Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Pbt Dan Cbt Sbmptn ?

[www.e-sbmptn.com] Apa itu PBT dan CBT SBMPTN?. Pengetian CBT dan PBT SBMPTN. Hal yang gres dilaksanakan pada ujian sbmptn 2016/2017 yaitu diadakannya ujian sbmptn yang berbasis CBT. Pada tahun 2017 ini ujian sbmptn juga masih menyertakan jenis ujian Computer Based Testing (CBT) sebagai salah satu jenis ujian tertulis sbmptn, disamping sistem Paper Based Testing (PBT) yang memang sudah dipakai pada ujian-ujian sbmptn sebelumnya. Nah, mungkin sebagian dari adik-adik yang sekolahnya sudah pernah melaksanakan Ujian Nasional (UN) sistem CBT, tidak resah lagi dengan istilah CBT ini. namun bagi adik-adik yang masih resah apa itu PBT dan CBT SBMPTN? silahkan baca dan pahami klarifikasi singkat di bawah ini terkena ujian tertulis CBT dan PBT. 

Ujian CBT Sbmptn
Computer Based Testing (CBT) yaitu ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan memakai komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu memakai satu perangakat tes untuk beberapa akseptor dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada metode penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawabanan soalnya. Sistem skoring atau koreksi eksklusif dilakukan oleh komputer. Biasanya akseptor bisa mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama hingga dengan terakhir. Singkat kata sistem CBT ini ujiannya memakai komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian Sbmptn dan tidak memakai kertas lagi.

Paper Based Testing (PBT) yaitu ujian SBMPTN yang diselenggarakan secara tertulis dan memakai kertas. Semua soal disajikan di dalam kertas dan menjawaban soal juga meggunakan kertas (LJK) ibarat pada ujian-ujian sbmptn sebelumnya (2015, 2014, 2013). Kaprikornus perbedaan mendasarnya spesialuntuk pada alat ujian yang dipakai saja, kalau CBT memakai Komputer sedangkan PBT memakai Kertas.

Untuk kegiatan dan jenis ujian PBT & CBT SBMPTN 2017/2018 bisa adik-adik lihat melalui klarifikasi di bawah ini:

Jadwal Ujian CBT dan PBT SBMPTN 2017 

Ujian Tertulis (PBT dan CBT) SBMPTN 2017
Ujian SBMPTN PBT dan CBT dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 16 Mei 2017 

Ujian Keterampilan SBMPTN 2017
Ujian Keterampilan SBMPTN dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017 

Jenis Ujian SBMPTN 2017 

Jenis SBMPTN terdiri dari Ujian Tertulis (PBT atau CBT) dan Ujian Keterampilan. 

Ujian Tertulis (CBT atau PBT) SBMPTN
bahan ujian tertulis terdiri atas: 
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA). 
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. 
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. 
Ujian Keterampilan SBMPTN 
  • Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi akseptor yang menentukan kegiatan studi bidang seni dan keolahragaan terdiri dari : 
  • Ujian Keterampilan seni rupa dengan mata uji tes menggambar, tes pengetahuan dan wawasan seni rupa. 
  • Ujian Keterampilan seni tari dengan mata uji tes tari bentuk, tes kreatifitas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (dalam bentuk wawancara). 
  • Ujian Keterampilan seni musik dengan mata uji tes musikalitas, tes praktik instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (dalam bentuk wawancara). 
  • Ujian Keterampilan seni drama/teater dengan mata uji tes praktik monolog, tes pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama/teater (dalam bentuk wawancara) 
  • Ujian Keterampilan olahraga dengan mata uji tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.
  • Peserta sanggup mengikuti Ujian Keterampilan di Perguruan Tinggi Negeri terdekat yang mempunyai kegiatan studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap sanggup dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.
Demikianlah klarifikasi terkena Sistem ujian Sbmptn yang memakai CBT dan PBT, biar bermanfaa. Bagi adik-adik yang ingin mempunyai Ebook Lolos SBMPTN dan Prediksi soal sbmptn 2017/2018 dan pembahasan juga software simulasi sbmptn untuk melatih ujian sistem CBT bisa klik disini !!!.