Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Pola Kalimat Kritikan Dan Kebanggaan Dalam Bahasa Indonesia

20 misal Kalimat Kritikan dan Pujian dalam Bahasa Indonesia - Kritikan dan kebanggaan ialah dua jenis perkataan yang mempunyai makana yang berlawanan yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu akhir ulah atau tindakan yang ditimbulkannya. Kritikan biasanya ditujukan atas kerugian atau efek negatif yang ditimbulkan, sebaliknya kebanggaan dituaikan berkat hasil yang fantastis atau membawa bnyak laba (dampak positif) dari suatu tindakan. Lebih lanjut pembahasan dan pola terkena Koreksian dan kebanggaan akan diuraikan dalam artikel ini.

 

a. Kritik


Kritik ialah suatu ungkapan atau tanggapan terkena baik atau buruknya suatu tindakan yang akan atau sudah dibuat. Menurut engkaus besar bahasa Indonsesia (KBB), Koreksi ialah suatu pernyataan kecaman atau tanggapan, yang seringkali diuraikan dengan uraian dan pertimbangan baik dan buruknya suatu kebijakan, atau karya, atau pendapat, atau penampilan seseorang. Kritik biasanya disampaikan oleh Koreksius yaitu orang yang hebat atau pengamat dalam bidang tertentu. Kritikus biasanya memang sengaja diminta atau juga tidak akan mempersembahkan penilaian, ulasan terkena baik atau jelek dari efek suatu tindakan, karya, atau penampilan yang sudah dibuat. Koreksi sanggup dikatakan sebagai suatu perilaku ketidaksetujuan atas upaya atau tindakan yang sudah dilakukan. Hal ini tentunya diambil dari uraian analisis problem yang sanggup muncul dari tindakan tersebut.

Berikut pola kalimat yang mengandung Koreksian:

1. Penampilan engkau malam ini sudah bagus, spesialuntuk saja pemilihan kostum yang kamu gunakan pada malam ini kurang cocok dengan postur badan engkau yang pendek.
2. Kenaikan BBM akan mengakibatkan kesejahteraan masyarakat semakin menurun. Hal ini alasannya kenaikan BBM akan diikuti dengan kenikan harga – harga lain serta tarif angkutan. Nasib rakyat kecil semakin diujung tanduk
3. Penegakkan aturan dinegara kita masih dimanipulasi oleh pemainan orang – orang yangberkuasa. Seharusnya mata aturan harus sama tanpa mengenal status sosial, abdnegara penegak aturan hendaknya bisa menegakkan aturan tanpa pandang bulu.
4. Pendidikan tak spesialuntuk melulu tanggung tanggapan abdnegara sekolah, namun keluarga serta masyarakat justru mempunyai andil besar dalam pembentukkan pendidikan disekolah. Harapannya para stakeholder bisa saling bersinergi membentuk abjad anak bangsa.
5. Mengingat kini jumlah pengangguran makin bertambah, sekolah ataupun universitas sebaiknya tak spesialuntuk melulu membekali siswaya spesialuntuk dengan pengetahuan namun juga dengan keterampilan biar setelah keluar dari sekolah siswa bisa membuat lapangan kerja sendiri.
6. Sebenarnya engkau sama cantiknya menyerupai mereka, spesialuntuk saja kamu menyembuyikan kecantikanmu itu hingga banyak orang tak menyadari bahwa kamu memamng amat cantik
7. Hari ini engkau sudah mencatatkan rujung terbaru dengan berhasil finis pada 3 detik, spesialuntuk saja engkau harus menjaga posisi dikala sedang berada ditikungan, gunakan metode pengereman yang baik biar menjaga kecepatan motormu.
8. Tayangan serial kartun Sinchan memang lucu dengan karakternya, namun tayangan ini mempersembahkan pola yang tidak baik bagi perkembangan anak – anak.
9. Orang renta hendaknya tidakboleh melepas begitu saja anak –anak mereka. Orang renta harus mendampingi putra –putrinya dalam menonton program televisi, mengingat banyak tayangan TV yang tidak patut ditonton apalagi dicontoh putra – putri.
10. Tulisanmu ini kurang teratur dan belum tersusun dengan baik. Tambahkan data – data pendukung untuk menguatkan pernyataan yang engkau buat.

Advertisement

 

b. Pujian


Pujian ialah suatu kalimat atau pernyatan yang mengungkapkan perasaan kekaguman atau tanggapan positif terhadap hasil suatu karya. Menurut KBBI, kebanggaan ialah suatu pernyataan legalisasi dan penghargaan yang diutarakan suatu kebaikan atau keunggulan atau hasil yang spektakuler terhadap sesuatu. Pujian biasanya diutarakan alasannya suatu bentuk kesyukuran terhadap Tuhan akan prestasi yang dicapainya, atau sanggup juga disampaika kepada seseorang yang melaksanakan suatu kebaikan, atau mencapai hasil yang memuaskan. Sehingga melalui pujian, sama halnya mempersembahkan penghargaan kepada lawan bicara.

misal kalimat pujian:

1. Kami gembira padamu, meski keterbatasan ekonomi, kamu berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Kau ialah pola usaha anak bangsa, tiruananya mungkin bila kita berusaha.
2. Selamat kuucapkan, atas penampilanmu malam ini yang amat memukau, bahkan sang juri pun tak bisa menyampaikan apa – apa.
3. Alhamdulillah, segala puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa, program ulang tahun Lampung sukses digelar sesuai rencana, kerja tim yang amat bagus, terimakasih rekan – rekan.
4. Tak spesialuntuk parasmu yang ayu, namun hatimu juga. Tindakanmu membangun desa ini menuai hasil yang bagus, kini anak – anak tak bisa itu berhasil pergi ke sekolah.
5. Tak diragukan lagi kemampuanmu ini sungguh luar biasa, lukisan penuh makna berhasil kamu sulap mengandung sejuta makna, siapapun akan terpanah dengan arti yang terkandung di dalamnya.
6. Kamu memang pintar, tiga kali berturut turut menjadi juara kelas.
7. Subhanallah, begitu indahnya Indonesia, negri yang kaya akan kekayaan alam. Banyak binatang dan flora yang langka tinggal disini.
8. Kalian memang pasangan yang amat serasi, saling melengkapi satu sama lain.
9. Ibu, kamu memang malaikatku. Kasih akungmu tak terbalas oleh dunia.
10. Kesuksesn ini kupersembahkan untuk orang tuaku yang senantiasa menyertai langkahku. Ibu – bapak, ini untukmu.