Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Jurusan Kuliah Yang Mempunyai Lapangan Pekerjaan Luas

Pada ketika akan masuk ke universitas tentunya Adik-adik biasanya dihantui pertanyaan, apakah jurusan yang Akan di pilih sanggup megampangkan dalam mendapat pekerjaan? Atau Adik-adik akan menghadapi banyak tentangan sebab jurusan yang di pilih cuma punya sedikit peluang kerja?. Daripada galau dan khawatir, silakan cek tujuh jurusan kuliah dengan lapangan kerja paling luas diberikut ini. Beberapa diantaranya ialah hasil survei yang dilakukan Higher Education Statistics Agency (HESA) di Inggris yang dikutip oleh Telegraph.

1. Jurusan Pendidikan
Salah satu jurusan yang punya peluang tinggi dalam mendapat pekerjaan ialah jurusan pendidikan. Minimnya tenaga pengajar di negara kita menjadi faktor penting kenapa jurusan ini membuka lapangan kerja yang tidak mengecewakan luas, terutama bila Anda mempunyai talenta terpendam sebagai pendidik. Menjadi guru memang salah satu pekerjaan yang terhormat di Indonesia. Selain itu kondisi kesejahteraan guru diprediksikan semakin meningkat dengan banyak sekali tuntidakboleh dan kegampangan lainnya.

2. Jurusan Pertanian

Indonesia yang ialah negara agraris seharusnya menjadi lumbung pangan dunia. Namun akungnya yang tertarik untuk berserius di bidang ini tidak banyak sebab dianggap kurang elite dibanding jurusan kuliah lainnya. Padahal, jurusan ini membuka lapangan kerja yang cukup luas. Lulusan jurusan pertanian sanggup pribadi diterima menjadi penyuluh pertanian, peneliti pertanian, pendidik pertanian, andal tanaman, andal budidaya, dan lain-lain.

3. Jurusan Teknik Informatika

Di abad teknologi internet menyerupai kini ini, jurusan metode informatika menjadi idola banyak orang sebab dianggap lulusannya paling praktis mencari pekerjaan. Meskipun persaingan untuk sanggup menembus fakultas informatika juga tidak gampang, namun lulusannya akan mendapat pekerjaan yang bergengsi dan berpenghasilan tinggi. Lulusan jurusan informatika kini banyak dicari bukan spesialuntuk untuk perusahaan start-up, tetapi juga untuk perusahaan terkemuka, dan tubuh belakang layar negara!

4. Jurusan Hukum
Masalah aturan yang tak akan pernah ada habisnya membuat jurusan ini banyak diminati. Selain terkesan keren dan berkelas, lulusan jurusan hukum juga mempunyai banyak peluang bekerja di banyak sekali bidang. Kelebihan lainnya? Gajinya juga tidak mengecewakan tinggi. Lulusan jurusan aturan sanggup berkarir menjadi pengacara, polisi, notaris, militer, bahkan juga pegawai negeri sipil (PNS).

5. Jurusan Akuntansi
Bidang akutansi atau pada zaman lampau disebut tata buku, ialah jurusan yang mempelajari segala hal yang bekerjasama dengan pencatatan keuangan. Menariknya, jasa lulusan jurusan akutansi ini banyak diharapkan oleh tiruana bidang perjuangan sebab tiruana perusahaan niscaya membutuhkan jasa pencatatan keuangan. Karena pentingnya, lulusan jurusan ini tidak akan lama-lama menganggur.

6. Jurusan Kedokteran
Benar. Jurusan ini juga membuka peluang kerja yang sangat luas untuk lulusannya. Memang sih untuk menjadi dokter tidaklah praktis sebab Anda harus bersekolah usang dengan biaya yang cukup besar, namun it’s worth it. Saat lulus, Anda akan kebingungan dengan proposal kerja yang bejibun.

7. Jurusan Bahasa
Anda salah bila menyepelekan jurusan yang satu ini sebab lapangan kerja untuk lulusannya cukup luas membentang. Hal ini lebih lagi bila Anda berserius pada jenis bahasa yang lagi booming di dunia perbisnisan, menyerupai bahasa Korea, Jepang dan Cina, atau bahasa yang jarang diketahui orang menyerupai bahasa Rusia, Arab, dan lain-lain.
Banyak perusahaan multinasional atau forum internasional yang mencari orang-orang andal bahasa untuk bekerja dengan mereka. Bahkan terkadang penghasilannya lebih besar dari bidang lainnya.

Nah, itulah 7 Jurusan Kuliah yang mempunyai Lapangan Pekerjaan Luas, yang perlu adik-adik ketahui sebagai pertimbangan dalam menentukan jurusan yang sempurna sebelum menghadai SNMPTN ataupun dalam menghadapi banyak sekali ujian masuk PTN, seperti: SBMPTN, UM-PTKIN, UMB-PT. Semoga isu ini bermanfaa.