Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Pola Kalimat Saran Dan Kritik

30 misal Kalimat Saran dan Kritik - Saran ialah sebuah solusi yang ditujukan kepada seseorang untuk menuntaskan suatu permasalahan yang terjadi. Sedangkan, Koreksi yakni sebuah pendapat yang dikeluarkan untuk mengomentari suatu objek.

misal Koreksi :

Lukisan itu tidak elok alasannya yakni terlihat sangat kaku dan miskin warna.
Keputusan pemerintah dalam menaikan harga BBM tidak berpihak kepada rakyat kecil.
Kamar Budi sangat kotor dan tidak rapih.
Karangan bebasmu jauh dari kata elok alasannya yakni tidak memilki kejelasan tentang ilham pokoknya.
Pekerjaanmu sama sekali tidak rapih bahkan hasilnya juga tidak terbaik.

misal masukan :

Seharusnya, lukisan itu diwarnai dengan warna biru semoga terlihat lebih hidup.
Pemerintah lebih baik mengkaji ulang tentang keputusannya tersebut.
Budi seharusnya memmembersihkankan kamarnya semoga selalu terlihat membersihkan dan rapih.
Sebaiknya, sebelum menulis karangan hendaknya engkau membuat kerangka karangan terlebih lampau.
Lebih baik bagimu untuk tidak terburu – buru dalam menuntaskan pekerjaanmu itu.

Dalam bahasa Indonesia, masukan dan Koreksi ini disampaikan dalam bentuk sebuah kalimat, yaitu kalimat Koreksi dan masukan semoga bersifat membangun dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Kalimat Koreksi dan masukan yakni kalimat – kalimat yang mengandung Koreksi dan masukan.

Berikut ini yakni pola – pola kalimat Koreksi dan masukan :

1. Pekerjaan Budi sangat tidak rapih sehingga hasilnya sangat tidak memuaskan, seharusnya Budi bekerja dengan tidak terburu – buru dan memperhatikan kerapihan semoga hasilnya memuaskan.
2. Puisi karangan Aria Nugraha tidak mempunyai rima sehingga terdengar menyerupai kalimat biasa, seharusnya ia lebih memperhatikan diksi atau pemilihan kata dalam puisinya.
3. Baju yang kamu kenakan itu tidak cocok dengan warna kulitmu, sebaiknya engkau menggunakan baju yang berwarna cerah sehingga terlihat sepadan di kulit.
4. Perkataanmu itu terlalu menyakitkan hati orang lain, ada baiknya sebelum berkata sesuatu kepada orang lain dipikirkan lampau akibatnya.
5. Warna tembok rumah Pak Budi sangat kuno, sebaiknya ia mengganti warna itu dengan warna yang lebih cerah, contohnya biru atau kuning.
6. Tugas yang engkau diberikan kepada anakdidik – anakdidikmu terlalu banyak, seharusnya seorang guru tidakboleh malah menyusahkan anak anakdidiknya dengan kiprah yang sangat banyak itu.
Advertisement
7. Ketua kelas 7 A tidak tegas dalam menjalankan fungsinya sebagia pemimpin, sebaiknya menjadi seorang pemimpin haruslah tegas supaya menjadi panutan bagi para anggotanya.
8. Penampilan Anda di atas lapangan tadi tidak menandakan kelas sebagai bintang lapangan, Anda harusnya bersemangat dalam bertanding semoga tidak menelan pil abadiahan.
9. Penampilanmu di pertandingan Badminton semalam sangat tidak terbaik, sebaiknya engkau memperbanyak jam tesmu semoga menjadi lebih andal dikala bertanding.
10. Lelaki itu tidak menandakan tanggung jawabannya sebagai seorang ayah yang baik, seorang ayah hendaknya bertanggung tanggapan kepada anak – anak dan istrinya alasannya yakni ialah kepala keluarga.
11. Film produksi Disnoy tidak sempurna untuk diputar di Indonesia, sebaiknya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melarang film ini diputar di Indonesia.
12. Gaya berpakaianmu itu tidak cocok dengan budaya kita, engkau harus memperhatikan lagi gaya berpakaian yang sesuai dengan nilai – nilai budaya kita.
13. Seleramu dalam menentukan masakan tidaklah sehat, sebaiknya engkau lebih menentukan masakan – masakan yang bergizi, menyerupai sayuran, dan buah.
14. Teh buatanmu tidak ada rasa manis sama sekali, sebaiknya sebelum mempersembahkan teh kepada seseorang hendaknya dicicipi terlebih lampau.
15. Kebiasaan begadang yang engkau lakukan itu tidak baik untuk kesehatan, sebaiknya engkau menuntaskan pekerjaanmu di siang hari semoga tidak hingga larut malam.
16. Perbuatan Budi terhadap Ani tadi sangat memalukan, seharusnya Budi meminta maaf kepada Ani terkena kelakuannya itu.
17. Kebunmu memang indah tetapi penataan letak bunganya kurang menarikdanunik, seharusnya engkau menyusun bunga – bunga itu sesuai dengan warna dan jenisnya.
18. Budi memang seorang anak yang terpelajar tetapi malas belajar, seharusnya Budi lebih ulet lagi dalam belajar.
19. Jalanan menuju balai kota sangat hancur dan penuh dengan lubang, dewan kota hendaknya segera melaksanakan perbaikan sebelum menyebabkan kecelakaan bagi para pengendara yang melintas.
20. Suaramu sangat indah tetapi engkau tidak mempunyai tehnik menyanyi yang bagus, sebaiknya engkau mencar ilmu kepada orang yang sempurna untuk memperbaiki tehnik menyanyimu.