Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah-Langkan Menciptakan Resensi Buku

 Kita sanggup membaca resensi buku pada majalah dan surat kabar LANGKAH-LANGKAN MEMBUAT RESENSI BUKU
Pengertian resensi buku. Kita sanggup membaca resensi buku pada majalah dan surat kabar. Resensi buku yaitu goresan pena yang menggambarkan suatu tinjauan atau ulasan buku. Resensi buku memseriuskan ulasan pada satu objek, yaitu berupa hasil karya yang sudah jadi dari seorang penulis buku. Tujuan pembuatan resensi yaitu untuk mempersembahkan isu atau panduan bagi masyarakat yang ingin membeli atau menikmati suatu buku.

Buku yang kan diresensi harus dipertimbangkan dari segi kemenarikdanunikkannya, kepentingannya, atau ketenarannya. Berikut ini yaitu cara-cara meresensi buku.
  1. Pilihlah buku yang layak untuk dinikmati oleh pembaca. Jika suatu buku tidak terkatakan lagi buruknya, maka sebaiknya buku tersebut tidak dijadikan materi resensi.
  2. Membaca dan memahami isi buku yang akan menjadi materi resensi. Teknik tepat untuk mengetahui isi buku secara umum yaitu dengan melaksanakan pemindaian halaman awal buku.
  3. Memiliki wawasan yang luas wacana tema buku yang akan menjadi materi resensi. Tidak perlu pendidikan khusus untuk menambah wawasan. Wawasan sanggup bertambah dengan banyak membaca buku, koran, dan bacaan yang bekerjasama dengan tema buku yang akan diresensi.
Untuk mengawali pembuatan resensi buku harus dibentuk dulu kerangka tulisan. Kerangka resensi mencakup bagian-bagian diberikut ini:
  1. Informasi awal berupa identitas buku yang terdiri atas judul lengkap, penulis, daerah terbit, penerbit, tahun terbit, edisi atau cetakan, jumlah halaman, dan harga buku.
  2. Pembukaan. Dalam pembukaan, penulis resensi harus menyatakan balasan utama dan memilih nada ulasannya. Berusahalah untuk memikat perhatian pembaca dengan kalimat pembuka yang menarikdanunik.
  3. Pengembangan. Penulis resensi sanggup membuatkan tanggapannya dengan argumentasi yang mendukung sehingga pembaca tertarik untuk membeli atau membaca buku yang diresensi. Kita sanggup menuliskan kelebihan dan belum sempurnanya buku tersebut.
  4. Kesimpulan. Kesimpulan resensi diperoleh dengan simpel sehabis kita melaksanakan pembahasan. Kesimpulan sanggup berupa pernyataan terakhir atau sekedar mengulang balasan atau pernyataan kita.
Berikut ini ialah manfaat membuat resensi.
  1. Dapat menstimulus minat membaca
  2. Dapat menambah wawasan dan pengetahuan dari buku yang kita baca
  3. Dapat mempertajam perilaku kritis
  4. Belajar sekaligus melatih keterampilan menulis
  5. Jika dikirim ke media masa dan beruntung resensinya dibentuk maka peresensi akan mendapat imbalan