Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Pola Karangan Eksposisi Wacana Kesehatan Tubuh

2 misal Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan Tubuh - Simak dua pola artikel bahasa Indonesia yang mengulas terkena kesehatan diberikut ini.

misal Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan - 1


Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

Alpukat sering disebut dengan buah yang tak berteman bersahabat bagi para pengidap kolestrol tinggi. Namun siapa sangka, buah yang berasal dari Benua Amerika ini mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting untuk badan sehingga sanggup mempersembahkan sejuta manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini ialah manfaat yang bisa kita ambil dari buah alpukat:

Manfaat yang pertama ialah buah alpukat bisa menjaga kesehatan jantung, hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung senyawa asam oleat tak jenuh, vitamin E, kalium, folat,  pitosterol. Kandungan-kandungan tersebut sangat berperan besar untuk menjaga kesehatan organ jantung.

Manfaat yang kedua ialah buah alpukat sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini terjadi alasannya ialah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega 9, sumber antioksidan, vitamin E, vitamin C serta kolagen. Kandungan-kandungan tersebut mempersembahkan nutrisi kepada kulit sehingga kulit tampak lebih sehat dan segar dari waktu ke waktu.

Buah alpukat juga sangat baik untuk diet. Lemak yang ada di dalam buah alpukat bisa menjadi cadangan energi yang bisa bertahan lama. Perut akan berada dalam keadaan kenyang yang sangat usang sehingga bisa menekan nafsu makan.

Yang tak kalah penting ialah buah ini mempunyai manfaat yang luar biasa untuk mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan bauh alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan kalium yang bisa meningkatkan hormon insulin untuk menyeimbangkan kadar glukosa di dalam darah.

Terlebih lagi, buah alpukat dipercaya sebagai buah pencegah stroke yang cukup efektif. Hal ini dikarenakan, buah alpukat mengandung vitamin E yang berfungsi untuk menurunkan oksidasi kolesterol sehingga bisa menghindarkan seseorang terkena penyakit yang mematikan tersebut.

Demikianlah manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah kecil ini. Meskipun buahnya tidaklah besar, bauah alpukat mengandung manfaat yang sangat besar bagi tubuh.
Advertisement

misal Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan - 2


Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke ialah penyakit yang paling berbahaya di dunia ini. Bahkan penyakit-penyakit ini menjadi pembunuh nomor satu dan dua di Indonesia. Penyakit ini menyerang siapapun tidak mengenal jenis kelabuin dan usia penderitannya. Bahkan penyakit storke pernah ditemukan pada seorang anak kecil. Sedangkan penyakit jantung, diidentifikasikan pernah menyerang seorang bayi yang gres lahir.

Ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan penyakit jantung dan stroke pada manusia, diantaranya ialah kebiasaan jelek ibarat makan-makanan sembarangan, merokok dan minum-minuman keras. Penyakit ini menyerang tiba-tiba, kapanpun dan dimanapun. Untuk itulah mengetahui cara-cara pencegahan penyakit ini ialah suatu tindakan yang bijaksana untuk menghindari mereka. Di bawah ini ialah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

Yang pertama ialah ketahui apakah Anda beresiko terkena penyakit ini. melaluiataubersamaini mengetahui hal ini, kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan badan kita. Orang yang sangat beresiko sangat rentan terjangkit penyakit ini, namun tidak menutup kemungkinan bagi orang-orang yang sehat.

Hindari kebiasaan-kebiasan jelek ibarat merokok, masakan berkolestrol dan minuman alcohol. Makanan-makanan tersebut akan memacu organ jantung untuk bekerja di luar batas normalnya sehingga akan sangat rentan rusak. Selain itu, masakan berkolestrol yang tinggi sanggup menumpuk di pembuluh darah sehingga menyumbat pembuluh darah coroner, yaitu pembuluh darah yang mempersembahkan masakan kepada jantung.

Menjaga tekanan darah supaya selalu normal. Hal ini sangat penting untuk dilakukan terutama bagi orang-orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi akan menimbulkan pecahnya pembuluh darah yang ada di kepala sehingga menggangu sistem saraf yang akan menimbulkan stroke. Oleh alasannya ialah itu, pantaulah selalu tekanan darah, hindari stress berlebih dan istirahat yang cukup.

Selain memantau tekanan darah, jagalah kadar kolestrol di dalam tubuh. Lemak ialah sumber utama yang menyebabakan serangan jantung. Ada 2 jenis lemak yang ada di dalam tubuh, yaitu: LDL dan HDL. LDL ialah lemak yang jahat di dalam tubuh, sedangkan HDL ialah lemak yang baik. Untuk mengatur kadar lemak dan menghilangkan HDL di dalam badan sebaiknya pilihlah masakan yang tidak mengandung kolesterol.

Yang terakhir ialah lakukan olahraga dengan teratur. Olahraga yang teratur bisa membuat badan kita sehat dan bugar sehingga akan mempersembahkan kekebalan bagi badan dari penyakit-penyakit. Namun harus diimbangi juga dengan kebiasaan dan masakan yang baik.

Demikianlah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke supaya penyakit-penyakit tersebut tidak menyerang badan kita.