Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Referensi Paragraf Proses Singkat Dalam Bahasa Indonesia

misal Paragraf Proses Singkat dalam Bahasa Indonesia - Paragraf proses yaitu salah satu bentuk dari pengembangan paragraf eksopisi. Jika paragraf eksposisi ialah paragaf yang bertujuan untuk memberikan topik berupa informasi kepada pembacanya, maka paragaraf proses yaitu paragraf yang memberikan infomasi wacana langkah, cara atau petunjuk membuat sesuatu, atau wacana citra proses wacana terjadinya sesuatu.

Ciri – ciri

1. Menyampaikan sebuah informasai yang berupa proses atau langkah menciptakan/terjadinya sesuatu.
2. Biasanya sering menggunakan transisi kronologi antar kalimat, misalnya, “pertama”, ”kemudian”, “selanjutnya”, dan lain – lain.

misal – teladan paragraf eksposisi proses

misal 1
Beras yang menjadi makanan pokok kita sehari – hari harus melalui beberapa proses pengolahan terlebih lampau sebelum menjadi nasi. Proses tersebut tidak mengecewakan panjang dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses ini diawali dengan mempersiapkan sawah yang akan ditanami bibit padi. Petani harus membajak sawahnya dengan menggunakan kerbau atau traktor supaya menjadi rindang. Sesudah itu, petani akan membuat garis – garis pola untuk menanam padi. Hal ini dilakukan supaya bibit yang ditanam tersusun rapih dan jaraknya tidak terlalu dekat. Kemudian petani akan menanam bibit padi tersebut sesuai dengan kawasan yang sudah ditandai. Mereka menanamnya secara mundur supaya tidak menginjak bibit yang sudah diitanam. Sesudah tiruana bibit tertanam, proses selanjutnya yaitu perawatan. Petani akan menunggu sawahnya kurang lebih selama enam bulan sambil melaksanakan perawatan, mirip memdiberi pupuk, mengairi, dan memberantas hama. Sesudah padi menguning, mereka akan memguannya. Hingga hasilnya padi dirubah menjadi beras dan barulah dapat kita masak sampai menjadi nasi.

misal 2
Bencana alam, Tsunami yang terjadi di Aceh 9 tahun yang kemudian begitu mengerikan. Tsunami ini terjadi begitu cepat sehingga penduduk tidak sempat untuk menghindar. Mula – mula tragedi ini diawali oleh gempa bumi. Gempa tersebut mengguncang seluruh daratan Aceh sampai mencapai daratan di permukaan laut. Guncangan tersebut menjadikan patahan di permukaan bahari dan membentuk sebuah lubang besar. Kemudian lubang tersebut dipenuhi dengan air bahari sehingga membuat air bahari menjadi surut. Sesudah beberapa saat, lubang itu menutup kembali dan membuat air di dalamnya mempersembahkan tekanan yang luar biasa besarnya yang menjadikan air tersebut terdesak keluar dan menjadikan gelombang yang besar. Gelombang ini terus merambat semakin membesar sampai ke daratan. Gelombang besar itulah yang disebut dengan Tsunami yang menyapu seluruh daratan.
Advertisement

misal 3
Minuman es juice jeruk sangat disukai oleh orang banyak. Hal ini dikarenakan rasanya yang elok dan proses pembuatannya yang simpel dan cepat. Untuk menikmati minuman ini, langkah yang harus dilakukan pertama kali yaitu menyiapkan alat dan bahan, mirip jeruk, es batu, blender, sendok, dan pisau buah. Sesudah tiruana alat dan materi siap, kupaslah buah jeruk dan basuh daging buahnya. Langkah yang selanjutnya adalah, memisahkan biji dan daging buahnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa pahit dari biji tersebut. Langkah yang ketiga yaitu memasukan daging buah jeruk dan es kerikil secukupnya ke dalam blender. Lalu campur sampai halus. Sesudah halus, tuangkan es ke dalam gelas. Sesudah itu barulah es juice jeruk siap dinikmati.

misal 4
Lidah buaya atau Alloevera sangat bermanfaa bagi kesehatan rambut. Tanaman ini mengandung zat - zat yang dapat mempersembahkan kelembaban pada rambut sehingga rambut tidak menjadi kering dan patah. Teknik menggunakannya sangat simpel yaitu dengan menentukan pengecap buaya yang masih muda. Kemudian membuang kulitnya dengan menggunakan pisau. Sesudah terkelupas, potongan dalam pengecap buaya yang ibarat supaya akan mengeluarkan lendir. Kemudian usapkanlah lendir tersebut ke rambut yang sudah dibasahi sebelumnya. Lalu diamkan selama 3 menit. Sesudah itu, rambut dibilas denga air membersihkan. Melakukan perawatan pengecap buaya ini secara rutin akan membuat rambut menjadi sehat.

misal 5
Tentunya tempe sudah tidak abnormal lagi di pendengaran kita. Makanan ini yaitu makanan traditional yang sudah usang menjadi makanan sehari – hari orang Indonesia. Namun, tahukah Anda cara pembuatannya? ternyata proses pembuatan tempe tidaklah susah. Untuk membuat tempe, yang harus pertama dilakukan yaitu mencuci biji kacang kedelai kemudian direbus sampai airnya mendidih. Biasanya setelah proses perebusan, kulit kedelai akan terlepas. Sesudah itu, membersihkankan kacang kedelai denga air yang mengalir supaya kulitnya ikut termembuang. Kemudian letakan ke dalam sebuah wadah dan campurkan denga ragi, kemudian aduk sampai merata. Sesudah itu, masukan kedelai yang sudah didiberi ragi ke dalam wadah plastik dan diamakan selama dua hari sampai kedelai menjadi tempe.