Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Pola Teks Laporan Perihal Alam Sekitar (Terbaru)

misal Teks Laporan Tentang Alam Sekitar - Pada artikel sebelumnya kita pernah mengulas ihwal teks laporan dan teks deskripsi. Berkaitan dengan materi kemudian ihwal teks laporan, kali ini kita akan mengulas teks laporang melaui contoh-contoh. Sebelum kita lebih jauh mempelajari ihwal teks laporan, sebaiknya kita sedikit mengulas materi sebelumnya ihwal teks laporan.

Teks laporan yaitu teks yang mencakupkan penjabaran / penjabaran yang mempunyai sifat umum berkaitan dengan suatu hal menurut hasil observasi / penelitian. Teks laporan juga  bisa disebut sebagai teks penjabaran yang di dalamnya terdapat pengelompokan terhadap suatu hal di dalam teks. Berikut contoh-contoh teks laporan ihwal alam sekitar!

misal 1:

Jenis-Jenis Sampah


Sesuatu yang sudah tidak sanggup dipakai lagi, atau barang bekas pakai yang tak berguna, dan segala sesuatu yang berasal dari acara insan yang sudah tak dipakai lagi bahkan merugikan jikalau tak dimembuang disebut sampah. Ditinjau dari jenisnya sampah dibedakan menjadi 2 jenis yakni sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik ialah jenis sampah yang berasal dari makhluk hidup menyerupai daun-daunan pohon, bangkai hewan, sisa-sisa pemotongan kayu dan lain-lain. Sampah organik sanggup membusuk dan sanggup terurai oleh kuman pengurai. Selanjutnya sampah anorganik yaitu sampah yang yang tidak sanggup diuraikan oleh kuman pengurai, menyerupai sampah jenis plastik, jenis karet, dan logam.

Sampah dikelompokkan menjadi dua bentuk menurut fisiknya yakni sampah bentuk padat dan sampah bentuk cair. Sampah bentuk padat yaitu segala jenis barang membuangan yang mempunyai wujud fisik berupa benda padat berupa besi, kabel, kaleng, botol, plastik, dan lain-lain. Sampah yang memilki bentuk padat ini sangat mungkin didaur ulang dengan cara dileburkan sampai menjadi partikel kecil yang kemudian dijadikan materi dasar untuk industri. Sampah bentuk Cair  adalah jenis sampah yang mempunyai bentuk fisik berupa zat cair. Biasanya sampah cair ini berasal dari industri rumah tangga atau idustri besar berupa limbah. Limbah ialah sampah yang sangat mengganggu dan berpotensi merusak kelestarian alam.

Perlu disadari bahwa berkembangnya peradaban umat insan yang memicu sikap konsumtif sehingga menghasilkan barang membuangan yang begitu besar. Dalam sehari tiap orang di seluruh dunia berpotensi menghasilkan sampah seberat 2kg. Bila dalam satu komplek terdapat 1000 orang maka di daerah tersebut memiki potensi timbunan sampah sebanyak 2000 kg / harinya. Jika hal ini terus dibiarkan, maka permasalahan sampah ini akan menjadi malapetaka bagi kehidupan manusia. Dampak dari sampah sanggup berupa banjir dan berkembangnya segala macam penyakit. Untuk itu dibutuhkan adanya penanggulanagan untuk mengurangi timbunan sampah dengan cara mengurangi sikap konsumtif yang berlebihan, daur ulang sampah anorganik dan mendayagunakan sampah organik menjadi pupuk hijau dan lain-lain.

Advertisement
misal 2 :

Pemanasan Global


Pemanasan global atau biasa disebut dengan istilah global warming ialah proses meningginya suhu bumi setiap tahunnya yang diakibatkan oleh meningkatnya gas membuang karbon yang berasal dari kegiatan industri, pembakaran materi bakar, penerapan listrik dan lain-lain. Pemanasan global terjadi akhir adanya efek gas rumah beling yang berupa gas karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), gas metan dan lain-lain. Gas-gas inilah yang menimbulkan  Greenhouse effect  atau efek gas rumah beling pada atmosfer bumi sehingga sinar uv matahari sebagian besar tertahan dalam atmosfer. Hal ini yang menyebabkankenaikan suhu rata-rata di bumi. Dalam jangka pendek hal tersebut sanggup menjadikan naiknya permukaan air maritim akhir mencairnya es di kutub utara dan selatan. 

Pemanasan global juga diakibatkan oleh penguraian ozon (O3) menjadi oksigen (O2) dan unsur O, sehingga ozon yang tidak sanggup menangkal sinar UV matahari dan secara eksklusif menembus permukaan bumi. Akan tetapi peyebab utama dari pemanasan global yaitu efek rumah beling yang sudah dijelaskan di atas.Efek rumah beling juga sanggup disebabkan oleh sikap insan menyerupai penebangan pohon, pemakaian lsitrik yang berlebihan, pembakaran materi bakar, dan lain-lain sehingga menimbulkan jejak karbon yang menumpuk di atmosfer bumi.

Demikian teladan teks laporan ihwal alam sekitar. cepatdangampang-gampangan sanggup menjadi sesuatu yang baik untuk rujukan pembelajaran. Semoga bermanfaa dan selamat belajar!

Sumber :
https://duniainformasisemasa305.blogspot.com//search?q=tugas-makalah-bahasa-indonesia-perihal