Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paragraf: Pola Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi. Paragraf adalah susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh, mengandung sebuah makna, dan didalamnya terdapat gagasan utama. Berdasarkan tujuannya paragraf dibagi menjadi 5 jenis paragraf, yaitu:

1. Paragraf Narasi
2. Paragraf Argumentasi
3. Paragraf Deskriptif
4. Paragraf Persuasif
5. Paragraf Eksposisi

 susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh PARAGRAF: misal Paragraf Eksposisi
Nah, pada peluang ini admin akan mengulas terkena paragraf eksposisi. Apa itu paragraf eksposisi ??. Paragraf eksposisi  yakni karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi. Tujuannya, pembaca menerima pengetahuan atau gosip yang sejelas – jelasnya. Nah, paragraf eksposisi juga mempunyai ciri-ciri yang sanggup kita kenali. Di bawah ini akan disajikan aneka macam ciri paragraf eksposisi.
 
  • Memdiberikan gosip tentang sesuatu yang tidak sanggup dicapai dengan alat indera.
  • Gaya penulisan bersifat informatif.
  • Berisi definisi atau metode dalam melaksanakan suatu hal.
  • Pada umumnya paragraf eksposisi menjawaban pertanyaan apa, siapa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana.
Jenis Paragraf Eksposisi
  1. paragraf eksposisi definisi
  2. paragraf eksposisi proses
  3. paragraf eksposisi klasifikasi
  4. paragraf eksposisi ilustrasi (contoh)
  5. paragraf eksposisi perbandingan & perperihalan, dan
  6. paragraf eksposisi laporan 
misal-misal Paragraf Eksposisi

misal Paragraf Eksposisi Definisi
Ozone therapy yakni pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen ,urni dan ozon berenergi tinggi ke dalam badan melalui darah. Ozone therapy ialah terapi yang sangat bermanfaa bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.

misal Paragraf Eksposisi Proses
Jeruk nipis ternyata bermanfaa untuk mengobati batuk. Buah ini mengandung minyak asiri dan zat-zat yang bermanfaa untuk mengendalikan otot-otot pernapasan untuk meredakan batuk. Teknik menggunakannya yaitu dengan meminum air perasan jeruk nipis yang sanggup dicampur dengan gula, madu, atau kecap untuk mengurangi rasa asam.

Bawang putih tak spesialuntuk bermanfaa sebagai bumbu masakan saja, tetapi juga bermanfaa untuk mengobati batuk. Teknik menggunakannya yaitu dengan menumbuk bawang putih hingga halus kemudian memasukkannya ke dalam gelas. Sesudah itu, menambahkan gula secukupnya kemudian seduh dengan air gerah. Minum selagi hangat sekali sehari.
 
misal Paragraf Eksposisi Klasifikasi
Berdasarkan sifatnya, sampah sanggup digolongkan menjadi dua macam. Sampah organik yakni sampah yang praktis membusuk ibarat daun, sayuran, sisa makanan, dan lain-lain. Sampah anorganik yakni sampah yang tidak praktis membusuk. Yang termasuk jenis sampah ini diantaranya kaleng, kertas, botol, dan plastik pembungkus makanan.
 
misal Paragraf Eksposisi Perperihalan
Pasca gempa dengan kekuatan 5,9 skala richter, sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah luluh lantak. Keadaan ini mengundang perhatian aneka macam pihak. derma pun berhadiran dari dalam dan luar negeri. derma berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dimaksudkan semoga pendistribusian menolongan tersebut lebih cepat. Tenaga medis dari daerah-daerah lain pun berhadiran. Mereka mempersembahkan menolongan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat.
 
misal Paragraf Eksposisi Ilustrasi
Menurut undang-undang ketenagakerjaan tiruana perusahaan diwajibkan menjamin keselamatan dan kesehatan setiap setiap tenaga kerjanya. Jam kerja para karyawan ditentukan. Biasanya 8 jam sehari. Tiga jam setelah bekerja, mereka didiberikan peluang untuk istirahat selama lebih kurang 15 menit. Waktu istirahat dipakai untuk minum dan menikmati kuliner kecil. Selelah itu mereka bekerja kembali. Selain itu, para pekerja diwajibkan mengenakan masker, khususnya di tempat kerja yang berasap, berdebu, dan berbau.
 
misal Paragraf Eksposisi Laporan
Sebenarnya, bukan spesialuntuk ITS yang memperlihatkan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan Rumah ITS untuk Aceh (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga memperlihatkan “Risha” alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, praktis dibongkar-pasang, bahkan motonya “Pagi Pesan, Sore Huni”. Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. akan tetapi, usianya sanggup mencapai 50 tahun alasannya komponen struktur menggunakan beton bertulang, diperkuat pelat baja di bab sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga sudah diuji di laboratorium hingga zonasi enam.

Itulah beberapa pola tentang paragraf eksposisi dan bahan ringkas terkena paragraf eksposisi. Semoga sanggup mempersembahkan nilai tambah terhadap pengetahuan adik-adik tentang bahan paragraf.