Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertanyaan Seputar Bidikmisi 2015/2016

Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sering muncul di benak adik-adik sekalian terkena bidik misi ?? sudah kami rangkum di bawah ini. Diharapkan dengan adanya pertanyaan dan jawabanan pertanyaan seputar Bidikmisi ini sanggup menjawaban kebingungan adik-adik selama ini. Berikut jawabanan dan pertanyaan seputar Bidik Misi 2015/2016.

 
Apa saja syarat registrasi bidikmisi 2015/2016?

Jawaban
Syarat registrasi bidikmisi 2015 sedang kami susun dan akan kami kabarkan segera . Untuk sementara silahkan merujuk pada pedoman bidikmisi 2014 yang bisa diunduh pada alamat http://bidikmisi.dikti.go.id/petunjuk/pedoman

Apakah ada biaya kehadiran untuk akseptor Bidikmisi ?




JAWABAN
Bidikmisi mempersembahkan biaya kehadiran pertama (satu kali perjalanan dari tempat asal ke PT terkait) bagi akseptor Bidikmisi kuota APBN. Penyerahannya didiberikan eksklusif oleh PT.
Catatan: Untuk transportasi darat, PT menetapkan biaya kehadiran memakai zoning (per kota dianggap sama bemasukannya)  Untuk yang diluar propinsi asal dan akseptor awal harus didiberikan biaya hidup sementara. Untuk kuota APBN-P tidak menerima biaya kehadiran.

Apakah Bidikmisi Gratis ?




JAWABAN
Bidikmisi mempersembahkan kemudahan pembiayaan sebagai diberikut Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya Bidikmisi membebaskan biaya registrasi SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lokal(mandiri) pada salah 1 PT Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari kawasan asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa) Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi Subsidi biaya hidup sesedikitnya Rp600.000 / bulan yang diubahsuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah Jika ada pihak pihak yang mengambil biaya pada calon pendaftar, pendaftar, atau akseptor Bidikmisi diluar ketentuan tersebut bisa melapor ke bidikmisi@dikti.go.id

Apakah Bidikmisi Itu ? Kenapa bukan disebut Beasiswa ?




JAWABAN
Bidikmisi ialah menolongan biaya pendidikan, tidak sama dari beasiswa yang berserius pada mempersembahkan penghargaan terhadap yang berprestasi, bidikmisi ialah menolongan biaya pendidikan yang mana mempersembahkan kemudahan pada yang tidak bisa untuk sanggup memutus mata rantai kemiskinan.
Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa akseptor bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai kemauan untuk menuntaskan pendidikan tinggi.

Apakah bisa mengubah pilihan jalur seleksi di laman registrasi Bidikmisi ?




JAWABAN
Jika sudah menentukan salah satu jalur seleksi, tentu tidak bisa dibatalkan.
Silahkan log-in kembali untuk menambah pilihan jalur seleksi sesuai mekanisme dan agenda registrasi .

Apakah bisa perbarui data ?




JAWABAN
Untuk perubahan nama dan tanggal lahir, bisa melaksanakan usul perubahan nama dan tanggal lahir di hidangan biodata siswa, setiap pengajuan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
Untuk penghapusan finalisasi, bisa mengajukan usul di hidangan dan login sekolah, setiap usul akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
Untuk pengubahan kondisi ekonomi, bisa mengajukan usul di hidangan ekonomi di login siswa, setiap usul akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
Untuk perubahan nilai akademis, bisa dilakukan di hidangan rekomendasi siswa di login sekolah.

Apakah Mahasiswa Aktif Boleh Mendaftar ?




JAWABAN
Bidikmisi dikhususkan untuk calon mahasiswa. Untuk mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri dibawah kemdikbud sudah disediakan beasiswa PPA (Peningkatan Potensi Akademik ) dan BBM (pertolongan Biaya Mahasiswa) yang bisa didaftar di bab kemahasiswaan masing masing.
Dalam kondisi khusus dimana ada akseptor bidikmisi ada yang mengundurkan diri, mahasiswa aktif pada angkatan yang sama bisa mengajukan diri / direkrut sebagai akseptor bidikmisi.
Perlu diingat bahwa walaupun sudah menjadi mahasiswa, persyaratan menjadi akseptor bidikmisi secara substantif tetap harus dipenuhi, yaitu harus tidak bisa secara ekonomi. Selain itu rekan rekan mahasiswa tetap harus memonitor tentang kelayakan penerima, misalkan ada yang ber gaya hidup mewah, mempunyai gadget dan biaya tidak murah bisa dilaporkan ke sentra ke alamat bidikmisi@dikti.go.id

Apakah Pendaftar Bidikmisi wajib mempunyai KIP / KPS / BSM ?




JAWABAN
Pendaftar Bidikmisi dibutuhkan mempunyai KIP / KPS / BSM , namun bila tidak maka bisa menyertakan surat keterangan tidak bisa atau surat lainnya yang menandakan ketidakmampuan untuk megampangkan verifikasi nantinya.

Apakah Penerima Bidikmisi bisa pindah Prodi / Daftar Bidikmisi lagi ?




JAWABAN
Penerima Bidikmisi tidak diperkenankan mendaftar Bidikmisi kembali di tahun selanjutnya baik di PT yang sama / lain.
Dalam hal pindah prodi, hal ini tunduk terhadap ketentuan masing masing PT, silahkan berkonsultasi dengan bab kemahasiswaan / akadmik PT terkait.

Apakah Sekolah belum terakreditasi diperkenankan mendaftar Bidikmisi ?




JAWABAN
Bagi sekolah yang belum terakreditasi ataupun yang akreditasinya masih dalam proses, pihak sekolah tetap bisa melaksanakan registrasi sekolah di laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/ dengan mengisikan nilai ratifikasi dengan nol (0).

Apakah Wajib Direkomendasikan Sekolah?




JAWABAN
Rekomendasi sekolah wajib didiberikan pada pendaftar bidikmisi untuk menjamin pendaftar 
  • Tidak bisa secara ekonomi
  • Berpotensi akademik baik
Dalam perkara luar biasa, menyerupai sekolah sudah tidak menyelenggarakan pendidikan, sekolah ada pada kawasan peristiwa dan hal lainnya yang dianggap mendesak dan luar biasa pendaftar bisa menghubungi panitia melalui bidikmisi@dikti.go.id untuk didiberikan solusi.
Sekolah yang menolak merekomendasikan alasannya ialah alasan apapun untuk calon pendaftar (baik yang akan lulus / alumni) yang memenuhi persyaratan sanggup dilaporkan ke panitia ke bidikmisi@dikti.go.id untuk dikoordinasikan.

Bagaimana penghentian menolongan alasannya ialah cuti ?




JAWABAN
Cuti alasannya ialah sakit atau alasan lain yang ditentukan oleh perguruan tinggi :
a. Dihentikan menolongannya dan digantikan dengan mahasiswa lain yang satu angkatan dan memenuhi persyaratan akseptor Bidikmisi.
b. Khusus mahasiswa yang cuti alasannya ialah sakit, perguruan tinggi harus mencarikan beasiswa/menolongan lain sebagai pengganti apabila mahasiswa tersebut sudah aktif kembali.

Bagaimana Tahapan Penyaluran derma Biaya Hidup Bidikmisi ?


JAWABAN
1. PT mengirimkan SK/Surat dari pimpinan PT terkait daftar akseptor bidikmisi untuk 1 semester / 1 tahun kedepan disertai data pendukung teknis (pelaporan IPK dan atau sofkopi elektronik data akseptor dan rekening) (cepat atau lambatnya tergantung mekanisme internal PT)
2. Direktorat Belmawa melaksanakan proses SPP, SPM ( kira kira 1-2 Minggu bila data pada tahap 1 lengkap) 
3. KPPN menerbitkan SP2D (Maksimal 1 hari kerja) dan transfer ke rekening penampungan Satker Direktorat belmawa (Ijin kmenterian keuangan)
4. Direktorat Belmawa memerintahkan Bank Mandiri melaksanakan proses transfer (1-2 hari kerja)
5. Bank Mandiri melaksanakan transfer ke rekening akseptor (mekanisme internal bank mandiri)
Dari proses 3-5 terbaik 30 hari kalender atau dana harus dikembalikan ke kas negara dari rekening penampungan.

Berapakah Bemasukan Biaya Bidikmisi ?




JAWABAN
Bemasukan Biaya Bidikmisi ialah sebesar 6 Juta Rupiah / Semester yang terdiri atas 2 Komponen :
1. Komponen Biaya HIdup yang didiberikan eksklusif sekecil kecilnya 600 ribu / bulan 
2. Komponen Biaya Pendidikan yang dikelola PT (tidak harus didiberikan kepada mahasiswa penerima) sebesar besarnya 400 ribu / bulan 

Penerima Bidikmisi tidak dibebankan biaya pendidikan apapun yang dibayarkan untuk PT. untuk biaya pendidikan lainnya yang tidak wajib menyerupai field trip dan kunjungan industri teknisnya diatur oleh PT terkait tanpa membebani akseptor Bidikmisi.
Kalaupun biaya SPP yang dibebankan pada mahasiswa reguler lebih kecil dari 2,4 juta / Semester. PT diperkenankan memakai sisa dana untuk training khusus akseptor dan subsidi biaya pendidikan lain menyerupai biaya daftar ulang dan biaya gedung yang dibebankan selama masa studi. Mahasiswa Penerima berhak mendapatkan detail alokasi anggaran sebesar 2,4 juta / semester

Berapakah Kuota Bidikmisi 2015/2016 ?




JAWABAN
Bidikmisi 2015 direncanakan untuk 60.000 akseptor yang tersebar di ; - Seluruh PTN
- Seluruh Perguruan Tinggi Swasta berakreditasi A di pulau Jawa, B di luar pulau Jawa dan C di kawasan tertinggal

Dimana saya mendapatkan PIN ? Saya sudah mendapatkan KAP




JAWABAN
Pada ketika anda mendaftar Bidikmisi sudah didiberikan pasangan KAP dan PIN. 
Jika anda terlupa untuk mencatat PIN anda, bisa login kembali ke hidangan siswa di bab pilihan seleksi dan catat kembali PIN anda