Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Esai Perihal Kepemimpinan (Terbaru)

misal Esai Tentang Kepemimpinan (Terbaru) - Di bawah ini, terdapat sebuah pola esai terkena kepemimpinan. Semoga bermanfaa. 

Arti Kepemimpinan


Apakah yang dimaksud dengan pemimpin ? Siapakah yang bisa menjadi seorang pemimpin atau bisakah tiruana orang menjadi pemimpin ? Pertanyaan-pertanyaan tersebut yaitu pertanyaan yang sering sekali diutarakan oleh orang –orang saat berguru terkena kepemimpinan, baik di program – program informal maupun seminar – seminar wacana kepemimpinan. Dari pertanyaan – pertanyaan tersebut, biasanya tiadak ada jawabanan yang umum dan terang terkena definisi dari kepemimpinan itu sendiri. Banyak orang mempunyai jawabanan yang tidak sama menanggapi pertanyaan itu. 

Banyak orang yang akan meyakinkan Anda wacana tidak ada yang susah untuk menjadi seorang pemimpin, dan tidak sedikti pula yang akan memdiberitahu Anda bahwa menjadi pemimpin itu sangatlah susah. Namun, siapakah yang benar diantara jawabanan – jawabanan tersebut ? Banyak sekali essai atau goresan pena terkena arti dari sebuah kepemimpinan. Sumber – sumber tersebut akan megampangkan Anda untuk mencari jawabanan dari pertanyaan di atas. 

Salah satu definisi yang paling popular terkena kepemimpinan menyatakan bahwa kepemimpinan yaitu suatu kualitas khusus yang dimiliki oleh beberapa orang yang bisa memungkinkan mereka untuk memerintah, mempengaruhi dan memimpin orang lain. Kualitas – kualitas terebut diantaranya yaitu karisma seseorang, kekuatan pikiran, potensi intelektual, talenta organisasi, dan rasa tanggung jawaban.

Essay lain mempersembahkan pengertian yang tidak sama terkena definisi kepemimpinan, yaitu kepemimpinan yaitu pengetahuan psikologi yang faktual dan interaksi sosial antar manusia. Definisi ini menyampaikan bahwa setiap orang niscaya bisa menyebarkan kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin dengan menolongan dari orang lain.  

Namun, tidakbolehlah terlalu memikirkan apa yang dikatakan oleh beberapa essay terkena teori kepemimpinan ini. 

Karena ada baiknya kalau kita mencari tahu sendiri apa yang dimaksud dengan kepemimpian itu ? Hal ini bisa kita lakukan dengan melihat sekeliling kita, melihat orang – orang yang sudah menjadi seorang pemimpin. Pernahkah Anda melihat seseorang yang biasa memimpin sebuah perusahaan atau organisasi ? dan dari pemimpin – pemimpin itu, apakah Anda pernah menemukan seorang pemimpin yang memimpin suatu perusahaan atau organisasi, tetapi tidak mempunyai karisma, dan tidak ada keahlian khusus. Pasti Anda akan menjawaban tidak pernah.

Sayangnya, ada begitu banyak orang di dunia ini yang berada di posisi teratas, orang yang mempunyai efek dan kekuasaan, namun tidak ada yang benar-benar mempunyai kualitas seorang pemimpin yang faktual di dalam diri mereka. Mungkinkah menjadi seorang pemimpin spesialuntuk berarti berada di posisi yang lebih tingggi daripada orang lain?
Advertisement

Tentu saja tidak, untuk memimpin seseorang harus mempunyai keterampilan yang bisa membuat orang lain melaksanakan apa yang Anda inginkan. Meskipun orang lain tersebut melakuannya dengan terpaksa alasannya seorang pemimpin sejati yaitu seseorang yang dihormati oleh orang lain. 

Dan alasannya hal inilah orang lain akan mengikuti perkataan mereka. Selain itu, seorang pemimpin juga harus mempunyai visi dan misi yang nyata. Mereka harus mengetahui mau dibawa kemana suatu oraganisasi atau perusahaan tersebut, sehingga orang – orang yang mengikutinya merasa yakin kepada pemimpinya. Karakteristik pemimpin yang lain adalah, seorang pemimpin haruslah arif dalam mengambil keputusan, alasannya mereka yaitu otak dari suatu organisasi atau perushaan. Sekali saja mereka salah dalam mengambil langkah, resiko yang mereka terima sangatlah besar.  

Di dunia ini tidak tiruana kepala lembaga, perusahaan atau organisasi yaitu pemimpin. Hal ini dikarenakan otoritas sanggup diperoleh dengan cara yang tidak sama - beda. Hanya otoritas yang didapatkan dengan didasarkan pada penghormatan orang - tidak takut atau tidak merasa ditekan - niscaya bisa memmenolong kita untuk menjadi seseorang pemimpin sejati.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menjadi seorang pemimpin menuntut seseorang untuk mempunyai  suatu haal yang khas dari diri mereka, yaitu sesuatu yang akan membuat dirinya istimewa, lebih kuat, dan mungkin lebih baik daripada orang lain. Itulah mengapa tidak benar berfikiran bahwa hampir setiap orang sanggup dengan praktis menjadi seorang pemimpin alasannya untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, Anda harus meningkatkan diri Anda, galilah lebih banyak lagi ilmu pengetahuan serta pengalaman. Karena tanpa potensi kepemimpinan yang ada di dalam diri, Anda tidak akan pernah menjadi seorang pemimpin sejati.