Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Cara Membuat, Dan Teladan Surat Pernyataan

Pengertian, Teknik Membuat, dan misal Surat Pernyataan - Surat pernyataan yaitu surat yang menyatakan tentang kesanggupan melaksanakan sesuatu, dan sebaliknya bisa juga untuk menyatakan bahwa seseorang itu tdak pernah melaksanakan suatu hal. Surat pernyataan bisa bersifat resmi dan pribadi. Dalam surat penyataan resmi, sebelum ditanhadirani, surat pernyataan didiberi materai terlebih lampau kemudian gres ditanhadirani. Materai dalam surat pernyataan berungsi untuk menambah keabsahan berkas atau surat dan terikat hukum. Sehingga, apabila yang membuat surat melanggar surat pernyataan tersebut, maka pihak yang mendapatkan surat tersebut sanggup mengajukan pertanggungjawabanan secara aturan kepada yang membuat pernyataaan tersebut. Surat pernyataan sanggup dibentuk sendiri, juga bisa dibuatkan oleh pihak ketiga.

misal surat pernyataan mencakup surat keterangan berkelakuan baik, surat pengalaman kerja, surat keterangan kerja, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan sehat, sehat keterangan bebas narkoba, dan lain-lain.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat pernyataan:

1. Menentukan surat pernyataan yang akan dibuat

Banyak jenis surat keterangan. Tentunya hal ini diadaptasi dengan kepentingan dan keperluannya.

2. Menulis dengan baik dan benar,

Kita harus mengikuti aturan-aturan yang ada dalam menulis surat pernyataan. Ada surat pernyataan yang harus ditulis tangan, namun ada juga yang harus diketik. Dalam menulis surat pernyataan, gunakanlah bahasa yang baku dan tegas, tidak berbelit-belit dan pribadi pada pokok permasalahan yang dituju. Namun, tidakboleh lupa untuk mencantumkan data diri sebagai yang menulis surat pernyataan sesuai dengan urutan yang ada. Tulislah tujuan surat pernyataan tersebut secara jelas, siapa yang seharusnya mendapatkan surat tersebut. 

Advertisement
4. Menulis dengan tulis tangan. 

Apabila surat tersebut diminta untuk ditulis tangan, maka kita harus memperhatikan bentuk goresan pena tangan kita. Menulislah dengan goresan pena tangan yang rapi, membersihkan, dan terang sehingga surat itu simpel dibaca dan dipahami oleh yang menerimanya.

5. Tidak ambigu, jelas, dan padat.

Mengapa kita dianjurkan untuk membuat goresan pena yang bahasa nya simpel dipahami tidak berbelit-belit? Karena untuk menghindari makna yang ambigu atau tidak jelas. melaluiataubersamaini begitu, kita bias menuliskan surat pernyataan secara padat dan jelas.

Bagian-Bagian yang Menyusun Surat Pernyataan

Sususan penting yang terdapat dalam surat pernyataan dibagi menjadi tiga bagian, yakni:

a. Judul surat pernyataan.
b. Inti surat pernyataan yang mencakup beberapa aspek identitas, tujuan penulisan surat pernyataan, atau informasi tentang pihak lain apabila diharapkan sesuai dengan kepentingan dan tujuannya.
c. Penutup surat pernyataan yang mencakup kalimat epilog surat dan ucapan terima kasih, daerah dan tanggal dibuatnya surat, identitas yang membuat surat, nama terang, tanda tangan, keterangan lainnya menyerupai nomor induk pegawai, jabatan, dan lain-lain.

misal Surat Pernyataan diri : 

SURAT PERNYATAAN KONTRAK KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

N a m a :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :

melaluiataubersamaini ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya :

1. akan menjalankan kewajiban pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya;
2. akan menaati segala peraturan yang berlaku di kantor serta menjaga nama baik kantor dengan tidak melaksanakan hal-hal yang sanggup mencoreng kantor, tidak menyebarkandiberita tidak benar tentang kantor;
3. akan menuntaskan masa kerja sesuai dengan informasi yang tertera dalam berkas terlampir;
4. bersedia tidak berkeluarga sampai masa kontrak kerja berakhir;
5. apabila melaksanakan pelanggaran dalam poin-poin diatas akan dikenakan denda atau hukuman sesuai dengan informasi dalam berkas terlampir.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan saya bersedia dituntut secara aturan serta bersedia mendapatkan segala hukuman dan tindakan yang diambil oleh pihak kantor kalau dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan yang saya tulis dalam surat ini.

                                                                   Bandung, ...... ......................... 2015
                                                                   Yang membuat pernyataan,

                                                                   (tanda tangan dan nama terang)
                                                                    .............................................