Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Artikel Wacana Globalisasi

misal Artikel Tentang Globalisasi – Era globalisasi sudah dimulai dan terus mengalami perkembangan-perkembangan. Era modernisasi imbas dari globalisasi sudah mengubah gaya hidup seseorang bahkan hingga mempengaruhi budaya dan tradisi suatu negara. Lantas, apakah sesungguhnya yang disebut dengan globalisasi??? Bagaimana dampak yang ditimbulkan dari globalisasi??? Kelasindonesia.com akan mengulasnya secara lengkap, terutama khusus yang terjadi pada negera kita, Indonesia. Selamat membaca!

Pengertian 


Istilah globalisasi berasal dari Bahasa Inggris, globalize yang pertama kali didefinisikan oleh Robertson seorang sosiolog dari Universitas Aberdeen yakni sebagai suatu proses pemadatan dunia dan pemerkayaan kesadaran dunia secara menyeluruh. Selain itu, Martin Albrow dan Elizabeth King mendefinisikan globalisasi sebagai suatu proses yang menyatukan penduduk dunia. Sementara itu, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi ialah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Begitu banyak tokoh atau mahir mendefinisikan pengertian globalisasi. Intinya, globalisasi ialah ibarat yang didefinisikan oleh Achmad Suparman, yaitu suatu proses mengakibatkan sesuatu (terkait akan sikap / tradisi / budaya) sekelompok orang sebagai ciri dari setiap individu dari aneka macam negara manapun. 


Masyarakat indonesia tidak sanggup menghindari kuatnya arus globalisasi. Masuknya bangsa-bangsa ajaib semenjak jaman penjajahan lampau kala, santer membawa ideologi gres ke negara ini. Seiring perkembangan jaman, globalisasi kian berkembang menuju arah ke modernisasi. Dampak yang ditimbulkan oleh globalisasi mempengaruhi sistem tatanan pemerintahan, ekonomic, sosial, pendidikan, bahkan budaya di negara kita. Adapun dampak yang ditimbulkan oleh globalisasi ialah sebagai diberikut:

Dampak positif


1. Bidang informasi


Perkembangan teknologi yang kian mutakhir mengakibatkan arus globalisasi semakin cepat menyebar. Adanya internet dan didukungnya dengan perangkat yang kian praktis didapat oleh masyarakat Indonesia, membuat tiruana kalangan sanggup dengan praktis mendapat gosip dari aneka macam belahan dunia manapun. 

2. Bidang pendidikan dan teknologi


Tak sedikit masyarakat indonesia yang menuntut pendidikan di luar negeri, begitu pula orang ajaib yang hadir untuk menuntut ilmu atau mengajar ke indonesia. Hal ini akan mempengaruhi bidang ilmu pengetahuan (pendidikan) dan perkembangan teknologi di negara kita. Selain itu, didukung dengan gampangnya perolehan gosip membuat pembaharuan-pembaharuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, dengan  teknologi yang semakin canggih, sekarang individu-individu yang mempunyai jarak yang jauh tetap sanggup berkomunikasi dengan biaya yang murah. melaluiataubersamaini demikian, meski berjauhan tetap sanggup berkomunikasi satu sama lain. Efek lain yang dirasakan dari meningkatnya teknologi ialah terciptanya alat-alat elektronik (mesin) yang megampangkan insan dalam menjalankan acara yang dilakukan, serta mempergampang insan dalam melakukannya. melaluiataubersamaini demikian, akan mengefesiensikan waktu yang diperlukan. 

Advertisement
3. Bidang ekonomi


Dampak globalisasi lainnya ialah dalam bidang ekonomi. Masuknya investor-investor ajaib ke negara kita membuat neraca perekonomian mengalami perubahan. melaluiataubersamaini demikian, mempengaruhi kebijakan-kebijakan ekonomi di negeri ini biar sanggup bersaing dengan negara asing.

Dari sisi lain dalam bidang ekonomi, dampak positif yang ditimbulkan dari globalisasi kepada masyarakat ialah meningkatnya taraf hidup masyarakat. Sebagian masyarakat sekarang sanggup memanfaatkan penerapan teknologi sekarang makin merata yang sanggup dipakai dalam bidang ekonomi (bisnis) yang sanggup meningkatkan taraf hidup masyarakat. Persaingan yang terjadi antar pebisnis pun makin sehat dengan keterbukaan gosip yang semakin praktis didapatkan.

4. Bidang kesehatan 


Berkembangnya teknologi juga mempengaruhi bidang pengobatan. melaluiataubersamaini didukung teknologi yang makin mutakhir, mempergampang penyembuhan penyakit-penyakit tertentu.

Dampak negatif


1. Bidang informasi


cepatdangampangnya perolehan gosip tak seutuhnya membawa dampak positif. Postingan-postingan yang membawa ideologi tertentu atau yang menampakkan tindak asusila sangat cepat beredar, sehingga pemerintah sendiri pun kesusahan dalam memfilter postingan-postingan tersebut. Hal yang sangat dikhawatirkan ialah, postingan-postingan tersebut sanggup mempengaruhi sebagian masyarakat Indonesia, terutama anak-anak. Dan ternyata tak sedikit tindakan menyimpang yang dilakukan oleh masyarakat tak jauh dari tayangan-tayangan tak senonoh tersebut. Parahnya, sebagian besarnya korban atau pelakunya dalam usia belum dewasa atau remaja.

2. Bidang ekonomi


Kesentidakboleh ekonomi yang terjadi di masyarakat terjadi alasannya pemerataan saluran gosip atau teknologi belum seluruhnya dirasakan oleh masyarakat indonesia. Hadirnya pasar-pasar ajaib di negeri ini yang menunjukkan produk-produk kebutuhan dengan teknologi canggih, membuat masyarakat takjub dan tertarik. Sementara itu, mahalnya biaya untuk memperoleh kebutuhan dan pendidikan membuat sebagian besar masyarakat masih menempuh cara-cara usang dalam bidang ekonomi. Oleh alasannya itu, produksi lokal menjadi turun atau kalah saing. 

3. Bidang sosial


Sementara dampak jelek pada bidang sosial ialah hilangya norma-norma sosial yang berlaku di masyarakat. Kesentidakboleh antar individu makin meningkat. Masyarakat cenderung menjadi individualisme menjadi masyarakat yang anti sosial.

4. Bidang kebudayaan


Masuknya ideologi-ideologi negara ajaib ke negara kita mempengaruhi sedikit banyak dari kebudayaan kita. Dapat kita amati pada generasi muda yang menyayangi budaya orang ajaib (hollywood, bollywood, k-pop, dan lain-lain) sehingga meninggalkan kebudayaan orisinil Indonesia. Hal ini akan membuat kebudayaan kita terancam punah. Jika kita tidak membentengi diri maka kita akan karam dalam hal ini, maka kita tidak mempunyai jati diri. Budaya ialah karakteristik suatu bangsa, bangsa yang besar ialah bangsa yang menyayangi budayanya. Sebagai masyarakat negara Indonesia, kita patut bersyukur alasannya negara kita akan budaya dan sumber daya. Banyak negara ajaib yang ingin menguasai dan mencurinya dari negara kita. melaluiataubersamaini demikian, mengetahui budaya ialah salah satu wujud cinta tanah air. 


Demikian, uraian ringkas terkena dampak yang ditimbulkan oleh globalisasi layaknya sebuah koin yang mempunyai dua sisi yang senantiasa bertolak belakang, begitu juga dengan globalisasi. Proses globalisasi kian berlangsung, dan kita tak mungkin sanggup menghindar dari hal tersebut. Apalagi di tahun 2016 kita akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), siap tidak siap kita akan menghadapi persaingan yang lebih bebas di masyarakat global. Sekian, terima kasih.