Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menentukan Jurusan Di Sbmptn 2018 Biar Lolos

INIRUMAHPINTAR - Memilih jurusan di SBMPTN 2018 tentu tidak jauh tidak sama dengan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Dalam hal ini, ada sejumlah hal yang patut dipertimbangkan oleh calon-calon mahasiswa (i). Salah menentukan dan menentukan jurusan akan berdampak pada masa depan. Dan tentu saja, tidak ada satupun calon maba (mahasiswa baru) yang ingin salah pilih. Untuk itu, kiprah orang bau tanah dan kerabat juga sangat besar untuk mempersembahkan pertimbangan dan proteksi kepada belum dewasa mereka semoga tidak salah pilih.

Meskipun kesuksesan setiap orang tidak selamanya bergantung pada jurusan yang ia pilih ketika kuliah. Setidaknya, menentukan jurusan yang sempurna ialah belahan dari ikhtiar.

Nah, diberikut ini adalah Tips Memilih Jurusan di SBMPTN 2018 yang wajib adik-adik calon maba ketahui.

Tips 1. Pilihlah jurusan yang sesuai passion

Memilih jurusan yang sesuai passion artinya menentukan jurusan yang disukai, benar-benar diminati, dimana hasrat berjuang di jurusan itu sangat kuat, apapun angin kencang yang akan dihadapi. Wuiihh...

Perlu diketahui bahwa, dunia perkuliahan sangatlah jauh tidak sama dengan dunia sekolah di tingkat Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Untuk itu, bila adik-adik calon maba tidak menentukan jurusan yang benar-benar disukai, kemungkinan adik-adik simpel frustasi atau tidak fokus mengikuti seluruh proses perkuliahan.

Dunia kampus penuh dengan tantangan, mulai dari kiprah yang menumpuk, dosen-dosen yang kadang tidak simpel dihadapi, hingga beban persaingan antar mahasiswa yang menantang, dan masih banyak yang lainnya. Untuk itu, bila jurusan yang dipilih spesialuntuklah setengah-tengah, kekuatan untuk menghadapi banyak sekali tantangan dalam perkuliahan bisa cepat ringkih seiring semakin bertambahnya usia semester.

Tips 2. Pertimbangkan Passing Grade

Dalam menentukan jurusan, usahakan untuk menentukan yang passing grade-nya sesuai dengan performa engkau. Jangan memaksakan diri untuk menentukan jurusan yang passing grade-nya tinggi. Bercerminlah pada kekuatan engkau. Petakanlah jurusan-jurusan yang ideal dan sesuai passion engkau, kemudian rangkinglah. Kemudian, jadikan jurusan yang mempunyai passion grade tertinggi sebagai pilihan pertama ketika mendaftar secara online.

Tips 3. Jangan Terbebani dengan Akreditasi

Banyak calon maba yang kehilangan peluang untuk kuliah, spesialuntuk sebab memaksakan diri untuk kuliah pada jurusan tertentu yang mempunyai legalisasi tertinggi, sebut saja A, sementara kemampuannya belum memadai. Untuk itu, tidakboleh terlalu membebani diri apalagi hingga memaksakan diri menentukan jurusan yang mesti legalisasi A. Pahamilah bahwa, apapun akreditasinya, kualitas dirimulah yang paling utama. Toh, setiap kampus juga tidak pernah berhenti meng-upgrade legalisasi institusi dan jurusan yang dimilikinya. Jadi, tidak usah khawatir. Fokuslah pada jurusan yang engkau sukai, sesuai passion, dan cocok dengan passing grade yang engkau targetkan.

Tips 4. Belajarlah Sungguh-Sungguh

Sesudah mendaftar dan menentukan jurusan, tidakboleh lupa untuk terus berguru mempersiapkan diri mengikuti tes SBMPTN. Kamu tidak harus ikut bimbingan berguru di daerah BIMBEL yang mahal. Belajar sendiri juga tidak apa-apa, asalkan buku dan materinya tersedia. Banyak kok yang lulus, spesialuntuk dengan mengandalkan proses berguru dapat bangkit diatas kaki sendiri ini. Toh bahan tes SBMPTN juga tidak jauh-jauh dari bahan sekolah ketika SMA. Hanya saja, butuh tes yang banyak semoga terbiasa mengerjakan soal-soal dengan tipe beragam.

Tips 5. Berdoa dan Minta Didoakan oleh Orang Tua

Berdoa ialah bentuk usaha terakhir ketika ikhtiar atau usaha sudah dilakukan secara terbaik. Jangan lupa terus berdoa, minta petunjuk kepada Allah SWT semoga keinginan engkau tercapai. Selanjutnya, tidakboleh lupa juga untuk minta didoakan khusus oleh orang bau tanah engkau, terutama ibu. Doa Ibu sangat makbul lho.

Demikianlah Tips Memilih Jurusan di SBMPTN 2018 Agar Lolos versi INIRUMAHPINTAR. Semoga adik-adik yang membaca ini dan mengucapkan aamiin dalam hati didiberikan jalan kegampangan untuk sukses sesuai jurusan yang dipilih.