Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Lulus Seleksi Snmptn Tahun 2016/2017

Tips Lulus Snmptn Tahun 2016/2017 .Sampai kini pun, para siswa tidak tahu bagaimana sistem atau kriteria apa yang dinilai dalam SNMPTN itu sendiri. Banyak orang beranggapan lulus atau tidaknya itu tergantung pada keberuntungan. Jangan pernah berpikir SNMPTN diperuntukkan spesialuntuk untuk orang dengan peringkat tertinggi saja. Orang dengan peringkat terendah pun bisa lulus universitas negeri asal memakai trik-trik tertentu.

Tips Lulus SNMPTN

Berikut ini, akan saya diberikan beberapa tips bagi adik-adik kelas XII yang sedang resah menghadapi SNMPTN 2016. 

1. Pilihlah Jurusan Berdasarkan Minat, Bakat, dan Kemampuan adik-adik
Banyak orang yang gagal dalam SNMPTN alasannya ialah terlalu percaya diri. Percaya diri sangatlah boleh, tapi harus melihat kemampuan langsung kalian juga. Lihat minat, bakat, dan kemampuanmu. melaluiataubersamaini nilai-nilaimu yang sudah kamu sanggup sejauh ini, kira-kira dimana adik-adik akan diterima dengan nilai yang adik-adik capai.

Kenyataannya, ketika ini aneka macam mahasiswa yang sudah ada di universitas negeri yang malah hengkang. Hal ini yang mereka sebut sebagai “salah jurusan”. Kebanyakan dari mereka ialah orang yang terlalu memaksakan diri. Mereka sudah tahu bahwa jurusan itu tidak mereka minati, lebih lagi tidak sesuai dengan kemampuan mereka, tapi mereka masih ngotot untuk mengambil jurusan itu.

Alhasil, ketika menjalani perkuliahan, aneka macam hal-hal yang membuat mereka tertekan dan tidak nyaman sehingga mereka lebih menentukan untuk keluar dan pindah.

Maka dari itu, tidakbolehlah adik-adik termasuk ke dalam golongan orang yang memaksakan kehendak. Ukurlah dulu hingga dimana batas kemampuanmu. Sehingga nantinya adik-adik akan nyaman menjalani perkuliahan dan tidak akan hengkang.

2. Yang Akan Menjalani Perkuliahan Adalah adik-adik, Bukan Orangtua adik-adik
80 persen problem yang biasa muncul di bimbingan konseling menjelang SNMPTN ialah siswa yang galau alasannya ialah orangtua mereka. Tidak selamanya orangtua mempunyai keputusan yang sama dengan sang anak.

Ketika orangtua memaksa adik-adik untuk menentukan pilihan mereka, yang bukan pilihan adik-adik banget, tidakbolehlah takut. Adik-adik bisa menolaknya. Adik-adik punya hak atas masa depan. Coba jelaskan pada orang tuamu secara halus. Adik-adik buat mereka percaya bahwa adik-adik sudah cukup cukup umur untuk menentukan apa yang menjadi minat, bakat, dan kemampuanmu. Ingatlah bahwa yang akan menjalani perkuliahan nanti ialah dirimu sendiri, bukan ayah atau ibumu.

3. Sesuaikan Pilihanmu melaluiataubersamaini Ekonomi Keluarga
Sebelum menentukan universitas negeri, carilah dulu perincian dana atau biaya kuliah yang akan adik-adik keluarkan selama menempuh pendidikan. Lalu, adik-adik sesuaikan biaya kuliahmu dengan pendapatan ayah dan ibumu. Jangan hingga ketika sudah semester empat atau lima, adik-adik harus hengkang alasannya ialah orang tuamu tak sanggup lagi membiayai perkuliahanmu.

4. Alumni Sekolah Menengan Atas Memperngaruhi Citra Sekolah Menengan Atas adik-adik
Alumni juga memegang tugas besar disini. Kakak tingkat dari Sekolah Menengan Atas adik-adik yang juga ada di jurusan yang adik-adik tuju. Semakin besar IPK atau semakin banyak prestasi mereka, maka akan semakin besar juga peluang diterimanya adik-adik. Sebaliknya, kalau gambaran mereka di kampus jelek, maka sekolahmu akan dipandang buruk juga oleh panita SNMPTN. Peluang adik-adik akan semakin kecil kalau lampau abang kelas adik-adik diterima di Perguruan Tinggi Negeri tersebut melalui jalur SNMPTN namun tidak di ambil.

5. Hati-hati dengan Lintas Jurusan
Buat adik-adik yang berasal dari jurusan IPS sementara ingin kuliah di jurusan IPA atau sebaliknya, dibutuhkan lebih berhati-hati. Lihat dulu kebijakan dari universitas negeri yang ingin adik-adik tuju. Pastikan mereka memperbolehkan lintas jurusan. Karena tidak tiruana universitas memperbolehkan lintas jurusan. Biasanya juga untuk lintas jurusan peluang lulusnya akan semakin berkurang, apalagi lintas jurusan dari IPA ke IPS.

6. Apakah Sekolahmu Masuk Daftar Blacklist?
Blacklist ialah dihapusnya sebuah sekolah dari daftar calon mahasiswa gres di universitas tertentu dalam jangka waktu tertentu. Jadi, kalau sekolahmu terkena blacklist oleh suatu universitas akan berdampak kepadamu juga. adik-adik tidak akan diterima di universitas tersebut. Pastikan kalau universitas negeri yang adik-adik pilih, dulunya tidak ada abang tingkatmu yang meninggalkan universitas itu sebelum melaksanakan verifikasi.

adik-adik juga harus menentukan jurusan dengan sepenuh hati dan tidakboleh setengah hati. Jika adik-adik sudah ditetapkan lulus SNMPTN dan tidak mengambilnya, maka akan berdampak besar dengan adik-adik kelasmu nanti. Sekolahmu akan masuk daftar blacklist dan adik-adik kelasmu tidak akan diterima di universitas itu lagi dalam jangka waktu tertentu alasannya ialah Perguruan Tinggi Negeri itu merasa dilecehkan.

7. Teknik Mengurutkan Pilihan Jurusan
Urutkanlah pilihanmu menurut prioritas keinginanmu. Pilihan pertama, berarti itu jurusan yang paling adik-adik inginkan. Dan begitu pula seterusnya. Karena menurut survei tahun 2012, 92 persen seruan diterima di pilihan pertama. Kaprikornus berhati-hatilah dalam mengurutkan pilihan jurusan.

8. Konsekuensi Nilai
Perhatikan nilaimu dari semester pertama hingga semester akhir. Apakah nilaimu konsekuen atau tidak. Konsekuen di sini maksudnya ialah nilaimu dari semester pertama hingga semester selesai mengalami kenaikan atau minimal tetap, bukan mengalami penurunan. Misalnya pelajaran matematika, semester satu 70, semester dua 73, semester tiga 74, semester empat 76, dan semester lima 80. Perhatikan nilai matematika tadi, nilainya terus mengalami kenaikan dari semester ke semester. Itu menawarkan bahwa nilai matemati adik-adik sudah konsekuen.

9. Prestasi Akademik dan Non Akademik
Jangan lupa lampirkan prestasi tertinggimu selama di sekolah. Baik prestasi akademik maupun non akademik. Diusahakan, prestasi yang dikirimkan mempunyai hubungan dengan jurusan yang adik-adik pilih. Misalnya, kalau adik-adik ingin mengambil jurusan kedokteran, lampirkanlah piagam penghargaan sudah memenangkan lomba PMR. Agar piagam itu sendiri menjadi materi pertimbangan diterimanya adik-adik di jurusan itu.

10. Akreditasi Sekolah
Terpandangnya sekolahmu alasannya ialah ratifikasi atau prestasinya di mata kabupaten, kota, provinsi, nasional, dan internasional akan menjadi pertimbangan bagi mereka untuk mendapatkan adik-adik menjadi mahasiswa baru. Bahkan ratifikasi juga mensugesti jumlah siswa yang diterima dari sekolah adik-adik. sepertiyang kita ketahui bahwa sekolah yang
  • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
  • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
  • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
  • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
Itulah beberapa tips yang bisa memmenolong adik-adik dalam mengadapi SNMPTN 2016/2017. Semoga bisa bermanfaa bagi adik-adik yang sedang resah menghadapi SNMPTN. Intinya, tidakboleh pernah takut, alasannya ialah SNMPTN masih bisa disiasati.