Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyusun Pidato Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar

E-SBMPTN - Pidato yaitu pengungkapan kerangka pikiran, gagasan, dan inspirasi dalam bentuk kata-kata yang disampaikan kepada orang banyak. Sebelum melaksanakan acara berpidato kita harus menyusun dulu pidato. Berikut ini ialah langkah-langkah dalam menyusun pidato.

 Pidato yaitu pengungkapan kerangka pikiran Teknik Menyusun Pidato Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
  1. Menentukan topik dan tujuan berpidato.Topik pembicaraan yaitu dilema yang diangkat dalam sebuah pidato. Topik pembicaraan hendaknya menarikdanunik perhatian pembicara dan pendengar.

  2. Menganalisis pendengar dan situasi.Menganalisis kepada siapa dan dalam situasi apa pidato tersebut akan disampaikan. Hal tersebut dilakaukan biar tujuan berpidato akan tercapai

  3. Memilih dan menyempitkan topik.Topik yang dipilih sebaiknya dikaji ulang. Jika topik tersebut terlalu luas maka persempitkan kembali sehingga pembahasannya lebih terserius.

  4. Mengumpulkan bahan.Kumpulkan materi yang diharapkan sebelum menyusun naskah pidato. Bahan-bahan tersebut sanggup diperoleh dari buku, surat kabar, majalah, internet, dan hasil wawancara.

  5. Membuat kerangka uraian.Agar megampangkan menyusun pidato, Anda harus menyusun kerangkanya terlebih lampau. Kerangka pidato harus disusun secara terperinci.

  6. Menguraikan secara mendetail.Uraikanlah naskah pidato sesuai dengan kerangka yang sudah disusun. Gunakanlah kata-kata yang tepat dan efektif dalam menguraikan naskah pidato, tujuan biar uraian yang dibentuk itu jelas.

  7. Menyunting naskah yang dibuat.Penyuntingan dilaksanakan biar naskah pidato yang dibentuk tersebut sempurna. Pentuntingan dilakukan sehabis kita final menulis teks pidato.
Demikianlah klarifikasi langkah-langkah dalam penyusunan suatu pidato dengan baik dan benar. Semoga sanggup memmenolong dan bermanfaa.