Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Cbt Dan Pbt Dalam Ujian Sbmptn

Pengetian CBT dan PBT SBMPTN. Ada yang gres pada pelaksanaan ujian Sbmptn tahun ini, selain ujian keterampilan bagi beberapa prodi sbmptn menyerupai Seni dan Olahraga, terdapat juga ujian Sbmptn yang memakai komputer pribadi atau dikenal Computer Based Test (CBT) dan jenis ujian menyerupai biasanya atau dengan kata lain Paper Based Test (PBT). Nah, mungkin sebagian dari adik-adik yang sekolahnya sudah pernah melaksanakan Ujian Nasional (UN) sistem CBT ini sudah tidak bingun lagi, namun bagi adik-adik yang masih galau silahkan baca dan pahami klarifikasi singkat di bawah ini terkena CBT dan PBT. 

Ujian CBT Sbmptn
Computer Based Test (CBT) ialah ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan memakai komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu memakai satu perangakat tes untuk beberapa akseptor dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada metode penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawabanan soalnya. Sistem skoring atau koreksi pribadi dilakukan oleh komputer. Biasanya akseptor sanggup mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama hingga dengan terakhir. Singkat kata sistem CBT ini ujiannya memakai komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian Sbmptn dan tidak memakai kertas lagi.

Paper Based Test (PBT) ialah ujian SBMPTN yang diselenggarakan secara tertulis dan memakai kertas. Semua soal disajikan di dalam kertas dan menjawaban soal juga meggunakan kertas (LJK) menyerupai pada ujian-ujian sbmptn pertama kali diadakan (2013). Makara perbedaan mendasarnya spesialuntuk pada alat yang digunakan saja, kalau CBT memakai Komputer sedangkan PBT memakai Kerta.

Sistem ujian mana yang digunakan pada ketika ujian SBMPTN 2017/2018?
Kedua sistem ujian baik PBT maupun CBT tetap di pakai pada ketika pelaksanaan ujian tahun ini. Adik-adik bebas menentukan untuk menentukan sistem ujian. Untuk ujian sbmptn sistem CBT biasanya dipengaruhi oleh panlok ujian, jadi jikalau kuota sudah terpenuhi maka sistem akan dialihkan ke PBT. Soal dan usang waktu pengerjaan soal SBMPTN CBT dan PBT tetap sama.

Demikianlah klarifikasi terkena Sistem ujian Sbmptn yang memakai CBT dan PBT, biar bermanfaa. Bagi adik-adik yang ingin lolos Perguruan Tinggi Negeri Favorit tahun ini, kami sudah menyediakan Ebook lolos SBMPTN + Prediksi soal sbmptn 2017/2018 dan pembahasan juga software simulasi sbmptn untuk melatih ujian sistem CBT. Soal ini dirancang khusus untuk memmenolong adik-adik berpeluang semakin besar lolos sbmptn. Untuk mendapat soal dan software soal SBMPTN silahkan klik disini !!!.