Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Dan Teladan Kalimat Memberikan Sanggahan, Penolakan, Dan Persetujuan Pendapat

Teknik dan misal Menyampaikan Sanggahan, Penolakan, dan Persetujuan Pendapat - Di dalam sebuah diskusi Anda dituntut untuk mengeluarkan pendapat terhadap permasalahan yang sedang dibahas. Namun, sebab diskusi ialah bertukar pikiran, akan ada banyak pendapat yang muncul di dalam lembaga diskusi. Nah, selain memberikan pendapat, Anda juga dituntut untuk menyikapi pendapat – pendapat tersebut apakah Anda oke atau pun tidak sependapat. 

Ketika mengikuti sebuah lembaga diskusi, yang harus diingat ialah ada cara bagaimana memberikan atau merespon pendapat orang lain. Hal ini dilakukan semoga tidak ada pihak yang tersinggung di dalam sebuah lembaga diskusi. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan mengulas bagaimana cara memberikan sanggahan, penolakan, dan persetujuan pendapat.


Menyampaikan Pendapat


Pendapat ialah pandangan langsung ihwal suatu permasalahan. Agar Anda sanggup memberikan pendapat yang logis dalam sebuah forum, yang perlu dilakukan ialah :

1. Menggunakan fakta dan opini yang kuat
2. Menggunakan bahasa yang meyakinkan
3. Berfikir secara kritis dan logis
4. Mampu menganalisa 
5. Tidak memaksakan pendapat

misal kalimat memberikan pendapat :


Menurut pendapat aku, Yogyakarta ialah kota pariwisata yang lengkap. Di sana ada wisata sejarah, pendidikan, maupun wisata hiburan. Oleh sebab itu, sebaiknya kita mengakibatkan Yogyakarta sebagai tujuan wisata kita.”

Menurut beling mata aku, subsidi BBM yang dilakukan oleh pemerintah belum menemui samasukan sebab masih banyak orang – orang kaya yang juga menikmati subsidi tersebut. Oleh sebab itu seharusnya pemerintah membuat sebuah regulasi gres untuk kendaraan beroda empat – kendaraan beroda empat glamor harus memakai Pertamax sebagai materi bakar.”


Merespon Pendapat


Selain berpendapat, kita juga sanggup merespon pendapat yang dikeluarkan oleh orang lain apakah kita menyetujui, menolak atau menyanggah pendapat orang lain. Sama halnya ibarat memberikan pendapat, dalam merespon pendapat juga ada beberapa cara yang harus diperhatikan. Di bawah ini ialah respon-respon pendapat yang memungkinkan. 

Advertisement

Menyetujui Pendapat


Jika Anda mempunyai pandangan yang sama dengan pendapat yang dikeluarkan oleh seseorang, Anda sanggup menyetujui pendapatnya. Teknik memberikan persetujuan pendapat yang benar adalah.

1. Singkat, jelas, dan tidak berbelit – belit
2. Mengakui pendapat yang disampaikan ialah benar
3. Menguatkan pendapat tersebut dengan mempersembahkan opini Anda
4. Menggunakan bahasa yang sopan
5. Meminta izin terlebih lampau kepada moderator

misal kalimat mendukung pendapat


Saya oke dengan pendapat Saudara Aria Nugraha bahwa kita sebaiknya memasukkan Yogyakarta sebagai tujuan dari study tour ini, sebab selain daerah wisatanya lengkap, biaya penginapan dan konsumsi disana juga relatif murah.” 

Apa yang dikatakan oleh Saudara Aria Nugraha sama dengan pendapat aku, bahwa pemerintah seharusnya mempersembahkan regulasi kepada para pemilik kendaraan beroda empat glamor untuk memakai Pertamax, sehingga dana subsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah tidak terlalu banyak dan sanggup dipakai pada bidang lain.”


Menyanggah Pendapat


Jika pendapat yang disampaikan tidak sesuai dengan apa yang Anda pikirkan, Anda sanggup menyanggah pendapat tersebut. Berikut ini ialah cara menyanggah pendapat orang lain.

1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Menggunakan landasan yang kuat
3. Memdiberikan alasan yang kuat.
4. Meminta izin kepada moderator

misal kalimat menyanggah pendapat


Maaf saudara Aria Nugraha, saya kurang sependapat dengan pendapat Anda untuk memasukkan Yogyakarta sebagai tujuan study tour kita. Hal ini dikarenakan jarak yang harus ditempuh akan semakin jauh sebab setelah dari Bandung kita akan menuju pulau Bali.”

Menurut aku, pendapat Saudara Aria Nugraha baik, tetapi dalam hal pelaksanaannya sangatlah tidak mungkin sebab untuk tetapkan regulasi tersebut sangatlah susah dan perlu waktu yang lama, sedangkan kita harus mencari solusi permasalahan ini segera.”


Menolak Pendapat


Apabila pendapat yang disampaikan tidak sesuai dengan apa yang sedang dibahas dalam diskusi, maka moderator sanggup menolaknya. Berikut ini ialah cara menolak pendapat.

1. Tidak menyinggung perasaan orang lain.
2. Menggunakan bahasa yang santun sebab yang ditolak ialah pendapat bukan orangnya.
3. Meminta izin terlebih lampau kepada moderator.
4. Memdiberikan alasan yang kuat.


misal kalimat menolak pendapat


Maaf saudara Aria Nugraha, pendapat Anda tidak logis karena Anda tidak menyertai alasan – alasan yang besar lengan berkuasa mengapa kita harus memasukkan Yogyakarta sebagai tujuan study tour kita. Sebaiknya Anda memberikan pendapat Anda dilengkapi dengan alasan dan bukti yang kuat.”

Maaf, pendapat Anda tidak sanggup diterima karena bertolak belakang dengan tujuan dari diskusi kita kali ini. Tujuan diskusi kita kali ini ialah mengulas ihwal dilema kenaikan harga BBM bukan mengulas ihwal kendaraan beroda empat mewah.”