Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Penggunaan Aplikasi Dhgtk Paud/Tk, Sd/Sdlb, Smp/Smplb, Sma, Smk

Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) >> Bapak dan ibu tenaga Pendidik dan Kependidikan dimanapun anda beada pada kesempatan ini kami mengangkat posting dengan materi judul posting Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK). 

Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) sebuah aplikasi yang mencatat data kehadiran guru dan tenaga kependidikan secara online di sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, aplikasi ini di keluarkan oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


Berikut simak wacana Penjelasan Aplikasi nya.

Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal sanggup dilakukan secara harian dan sanggup juga dilakukan mingguan atau bulanan.

Untuk sanggup mencatatkan kekadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang sanggup digunakan sebagai saluran kedalam sistem :
1. Login dengan userid kepala sekolah
2. Login dengan userid operator dapodik

Kedua userid tersebut terupdate datanya secara pribadi dari data dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.)

Perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah asing-masing. Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil syncron.
PANDUAN PENGGUNAAN :
LOGIN KEPALA SEKOLAH 

Alamat DHGTK

Laman DHGTK yang dipakai yaitu sebagai berikut :
- http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
- http://223.27.144.195:2017/index.php


Gambar Tampilan WEB DH-GTK

















Login Kepala Sekolah :
Setelah Mengunjungi alamat di atas maka akan menemukan tampilan menyerupai gambar di bawah ini. Lalu Kepala Sekolah segera melaksanakan login dengan cara mengklik “LOGIN SEKOLAH”
Gambar : Login Sekolah
Perhatikan gambar di atas. Tulisan “Login Sekolah” maka akan otomatis menuju ke laman LOGIN menyerupai dibawah ini :

Tampilan Setelah Login

Setelah berhasil login maka akan bertemu dengan visual menyerupai gambar di bawah ini. Pada visual ini mencakup beberapa fitur mencakup :
1. Beranda
2. Kehadiran
3. Keluar Aplikasi
4. Siklus Pekerjaan sebelum dan setelah terbit SKTP
Pada Menu Beranda tedapat sub sajian : 
1. Profil Sekolah 
2. Kunci dan Buat SPTJM 
3. Data Pengguna


Mengisi/membuat Kalender Sekolah 

Untuk sanggup menciptakan kalender sekolah, kita terlebih dahulu harus mengklik Menu KEHADIRAN : setelah diklik maka akan muncul tampilan menyerupai pada gambar di bawah ini .

Contoh Membuat Kalender Sekolah : 


Misalnya menciptakan tanggal 1 Januari 2018 itu Libur maka tahapannya yaitu sebagai berikut. 

1. Perhatikan Form Tambah Kelender di bawah ini :
2. Setelah terisi jenis libur, dan Mulai Tanggal-sampai Tanggal, maka tulis keterangan liburnya. Tahapan berikutnya Klik Simpan dan OK. Maka akan tampil menyerupai pada gambar berikut.
3. Jika mau menciptakan kalender sekolah lainnya maka tahapan pembuatannya sama dengan poin 1-2 di atas 

4. Pada pembuatan kalender ada perintah Tambah Baru, Hapus Semua, dan Tampilkan Template. Fungsi dari masing-masing tab tersebut adalah: Tambah gres è untuk menciptakan kalender yang baru. Hapus semua è untuk menghapus seluruh kalender sekolah yang telah dibuat. 

5. Tampilkan Template itu dibentuk oleh Operator Dinas Prov/Kab/Kota 

6. Kalender ini berfungsi untuk menandai hari kerja dan libur pada absen/ ketika mengisi kehadiran


Mengisi kehadiran

Klik Menu “Kehadiran”, maka akan Muncul gambar menyerupai dibawah ini :

Setelah melihat tampilan menyerupai gambar di atas maka yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut :

1. Langsung menuju ke informasi kehadiran 
2. Pilih semester yang berjalan 

3. Kemudian Pilih Bulan yang berjalan ketika ini 
4. Setelah menentukan Semester dan Bulan selanjutnya kita menuju ke tab menciptakan daftar hadir. 
Klik sajian "Buat daftar hadir" maka akan muncul notifikasi menyerupai ini 


Setelah muncul notifikasi menyerupai gambar di atas maka klik "OK" dan selanjutnya klik sajian simpan dan refresh, menyerupai pada gambar di bawah ini


Hasilnya akan nampak menyerupai gambar di bawah ini :
Kalau sudah terbentuk form Kehadiran maka tinggal mengisi sesuai kondisi faktual di lapangan dengan cara :

1) Jika dinyatakana hadir maka lakukan “Chelklist” pada form absen
2) Jika dinyatakan tidak hadir maka lakukan “Uncheklist” pada form absen
3) Dampak “uncheklist” warna yang tampil akan berbeda sesuai denganketarangan bolos GTK yang bersangkutan.
4) Berikut warna yang menandai bolos sesuai kondisi yang bersangkutan 
5. Jika ingin mengetahui rekap bolos setiap GTK dan datanya maka caranya yaitu dengan mengklik nama GTK pada Form Absen.

Input Surat Izin/Dinas Luar/Sakit

1. Mengisi Surat Izin


2. Tampilan Setelah di isi surat izin yaitu sebagai berikut





Mencetak SPTJM 

1) Mengunci Kehadiran sanggup dilakukan perbulan atau pertriwulan. 
2) Sub sajian Cetak SPTJM muncul ketika menentukan Menu “Kehadiran” menyerupai padagambar di bawah ini . kalau diklik (pilih) maka akan muncul Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)




3) Setelah muncul surat pernyataan maka kepala sekolah wajib menentukan pilihan untuk mengunci daftar hadir pada bulan yang telah dilaksanakan/dilalui. Perhatikan gambar di bawah ini.


4) Keterangan : Beri tanda centang (√) pada Kotak obrolan saya setuju dan pada kunci daftar hadir. Jika itu dilakukan maka secara otomatis bolos pada bulan tersebut sudah terkunci tidak sanggup di isi kembali (diperbaiki). Kecuali menghubungi admin DHGTK Pusat. 

5) Jika sudah mengunci Daftar Hadir maka jangan lupa Simpan dan kemudian refresh.

6) Setelah tersimpan maka silahkan Cetak SPTJM dengan cara mengklik CETAK PDF




LOGIN OPERATOR/PETUGAS ABSEN SEKOLAH 

Login Operator sekolah pada prinsipnya sama dengan login Kepala sekolah, hanya yang mebedakan pada login Operator/Petugas Absen sekolah mengenai hak Akses “Pembuatan dan Pencetakan SPTJM” 

Pembuatan dan pencetakn SPTJM sanggup tampil kalau login oleh Userid Kepala sekolah, sedangkan Login Operator/Petugas Absensi tidak ditampilkan, berikut langkah-langkah yang disajikan untuk operator/Petugas Absensi Sekolah 


Alamat DHGTK 

Laman DHGTK yang dipakai yaitu sebagai berikut : 


Untuk Login Operator /Petugas ABSEN Sekolah pada prinsipnya yaitu sama dengan Login Kepala Sekolah, untuk itu secara detail wacana aplikasi DHGTK silahkan di miliki filenya secara lengkap dengan mengunduh dengan klik link unduhan yang sudah kami sediakan di bawah ini :

Link Unduhan :

PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI DAFTAR HADIR GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA, SMK.  
=======================================================
( DOWNLOAD )  - Format file dalam bentuk - PDF.

(DOWNLOAD ) - Format file dalam bentuk - DOC.

Ini yang sanggup kami sampaikan supaya bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya di web duniainformasisemasa305.blogspot.com/, hingga ketemu kembali pada materi yang lainnya.