Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menciptakan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Yang Baik


Teknik Membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Baik

Pelaksanaan suatu pembelajaran di kelas tidak akan berjalan dengan baik dan efektif tanpa adanya RPP. RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) sangat memmenolong para guru dalam melakukan pengajaran di kelas. Lalu apakah RPP itu? Bagaimanakah cara membuat RPP? Berikut yakni cara membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik.


A. Pengertian Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yakni rencana acara pembelajaran tatap muka  untuk satu pertemuan atau lebih yang dikembangkan menurut silabus. RPP digunakan  untuk mengarahkan acara pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).


B. Prinsip Penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Dalam menyusun RPP, terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan yaitu sebagai diberikut.
1.      Partisipasi aktif para penerima didik.
2.      Perbedaan individual penerima didik menyerupai tingkat intelektual, kemampuan awal, bakat, minat, potensi, kemampuan sosial, motivasi belajar, emosi, kebutuhan khusus, gaya belajar, latar belakang budaya, kecepatan belajar, norma, nilai, dan/ atau lingkungan para penerima didik.
3.      Berpusat pada penerima didik biar semangat belajar, motivasi, minat belajar, inisiatif, inspirasi, kreativitas, kemandirian, dan penemuan mereka semakin meningkat.
4.      Pengembangan budaya membaca dan menulis penerima didik dirancang guna membuatkan kegemaran membaca para penerima didik, pemahaman mereka terhadap bermacam-macam bacaan, dan membuatkan ekspresi mereka yang dituangkan dalam banyak sekali bentuk tulisan.
5.      Penerapan teknologi gosip dan komunikasi secara sistematis, efektif, dan terintegrasi yang sesuai dengan situasi dan konsidi.
6.      Kompetensi dasar, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, sumber belajar, dan evaluasi harus ditekankan dalam hal keterkaitan dan keterpaduannya dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
7.      Mengakomodasi/ menyesuaikan keterpaduan lintas mata pelajaran, pembelajaran tematik-terpadu, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
8.      Rancangan jadwal pemdiberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi yang dimuat dalam umpan balik dan tindak lanjut rencana pelaksanan pembelajaran (RPP).



C. Komponen-Komponen Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Komponen-komponen RPP yang baik dan benar yakni sebagai diberikut.
1.      Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
2.      Identitas mata pelajaran atau tema/ subtema;
3.      Kelas/ semester;
4.      Materi pokok;
5.      Alokasi waktu;
(diatur dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan kompetensi dasar yang harus dicapai sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kompetensi dasar dan beban belajar)
6.      Tujuan pembelajaran;
(menggunakan kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur dan dirumuskan menurut kompetensi dasar, yang mencakup beberapa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan)
7.      Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
8.      Materi pembelajaran;
(ditulis dalam bentuk butir – butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi yang memuat konsep, fakta, mekanisme yang relevan, dan prinsip)
9.      Metode pembelajaran;
(disesuaikan dengan karakteristik penerima didik dan kompetensi dasar yang akan dicapai guna mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran yang efektif biar penerima didik mencapai kompetensi dasar)
10.  Media pembelajaran;
(ialah alat menolong proses pembelajaran untuk memberikan materi pelajaran)
11.  Sumber belajar;
(berupa buku, media cetak, dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan dengan materi yang diajarkan)
12.  Langkah – langkah pembelajaran;
(dilakukan melalui tahapan penlampauan, inti, dan penutup)
13.  Penilaian hasil pembelajaran.

Advertisement

D. Format Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Berdasarkan komponen RPP yang sudah disebutkan di atas, format RPP sanggup ditulis sebagai beikut.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP ...)

Sekolah                       :
Mata Pelajaran            :
Kelas/ Semester          :
Materi Pokok              :
Alokasi Waktu            :

A. Kompetensi Inti
(Tulislah keempat Kompetensi Inti)

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(Rumuskan dua atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD)

C. Tujuan Pembelajaran
(Rumuskan satu atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi)

D. Materi Pembelajaran
(Tulislah butir – butir materi, menyerupai tema/ sub-tema, atau jenis teks yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial)
1.      Materi Pembelajaran Reguler
2.      Materi Pembelajaran Pengayaan
3.      Materi Pembelajaran Remedial

E. Metode Pembelajaran
(Tulis satu atau lebih metode pembelaaran aktif yang efektif dan efisien yang akan diterapkan untuk memfasilitasi para penerima didik mencapai indikator KD)

F. Media dan Bahan
(Media: Tulislah jenis - jenis media pembelajaran yang digunakan dikala pembelajaran berlangsung, menyerupai video/ film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb).
(Bahan: Tulishlah spesifikasi tiruana materi yang diperlukan, contohnya nama, jumlah, atau ukuran bahan)

G. Sumber Belajar
(Tulislah spesifikasi tiruana sumber belajar, contohnya buku referensi, buku siswa, koran, majalah, narasumber, situs internet, lingkungan sekitar, dsb).

H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
a.       Kegiatan Penlampauan
b.      Kegiatan Inti
c.       Kegiatan Penutup
2.      Pertemuan Kedua
a.       Kegiatan Penlampauan
b.      Kegiatan Inti
c.       Kegiatan Penutup
3.      Pertemuan Ketiga
d.      Kegiatan Penlampauan
e.       Kegiatan Inti
f.        Kegiatan Penutup
...
(Dan seterusnya sesuai dengan jumlah pertemuan yang sudah diputuskan dalam silabus).

I. Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap Spiritual
b.      Sikap Sosial
c.       Pengetahuan
d.      Keterampilan
2.      Pembelajaran Remedial
3.      Pembelajaran Pengayaan


Jakarta, ......... , ....................................

Mengetahui,
Kepala Sekolah ...                                                             Guru Bahasa Inggris




NIP. ...                                                                               NIP. ...



Demikianlah cara membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik. Semoga klarifikasi singkat tersebut sanggup bermanfaa. Terima kasih.