Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertanyaan Dan Tanggapan Seputar Bidikmisi 2017/2018

[WWW.E-SBMPTN.COM] PERTANYAAN DAN JAWABAN SEPUTAR BIDIKMISI 2017/2018. Bidikmisi yakni menolongan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang mempunyai keterbatasan biaya pendidikan. Banyak hal yang masih membingungkan adik-adik untuk mendaftar bidikmisi. Untuk memmenolong adik-adik yang ingin mendaftar atau mengikuti registrasi bidikmisi 2017/2018 diberikut sudah admin E-SBMPTN sajikan pertanyaan-pertanyaan dan jawabanan seputar pelaksanaan Bidikmisi tahun ini. Semoga dengan adanya gosip ini sanggup lebih megampangkan adik-adik dalam mendaftar bidikmisi.

PERTANYAAN DAN JAWABAN SEPUTAR BIDIKMISI  PERTANYAAN DAN JAWABAN SEPUTAR BIDIKMISI 2017/2018

Apakah Bidikmisi Itu ? Kenapa bukan disebut Beasiswa ?
Bidikmisi yakni menolongan biaya pendidikan, tidak sama dari beasiswa yang berserius pada mempersembahkan penghargaan atau donasi dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berserius kepada yang mempunyai keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat klarifikasi Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 wacana Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa peserta bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menuntaskan pendidikan tinggi.

Apakah Daftar Bidikmisi Gratis ?
Bidikmisi mempersembahkan kemudahan pembiayaan sebagai diberikut Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya Bidikmisi membebaskan biaya registrasi SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lokal(mandiri) pada salah 1 PT Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari tempat asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa) Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi Subsidi biaya hidup sesedikitnya Rp650.000 / bulan yang diadaptasi dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah Jika ada pihak pihak yang mengambil biaya pada calon pendaftar, pendaftar, atau peserta Bidikmisi diluar ketentuan tersebut bisa melapor ke bidikmisi@dikti.go.id

Kapan Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2017
Mengenai jadwal aktivitas bidikmisi tahun 2017 sanggup dilihat pada laman diberikut ini :


Perlu kami sampaikan bahwa jadwal ini sanggup berubah sewaktu-waktu dan kalau terdapat perubahan akan di umumkan melalui laman ini.

Apa saja syarat registrasi Bidikmisi 2017 ?

Persyaratan untuk mendaftar tahun 2017adalah sebagai diberikut:

  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017;
  2. Lulusan tahun 2016 yang bukan peserta Bidikmisi dan tidak berperihalan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa gres di masing-masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada ketika mendaftar yakni 21 tahun;
  4. Tidak bisa secara ekonomi dengan kriteria:
    a. Siswa peserta Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    b. Pendapatan kotor adonan orang Tua/Wali (suami istri) terbaik sebesar Rp3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor adonan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga terbaik Rp750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensi akademik baik menurut rekomendasi adil dan akurat dari Kepala Sekolah;
  7. Pendaftar difasilitasi untuk menentukan salah satu diantara Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan ketentuan:
    PTN dengan pilihan seleksi masuk:
    Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
    Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
    Seleksi berdikari PTN.
    Polimetode, UT, dan Institut Seni dan Budaya
    PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.
Apakah Wajib Direkomendasikan Sekolah Untuk Pendaftaran Bidikmisi?
Rekomendasi sekolah wajib didiberikan pada pendaftar bidikmisi untuk menjamin pendaftar
  • Tidak bisa secara ekonomi
  • Berpotensi akademik baik
  • Dalam perkara luar biasa, ibarat sekolah sudah tidak menyelenggarakan pendidikan, sekolah ada pada tempat peristiwa dan hal lainnya yang dianggap mendesak dan luar biasa pendaftar bisa menghubungi panitia melalui bidikmisi@dikti.go.id untuk didiberikan solusi.
Sekolah yang menolak merekomendasikan lantaran alasan apapun untuk calon pendaftar (baik yang akan lulus / alumni) yang memenuhi persyaratan sanggup dilaporkan ke panitia ke bidikmisi@dikti.go.id untuk dikoordinasikan.

Apakah Pendaftar Bidikmisi wajib mempunyai KIP / KPS / BSM ?
Pendaftar Bidikmisi diperlukan mempunyai KIP / KPS / BSM , namun kalau tidak maka bisa menyertakan surat keterangan tidak bisa atau surat lainnya yang menerangkan ketidakmampuan untuk megampangkan verifikasi nantinya.

Saya tidak mempunyai prestasi , nilai rapor per semester naik turun , apakah diperkenankan mendaftar Bidikmisi ?
Persyaratan registrasi Bidikmisi tahun ini sama dengan Bidikmisi tahun kemudian yang tidak menjabarkan prestasi, jadi asalkan Anda memenuhi syarat registrasi seleksi masuk, Anda bisa mendaftar Bidikmisi.
Silahkan meminta pihak sekolah merekomendasikan Anda di laman registrasi Bidikmisi sesuai jadwal.

Kapan dana Bidikmisi cair ?
Mulai bulan maret 2014 sistem pencairan sudah disempurnakan yaitu melalui proses online yaitu di http://sipbesar.dikti.go.id. Silahkan isikan gosip pribadi anda disana untuk mengetahui perkembangan pencairan. Jika data tidak ditemukan berarti memang belum diproses oleh perguruan tinggi.

Apakah ada biaya kehadiran untuk peserta Bidikmisi ?
Bidikmisi mempersembahkan biaya kehadiran pertama (satu kali perjalanan dari tempat asal ke PT terkait) bagi peserta Bidikmisi kuota APBN.
Penyerahannya didiberikan pribadi oleh PT.

Catatan:
  • Untuk transportasi darat, PT menetapkan biaya kehadiran memakai zoning (per kota dianggap sama bemasukannya)
  • Untuk yang diluar propinsi asal dan peserta awal harus didiberikan biaya hidup sementara.
  • Untuk kuota APBN-P tidak menerima biaya kehadiran.

Apakah Penerima Bidikmisi bisa pindah Prodi / Daftar Bidikmisi lagi ?
Penerima Bidikmisi tidak diperkenankan mendaftar Bidikmisi kembali di tahun selanjutnya baik di PT yang sama / lain. Dalam hal pindah prodi, hal ini tunduk terhadap ketentuan masing masing PT, silahkan berkonsultasi dengan belahan kemahasiswaan / akadmik PT terkait.

Apakah Mahasiswa Aktif Boleh Mendaftar Bidikmisi ?
Bidikmisi dikhususkan untuk calon mahasiswa/lulusan Sekolah Menengan Atas sederajat tahun berjalan atau setahun sebelunya. Untuk mahasiswa di PTN/PTS dibawah Kemdikbud (Kemristekdikti) sudah disediakan beasiswa/menolongan biaya pendidikan PPA (Peningkatan Potensi Akademik ) melalui belahan kemahasiswaan masing masing.

Apakah bisa mengubah pilihan jalur seleksi di laman registrasi Bidikmisi ?
Jika sudah menentukan salah satu jalur seleksi, tentu tidak bisa dibatalkan. Silahkan login kembali untuk menambah pilihan jalur seleksi sesuai mekanisme dan jadwal registrasi .

Apakah bisa perbarui data nama & tanggal lahir dan kondisi ekonomi ?
Untuk perubahan nama, silahkan perbarui terlebih lampau nama di sistem PDSPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan). Kemudian pada hidangan BIODATA silahkan pilih tombol PERBARUI NAMA.
  • Untuk perubahan tanggal lahir sanggup dilakukan pada hidangan BIODATA secara pribadi tanpa melalui proses verifikasi administrator.
  • Untuk penghapusan finalisasi, bisa mengajukan seruan di hidangan dan login sekolah, setiap seruan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
  • Untuk pengubahan kondisi ekonomi, bisa mengajukan seruan di hidangan ekonomi di login siswa, setiap seruan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
  • Untuk perubahan nilai akademis, bisa dilakukan di hidangan rekomendasi siswa di login sekolah.

Orang renta saya PNS, Apakah saya memenuhi syarat ikut bidikmisi?
Bidikmisi ialah menolongan biaya pendidikan yang ditujukan untuk calon mahasiswa yang tidak bisa secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Kita perlu garis bawahi kondisi tidak bisa tersebut. Kondisi berpotensi akademik baik artinya dianggap berpotensi menuntaskan studi di peguruan tinggi oleh panitia penerimaan mahasiswa gres sedangkan yang dimaksud kondisi ekonomi tidak bisa yakni sebagai diberikut
  • Pemegang KIP atau KPS atau BSM atau;
  • Pendapatan total kotor adonan kedua orang renta (yang masih membiayai) yakni sebesar besarnya 3 juta rupiah dan;
  • Pendidikan orang renta setinggi tingginya S1/D4

Selama orang renta berprofesi menjadi PNS namun masih memenuhi persyaratan tersebut maka bisa jadi tidak mampu. Yang dimaksud pendapatan kotor yakni yang sebelum dipotong potongan cicilan atau kewajiban lainnya. Namun demikian kalau nanti misalkan ada laporan yang sebut bahwa anda mampu, misal : bergaya hidup glamor atau orang renta ditenggarai sering umroh (walaupun murah) maka panitia akan melaksanakan verifikasi ulang atas kelayakan. Jika nanti ternyata anda bisa maka akan didiberikan hukuman berdasar anutan bidikmisi

Nilai IPK turun, apakah status saya sebagai peserta Bidikmisi akan dicabut (penghentian menolongan) ?
Memang ada monitoring IPK dan IPS Anda per semester melalui pelaporan IPK yang dikirimkan pihak PT ke dikti.Untuk detailnya bisa ditanyakan ke belahan kemahasiswaan PT. Pada prinsipnya kalau masih bisa dibina dan lulus tepat waktu, lebih baik dipertahankan.Dari kebijakan kami, hal yang bisa menyebabkan penghentian pemdiberian menolongan bidikmisi diantaranya adalah.
  • Tidak memenuhi syarat akademik yang diputuskan, hal ini sering terjadi di polimetode
  • Ternyata tidak memenuhi syarat ekonomi. Misal ada laporan bahwa ada salah satu peserta keluarga yang bisa berangkat umroh tiap tahun namun putra putrinya peserta bidikmisi yang mengaku kurang mampu
  • Menjadi mahasiswa tidak aktif, hal ini biasanya disebabkan oleh cuti atau pergi ke luar negeri.

Saya peserta Bidikmisi, apakah boleh mendaftar beasiswa selain Bidikmisi?
Asalkan sumber dananya tidak sama dengan Bidikmisi (APBN) tidak masalah, kecuali kalau ada ketentuan lain di kontrak beasiswa selain Bidikmisi.

Kenapa Harus Mendaftar Bidikmisi Secara Online
Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara daring atau online ialah salah satu perjuangan dari pemerintah untuk memasyaratkan internet. Walaupun demikian, untuk satuan pendidikan yang tidak mempunyai terusan terhadap internet, akan didiberikan sistem terusan secara semi offline

Dari data APJII sebagai salah asosiasi penyedia jasa internet menawarkan bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 80 juta orang, walaupun sudah banyak yang masyarakat yang sanggup mengakses internet, masih banyak juga yang belum terpapar sama sekali.

Sistem semi offline tersebut harus diunduh melalui laman yang sudah disediakan. Untuk melaksanakan sinkronisasi data dan mendapatkan data KAP dan PIN secara online, sistem memerlukan koneksi internet yang tersambung spesialuntuk pada ketika sinkronisasi data saja

Dalam hal tertentu, kebiasaan memakai terusan internet secara e-commerce juga naik secara siginifikan, menurut data nielsen Indonesia, ketika ini 55% dari pengguna Internet di Indonesia suka melaksanakan pemesanan secara online. 45% juga melaksanakan pemesanan paket tour secara online, termasuk paket umroh yang bertujuan terang untuk menurunkan biaya umroh. Hanya 25 persen saja yang berencana untuk memakai internet untuk mengakses layanan pemerintah online ibarat bidikmisi ini.

melaluiataubersamaini adanya kombinasi online dan offline, diperlukan masyarakat bisa mengakses pelayanan dari kementerian pendidikan tinggi dengan lebih terbaik.

Apakah peserta Bidikmisi boleh berkeluarga?
Pada prinsipnya hal berkeluarga tidak diatur oleh kami, namun pada ketika berkeluarga kewajiban pembiayaan Anda tentu sudah beralih ke suami Anda. Yang mana kami melihat bisa jadi status Anda sudah tidak termasuk "tidak mampu" lantaran ada donasi pembiayaan dari suami.Dalam hal ternyata ada pemberhentian, tidak ada hukuman khusus yang diatur dalam buku pedoman, kecuali memang kalau ada kontrak berguru dengan PT.

Perlu juga kami sampaikan bahwa penghentian menolongan spesialuntuk diperkenankan untuk mahasiswa yang ternyata terbukti tidak layak. Misal dalam satu perkara ada salah satu peserta yang keluarganya dilaporkan berangkat umroh beberapa kali dalam tahun tahun terakhir ini. Dalam perkara itu akan dikirimkan tim verifikasi untuk memastikan kelayakan peserta yang bersangkutan. Intinya kalau anda layak tidakboleh khawatir akan dihentikan.

Bagaimana penghentian menolongan lantaran cuti ?
Cuti lantaran sakit atau alasan lain yang ditentukan oleh perguruan tinggi :
  • Dihentikan menolongannya dan digantikan dengan mahasiswa lain yang satu angkatan dan memenuhi persyaratan peserta Bidikmisi.
  • Khusus mahasiswa yang cuti lantaran sakit, perguruan tinggi harus mencarikan beasiswa/menolongan lain sebagai pengganti apabila mahasiswa tersebut sudah aktif kembali.

Kapankah pengumuman bidikmisi?
Bidikmisi yakni menolongan biaya pendidikan yang didiberikan pada Mahasiswa sehingga pengumumannya yakni selepas anda mendaftar ulang sebagai mahasiswa di PT terkait (jika lulus seleksi masuk).

Sesudah mendaftar ulang anda akan diverifikasi kelayakan mendapatkan sebagai peserta Bidikmisi. Di dalam proses daftar ulang, tiruana pendaftar Bidikmisi yang sudah mendaftar sesuai mekanisme dibebaskan dari biaya daftar ulang dan biaya pendidikan lainnya.

Untuk pendaftar dari luar kota Perguruan Tinggi, akan didiberikan pengganti biaya transport yang bemasukan serta teknisnya diatur PT terkait.