Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Prinsip Ekonomi, Jenis Dan Misalnya Dalam Kehidupan

Pengertian Prinsip Ekonomi, Jenis dan misalnya. Prinsip ekonomi ialah sebuah perjuangan untuk mendapat hasil (keuntungan) tertentu dengan pengorbanan (modal) yang sekecil mungkin. Prinsip ekonomi sanggup juga diartikan pengorabanan (modal) sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil (keuntungan) tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil sebesar mungkin.

 Prinsip ekonomi ialah sebuah perjuangan untuk mendapat hasil  Pengertian Prinsip Ekonomi, Jenis dan contohnya Dalam Kehidupan

Jenis-Jenis Prinsip Ekonomi

1. Prinsip Produsen
Prinsip Produsen ialah prinsip ekonomi yang menentukan materi baku, alat produksi maupun biaya produksi dari materi baku sampai menjadi materi jadi,  yang mana  prinsip ini  ditekankan kepada materi baku serendah mungkin dan sanggup menghasilkan produk atau barang yang berkarakter baik.

2. Prinsip Penjual atau Pedagang
Prinsip Penjual atau Pedagang ialah prinsip ekonomi yang melaksanakan banyak sekali macam perjuangan untuk sanggup memenuhi keinginan dari kosumen, dengan banyak sekali macam promosi atau dengan diberiklan, mempersembahkan reward hadiah, dan lain sebagainya untuk menperoleh laba sebanyak mungkin dari aktivitas tersebut.

3. Prinsip Pembeli
Prinsip Pembeli ialah prinsip ekonomi bagaimana cara semoga mendapat suatu barang (produk) maupun jasa yang berkarakter dan mempunyai kualitas yang baik dengan harga serendah mungkin atau dengan mengeluarkan jumlah biaya yang sedikit.

misal Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan
Dalam kehidupan sangat sering kita menjumpai contoh-contoh penerapan prinsip ekonomi. Sebagai pola sederhana adalah:

(a). Sebagai Konsumen:
Ketika kita ingin belanja sebuah jam tangan di suatu Mall, biasanya kita akan membandingkan harga dan tingkat diskon antara toko pertama dan kedua. Biasanya kita akan menentukan jam dengan harga yang lebih murah dan mempunyai diskon dengan kualitas jam sama bagusnya di antara kedua toko tersebut.

(b). Sebagai Penjual:
Ketika pedagang menjual suatu produk katakanlah sepatu, biasanya pedagang akan menjual sepatu tersebut dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada harga beli (modal) awal sepatu tersebut ke produsen (pabrikan). melaluiataubersamaini impian modal kecil mendapat laba yang besar.