Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Utbc & Utbk Sbmptn

Pengertian UTBC dan UTBK SBMPTN. Ada yang gres pada pelaksanaan ujian Sbmptn tahun ini, selain ujian keterampilan bagi beberapa prodi sbmptn menyerupai Seni dan Olahraga, terdapat juga ujian Sbmptn yang memakai komputer eksklusif yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan jenis ujian menyerupai biasanya atau dengan kata lain Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC). Nah, mungkin sebagian dari adik-adik yang sekolahnya sudah pernah melaksanakan Ujian Nasional (UN) sistem komputer (UTBK) atau sebelumnya dikenal juga dengan nama ujian CBT ini, sudah tidak resah lagi, namun bagi adik-adik yang masih resah silahkan baca dan pahami klarifikasi singkat di bawah ini terkena ujian UTBC dan UTBK Sbmptn. 

 Ada yang gres pada pelaksanaan ujian Sbmptn tahun ini Pengertian UTBC & UTBK SBMPTN
Ujian UTBK Sbmptn
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ialah ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan memakai komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu memakai satu perangakat tes untuk beberapa penerima dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada metode penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawabanan soalnya. Sistem skoring atau koreksi eksklusif dilakukan oleh komputer. Biasanya penerima sanggup mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama hingga dengan terakhir. Singkat kata sistem UTBK ini ujiannya memakai komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian Sbmptn dan tidak memakai kertas lagi.

Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ialah ujian SBMPTN yang diselenggarakan secara tertulis dan memakai kertas. Semua soal disajikan di dalam kertas dan menjawaban soal juga meggunakan kertas (LJK) menyerupai pada ujian-ujian sbmptn pertama kali diadakan tahun 2013 menggantikan ujian SNMPTN yang dihapuskan. Makara perbedaan mendasarnya spesialuntuk pada alat yang digunakan saja, kalau UTBK memakai Komputer sedangkan UTBC memakai Kertas.

Sistem ujian mana yang digunakan pada ketika ujian SBMPTN 2018/2019?
Kedua sistem ujian baik UTBK maupun UTBC tetap di pakai pada ketika pelaksanaan ujian tahun ini. Adik-adik boleh menentukan untuk menentukan sistem ujian yang mana saja, selama kuota masih tersedia. Untuk ujian sbmptn sistem UTBK biasanya dipengaruhi oleh panlok ujian, dan kuotanya sangat terbatas.

Penting!!!: Pendaftaran Ujian SBMPTN Sistem UTBK gres sanggup dimulai pada tanggal 18 April (Sesudah pengumuman SNMPTN 2018). Makara kalau adik ingin melaksanakan registrasi ketika ini maka spesialuntuk sanggup melaksanakan registrasi SBMPTN dengan sistem ujian UTBC.
Demikianlah klarifikasi terkena Sistem ujian Sbmptn yang memakai UTBK dan UTBC, supaya bermanfaa. Bagi adik-adik yang ingin lolos Perguruan Tinggi Negeri Favorit tahun ini, kami sudah menyediakan Materi Ebook lolos SBMPTN + Prediksi soal sbmptn 2018/2019 dan pembahasan juga software simulasi sbmptn untuk melatih ujian sistem UTBK. Soal ini dirancang khusus untuk memmenolong adik-adik berpeluang semakin besar lolos sbmptn. Untuk mendapat soal dan software soal SBMPTN silahkan klik Materi Plus Prediksi Soal SBMPTN 2018.