Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Pola Paragraf Eksposisi Berita

misal Paragraf Eksposisi Berita - Eksposisi diberita yakni salah satu bentuk pengembangan paragraf eksposisi yang menyajikan, atau memaparkan informasi ihwal suatu kejadian yang sudah terjadi atau hasil dari sebuah penelitian.

Sama menyerupai paragraf eksposisi lainnya, eksposisi ini menyajikan topiknya dengan mempersembahkan data – data yang lengkap baik berupa fakta, contoh, table, grafik, atau bentuk data – data lainnya. Hal ini bertujuan untuk mempersembahkan alasan yang berpengaruh pada topik yang disampaikan.

misal – pola paragraf eksposisi diberita

misal 1

Bencana longsor yang terjadi di kampung Cibitung, Kecamatan Panggelangan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada hari selasa, 12 April 2015, pukul 14.00 wib menjadikan kerusakan yang sangat parah. Longsor tersebut sudah menimbun ratusan rumah dan perkebunan yang ada di sana. Longsor ini terjadi akhir dari hujan deras yang terjadi selama 4 hari sebelumnya. Hujan deras itu menimbulkan tanah di perbukitan ikut tergerus dan longsor. Nahasnya, ribuan kubik tanah yang longsor itu meluncur menghantam pipa gerah bumi Star Energi Geothermal sehingga menjadikan ledakan yang sangat keras. Akibatnya, 4 korban meninggal dunia, 14 orang menghilang dan diperkirakan masih tertimbun di dalam tanah, dan ratusan orang mengalami luka enteng dan berat. Korban luka tersebut sudah dirawat di rumah sakit setempat. Hingga ketika ini team penyelamatan sedang mencari korban yang masih hilang dengan cara menggali tempat-tempat yang diyakini masih terdapat korban. Sebenarnya, peristiwa ini sudah diperkirakan sebelumnya. Pemerintah pun sudah merencanakan untuk merelokasi masyarakat sekitar. Namun, planning ini batal akhir dari ketiadaan tempat untuk menampung masyarakat sekitar sehingga terjadilah peristiwa yang sangat mengerikan ini.

misal 2

Penyu (Chelonia Mydass) akan selalu kembali ke tempat asalnya dimana beliau dilahirkan untuk bertelur. Perilaku guah ini sudah diteliti oleh beberapa ilmuan. Mereka menghabisakan waktu beberapa tahun untuk menemukan alasan yang berpengaruh dari sikap guah ini. Sesudah diteliti, sikap bertelur penyu ini ternyata ialah sebuah tradisi yang sudah mereka lakukan selama beberapa ribu tahun yang lalu. Penyu – penyu itu selalu kembali ke tempat asalnya alasannya mereka merasa tempat itu sebagi tempat yang sangat kondusif untuk menaruh telur - telurnya. Sesudah menetas, anak - anak penyu akan pribadi menuju lautan dan ketika akan berenang mereka akan selalu menoleh ke belakang untuk mengingat tempat mereka dilahirkan tersebut. Hal inilah yang membuat mereka akan selau kembali ke tempat mereka dilahirkan untuk bertelur.
Advertisement

misal 3

Tahun ini pemerintah akan mengganti materi bakar premium dengan pertalite per bulan maret 2015. Penggantian ini sudah disetujui oleh menteri SDM dan pihak pertamina. Mereka beralasan bahwa penerapan pertalite jauh lebih efisien dan ramah lingkungan kalau dibandingkan dengan penerapan premium. Hal ini dikarenakan pertalite mengandung kadar Ron yang lebih baik. Tak spesialuntuk itu, pertalite juga mempunyai kadar oktan yang berkisar antara 90 hingga 91, atau berada diantara produk premium yang mempunyai kadar oktan 88 dan pertamax di level 92. Hal ini akan menghasilkan pembakaran yang tepat pada kinerja mesin mobil, sehingga mesin akan menjadi optimal dan awet. Sayangnya, pemerintah hingga sekarang masih resah dalam memilih margin laba dalam penjualan pertalite ini. Diperkirakan margin manfaatnya akan mendekati margin laba pada pertamax, yaitu di kimasukan Rp 375 per liter. Rencananya pemerintah akan mengganti tiruana premium dengan cara bertahap, ketika ini mereka sudah melaksanakan tes kemampuan dan pemahaman di wilayah Jawa, 
Madura, dan Bali. Direncanakan tahun depan pertalite sudah dipakai oleh konsumen di seluruh wilayah Indonesia.    

misal 4

Tumbuhan kunyit sangat bermanfaa bagi kehidupan manusia. Tumbuhan ini sering dipakai sebagai bumbu atau rempah yang dipakai sebagai penyedap rasa alami dalam masakan. Selain itu, kunyit juga bisa dipakai sebagai tumbuhan obat. Tumbuhan ini sudah terbukti bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti, kanker, gangguan pencernaan, dan lain – lain. Bahkan kunyit, bisa juga dipakai untuk mengurangi resiko penyakit diabetes, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk orang – orang yang mempunyai gen diabetes. Selain sebagai penyedap dan obat, kunyit juga bisa dipakai sebagai materi pewarna kuning alami, sehingga kunyit sering dipakai sebagai pewarna makanan – makanan alasannya tidak menyebabakan imbas samping yang berbahaya.  

misal 5

Warga Negara Indonesia yang hilang di Nepal akhir gempa pada tanggal 1 April 2015 belum ditemukan. Mereka yakni para pendaki anggota Taruna Hiking Club atau THC Bandung, yaitu Jeroen Hehuwat, 39 tahun; Kadek Andana, 26 tahun; dan Alma Parahita, 31 tahun. Saat gempa berlangsung, mereka kehilangan kontak dengan mitra – mitra mereka yang ada di sana. Namun, diperkirakan para pendaki ini berada di tempat Langtang. Berbekal informasi itu, pemerintah segera mengutus BASARNAS dan Tentara Nasional Indonesia untuk melaksanakan evakuasi.