Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh -Contoh Paragraf Persuasi Ihwal Rokok Dan Narkoba

misal -misal Paragraf Persuasi Tentang Rokok dan Narkoba - Pada bahasan kemudian kita sudah mencar ilmu ihwal apa itu paragraf persuasi beserta contohnya. Mari kita sedikit mengulas bahasan kemudian ihwal paragraf persuasi. Paragraf persuasi ialah paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi, mengajak, membujuk, atau mendoktrin pembaca sehingga diharapakan biar pembaca terpengaruh untuk mengikuti impian penulis.

Dalam bahasan pada artikel kali ini kita akan mencar ilmu ihwal contoh-contoh paragraf persuasif secara ekslusif berkaitan dengan ancaman rokok dan narkoba. Berikut pembahasannya:

misal 1 :


Narkoba ialah ancaman besar bagi generasi muda bangsa Indonesia. Dilihat dari sisi manapun narkoba ialah barang haram yang sangat merugikan baik dari segi kesehatan fisik maupun mental. Sebagian pelajar menganggap mengonsumsi narkoba ialah sebuah ekspresi dominan dan bagi yang enggan memakainya dianggap ketinggalan zaman. Pola pikir yang salah semacam ini perlu diubah. Perlu adanya upaya untuk menyadarkan bawah umur kita ihwal ancaman narkoba dan membalikkan pola pikir mereka ihwal narkoba itu sendiri. Bagi yang tiruanla menganggap narkoba itu keren, menjadi pola pikir yang menganggap narkoba itu primitif. Mengonsumsi narkoba sejatinya ialah sebuah prilaku yang bodoh, bukan prilaku orang yang cerdas. Slogan-slogan yang mengampanyekan ancaman narkoba menjadi salah satu solusi yang dianggap efektif menyentuh kalangan pelajar dan anak muda. contohnya menyerupai “Narkoba itu gak keren”, “Narkoba itu primitif”, “Keren itu berprestasi, bukan sakau sampe mati”, dan lain-lain. Mari galakkan gerakan anti narkoba, untuk generasi yang sehat, cerdas, dan religius.

Pada pola paragraf di atas pertanda ihwal pola pikir sebagian pelajar yang menganggap bahwa mengonsumsi narkoba itu mengikuti perkembangan zaman. Paragraf persuasi di atas mengajak pelajar dan anak muda untuk mengubah pola pikir mereka ihwal narkoba. Sehingga dibutuhkan biar pembaca memahami bahwa menggunakan narkoba itu bukan sikap orang cerdas, melainkan mengonsumsinya ialah tindakan kebodohan.

misal 2 :


Sejatinya narkoba ialah obat-obatan yang dipakai oleh dunia kedokteran untuk kepentingan khusus menyerupai operasi. Obat tersebut dipakai sebagai penghilang rasa sakit ketika kegiatan operasi dilakukan. Namun yang terjadi remaja ini ialah penerapan narkoba yang disalahgunakan dalam artian mengonsumsi barang tersebut. Tentu hal ini tidak dibenarkan sebab sangat berbahaya bagi kesehatan badan dan jiwa. Narkoba terdiri dari aneka macam macam jenis diantaranya yakni Ganja, heroin, sabu-sabu, kokain, ekstasi, dan diantaranya masih ada beberapa jenis baru. Dari jenis-jenisnya yang tidak sama, masing-masing mempunyai imbas yang tidak sama-beda pula, namun secara umum obat-obatan ini bersifat adiktif (kecanduan) dan sanggup menghilangkan kesadaran bagi penggunannya. Dampak psikis dari penggunanya biasanya akan selalu merasa cemas, gelisah, ketakutan, depresi, dan lain-lain. Mengonsumsi narkoba sangatlah merugikan dan berbahaya bagi manusia. Marilah bahu-membahu kita jaga bawah umur dan keluarga kita dari ancaman narkoba. Bekali mereka dengan pengetahuan seputar ancaman dan kerugian yang didapat jikalau mengonsumsinya. Jauhi narkoba!

Pada pola paragraf persuasi di atas pertanda ihwal macam-macam jenis narkoba beserta dampak negatifnya. Paragraf persuasi di atas juga mengajak biar para orang renta menjaga anak-anaknya dari efek jelek narkoba dan menjauhinya. Para orang renta juga dibutuhkan bisa memdiberi pemahaman terhadap anak ihwal apa itu narkoba, bahaya, dan kerugian yang ditimbulkannya.

Advertisement

misal 3:


Merokok ialah kegiatan yang merugikan bagi kesehatan. Terbukti sejumlah penyakit sanggup timbul oleh acara ini. Misalnya serangan jantung, kanker paru-paru, radang tenggorokan, impotensi, gangguan kehamilan dan lain-lain. Terdapat lebih dari 4000 komponen materi kimia yang ditemukan dalam sebatang rokok dan 250 diantaranya berbahaya bagi kesehatan. Selain merusak kesehatan diri sendiri, perokok juga mengganggu kenyamanan orang disekitar perokok. Secara langsung, perokok merampas hak orang disekitarnya untuk mendapat udara yang sehat. Hal ini tentunya sangat merugikan baik untuk dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Rokok ternyata juga bukan barang yang murah untuk dibeli. Rokok dibandrol dengan harga Rp 15.000,00 – 20.000,00 per bungkusnya. Tentu ini ialah sebuah pemboroson untuk acara yang sia-sia bahkan merugikan. Banyak sekali kerugian yang ditimbulkan oleh rokok. Oleh sebab itu, mari sama-sama kita ingatkan para perokok agak tidak merampas hak orang lain untuk menghirup udara yang sehat. Sehat itu sangatlah mahal, akankah kita merusaknya spesialuntuk untuk kenikmatan sesaat? Mari jaga pola hidup sehat kita tanpa asap rokok.

Paragraf di atas memuat seruan untuk bahu-membahu mengingatkan para perokok untuk tidak mencemari udara membersihkan dengan perbuatannya. Hal ini tentunya sangat merugikan dan melanggar hak untuk mendapat udara yang membersihkan dan sehat.

misal 4 :


Merokok ialah sebuah acara yang sangat sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Di pasar, di teminal, di jalan, di angkutan umum, bahkan di forum pendidikan menyerupai sekolah dan madrasah pun tidak luput dari orang-orang yang melaksanakan acara ini. Banyak para perokok yang enggan berhenti merokok dengan alasan tidak nyaman bekerja tanpa rokok, mengantuk jikalau tidak merokok, atau alasan yang paling umum ialah kecanduan rokok. Alasan-alasan semacam ini spesialuntuklah sebuah pembenaran dari acara merugikan yang berjulukan merokok. Merokok spesialuntuklah sebuah kebiasaan yang awal mulanya coba-coba karenanya menjadi biasa dan berujung pada kecanduan. Bukan tidak mungkin untuk menghilangkan kebiasaan ini, menyerupai halnya kebiasaan jelek yang lain menyerupai mencuri misalnya, seseorang dengan tekad yang berpengaruh untuk bertaubat tentu bisa merubah dirinya menjadi lebih baik dengan tidak mengulangi kebiasaan buruknya. Begitu pula dengan merokok, jikalau seorang perokok mempunyai motivasi yang berpengaruh untuk tidak merokok dan dengan diiringi kegigihan untuk menahan impian untuk merokok, usang kelabuaan efek adiktif dari rokok pun akan hilang. Bayangkan, betapa nikmatnya badan sehat kita tanpa asap rokok yang memenuhi paru-paru kita. Marilah bahu-membahu kita biasakan gaya hidup yang sehat dengan mengonsumsi masakan sehat, buah-buahan, dan sayuran serta memmembuang kebiasaan yang merusak kesehatan. Buanglah rokok anda pada tempatnya!

Paragraf persuasi di atas memuat seruan untuk menghentikan kebiasaan merokok dan memulai gaya hidup yang sehat menyerupai mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Beberapa pola di atas ialah pola paragraf persuasi ihwal ancaman rokok dan narkoba. cepatdangampang-gampangan bermanfaa dan selamat belajar!

Sumber :
https://mey20.wordpress.com/kesehatan/bahaya-narkoba-bagi-kesehatan/
www.heart.org
www.cdc.gov