mimpi itu akan jadi kenyataan.

INI catatan final tahun 2017 yang saya persembahkan untuk diriku dan segenap saudara blogger se-Indonesia. Selamat berjuang dan bersabar. Teruslah berkarya dalam hal positif. Yang penting tidakboleh berhenti melangkah. Cepat atau lambat, pastilah hingga juga ke gerbang kesuksesan.