Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ujian Utbc & Utbk Sbmptn

[www.e-sbmptn.com] Ujian UTBC & UTBK SBMPTN 2018. Informasi awal pelaksanaan SBMPTN 2018 sudah tersedia. Jika pada tahun sebelumnya (2017) sistem ujian tulis dibagi menjadi ujian PBT dan CBT maka pada tahun ini namanya menjadi UTBC dan UTBK. Pada prinsipnya sama saja, spesialuntuk perbedaan nama saja. atau terjemahan dari PBT dan CBT. PBT yakni kependekan dari Paper Based Tests (Ujian Berbasis Kertas/Cetak) sedangkan UTBC yakni kependekan dari Ujian Tulis Berbasis Cetak. CBT ialah kependekan dari Computer Based Test (Ujian berbasis komputer) sedangkan UTBK yakni kependekan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Makara pada dasarnya sama saja, Makara adik-adik tidak perlu terkecoh dengan istilah ini, adik-adik cukup pelajari Materi dan soal-soal sbmptn lebih sering, alasannya yakni apapun basis (model) peraga ujiannya materinya tetap sama.


Berikut yakni klarifikasi resmi terkena UTBC & UTBK SBMPTN dari laman Sbmptn...

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yakni ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan memakai komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu memakai satu perangakat tes untuk beberapa akseptor dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada metode penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawabanan soalnya. Sistem skoring atau koreksi eksklusif dilakukan oleh komputer. Biasanya akseptor dapat mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama hingga dengan terakhir. Singkat kata sistem UTBK ini ujiannya memakai komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian Sbmptn dan tidak memakai kertas lagi.

Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) yakni ujian SBMPTN yang diselenggarakan secara tertulis dan memakai kertas. Semua soal disajikan di dalam kertas dan menjawaban soal juga meggunakan kertas (LJK) menyerupai pada ujian-ujian sbmptn pertama kali diadakan tahun 2013 menggantikan ujian SNMPTN yang dihapuskan. Makara perbedaan mendasarnya spesialuntuk pada alat yang digunakan saja, kalau UTBK memakai Komputer sedangkan UTBC memakai Kertas.

Sistem ujian mana yang digunakan pada ketika ujian SBMPTN 2018/2019?
Kedua sistem ujian baik UTBK maupun UTBC tetap di pakai pada ketika pelaksanaan ujian tahun ini. Adik-adik boleh menentukan untuk menentukan sistem ujian selama kuota masih tersedia. Untuk ujian sbmptn sistem UTBK biasanya dipengaruhi oleh panlok ujian, dan kuotanya sangat terbatas.

Penting!!!: Pendaftaran Ujian SBMPTN Sistem UTBK gres dapat dimulai pada tanggal 18 April (Sesudah pengumuman SNMPTN 2018). Makara kalau adik ingin melaksanakan registrasi ketika ini maka spesialuntuk dapat melaksanakan registrasi SBMPTN dengan sistem ujian UTBC.

SBMPTN 2018 yakni seleksi yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi menurut hasil UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), atau kombinasi hasil Ujian Tulis (UTBC/UTBK) dan Ujian Keterampilan calon mahasiswa.
Demikianlah klarifikasi singkat terkena sistem ujian sbmptn utbc dan utbk, bagi adik-adik yang ingin segera menembus ptn / kampus negeri impiannya persiapkan diri sebaik mungkin. Miliki segera paket Materi dan Prediksi Soal SBMPTN 2018 dan Pembahasan yang sudah kami sediakan.