Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Esai Argumentatif Perihal Narkoba Terbaru

misal Esai Argumentatif wacana Narkoba Terbaru - Esai yaitu sebuah karya tulis yang berupa opini pribadi seorang penulis terhadap sebuah topik yang sedang hangat - hangatnya terjadi di masyarakat. Di bawah ini yaitu pola esai argumentatif wacana narkoba.

Narkoba Menghancurkan Generasi Bangsa

Akhir – final ini narkoba sudah merajalela di negeri kita. Semua kalangan dimulai dari masyarakat bawah sampai masyarakat kelas atas sudah memakai narkoba. Bahkan lebih parahnya lagi yaitu narkoba juga sudah merasuki para penegak aturan di negeri ini. Menurut data yang diterima oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah korban yang disebabkan oleh barang haram itu meningkat sampai dua kali lipat dari tahun – tahun sebelumnya. Kebanyakan dari korban – korban tersebut yaitu remaja. Menanggapi fenomena ini pemerintah sudah tetapkan Negara kita sedang berada dalam keadaan darurat narkoba. Oleh lantaran itu, penulis sangat yakin bahwa masa depan bangsa ini akan hancur dalam beberapa tahun yang akan hadir kalau pemerintah tidak mengambil langkah yang faktual untuk menghentikan arus peredaran barang haram ini. Ada beberapa alasan mengapa narkoba bisa menghancurkan kehidupan bangsa ini.

Alasan yang pertama yaitu narkoba bisa menghancurkan masa depan anak muda. Anak – anak muda yang semestinya menjadi calon – calon penerus bangsa akan hancur masa depannya kalau masuk ke dalam bulat narkoba. Jangankan menjadi masa depan bangsa, masa depan mereka sendiri pun akan rusak akhir dari barang haram ini. Hal ini dikarenakan narkoba akan membuat generasi – generasi yang sakaw, yaitu generasi yang tidak bisa lepas dari narkoba. Akibat ketidak mampuan mereka untuk lepas dari narkoba, membuat mereka menjadi sangat ketagihan yang akan menyiksa diri mereka sendiri, sehingga mereka akan menjadi tidak sehat dan simpel terkena penyakit. Bahkan mereka juga bisa meninggal dunia. Akibatnya, masa depan mereka yang semestinya cerah menjadi kelabu dan hancur seketika. 

Advertisement
Alasan yang ke dua yaitu narkoba bisa mematikan kreatifitas anak bangsa. Anak muda semestinya mempunyai daya kreatifitas yang tinggi. Di masa – masa inilah mereka bisa menemukan anutan - anutan baru, menemukan penemuan – penemuan dan berprestasi. Namun, apa yang terjadi dikala mereka masuk ke dalam jurang narkoba ? Mereka akan kehilangan itu tiruana. Narkoba ini perlahan – lahan akan mematikan sel – sel otak mereka sehingga usang kelabuaan otak mereka tidak bisa lagi berkreasi dan yang ada di dalamnya spesialuntuklah narkoba. Jika otak mereka sudah tercemar oleh nakoba, maka tidak ada lagi kreatifitas yang tersisa. Mereka spesialuntuk akan hidup ibarat zombie atau jenazah – jenazah hidup yang bergerak tanpa tujuan dan arah. Bayangkanlah apa yang akan terjadi kalau para penerus suatu bangsa tidak mempunyai kreatifitas dan tujuan, maka bisa dipastikan Negara tersebut akan musnah dan lenyap.

Alasan yang terakhir yaitu narkoba membuat generasi kriminal. Para sampaumur yang sudah terjerat ke dalam bulat setan ini akan terus – menerus dipaksa untuk memenuhi impian mereka terhadap narkoba. Akibatnya, mereka akan melaksanakan apa saja untuk mendapat barang haram itu, termasuk dengan perbuatan – perbuatan yang melanggar hukum, ibarat mencuri, merampok, menipu dan membunuh dengan keji. Semua yang dilakukan itu tidak lain dan tidak bukan lantaran narkoba yang sudah merusak otak dan jiwa mereka, sehingga mereka tidak bisa membedakan lagi mana perbuatan yang benar dan mana perbuatan yang salah. Jika suatu bangsa dipenuhi dengan para pelaku kriminal, maka bisa dipastikan Negara itu akan lenyap dengan sendirinya.  

Oleh lantaran itu, narkoba sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup bangsa ini. Hal ini dikarenakan barang haram ini bisa menghancurkan masa depan para pemuda, calon penerus bangsa, narkoba bisa menghancurkan daya kreatifitas para remaja, dan yang terakhir barang haram ini bisa membuat generasi pelanggar hukum. Semua akhir itu akan menuntun pada kehancuran bangsa ini. Maka dari itu, kalau pemerintah tidak melaksanakan tindakan yang faktual untuk menghentikan peredaran barang haram ini, maka bisa dipastikan Negara ini akan hancur dalam beberapa tahun ke depan.