Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Kutipan Pribadi Dan Tidak Langsung

misal Kutipan Langsung dan Tidak Langsung - Mengutip yakni mengambil pendapat seseorang dari sebuah sumber (buku, jurnal, majalah, dan lain – lain). Teknik mengutip sanggup dibedakan menjadi dua macam, mengutip pribadi dan tidak langsung. Perbedaan keduanya terletak pada metode kutipan yang digunakan. Berikut klarifikasi lengkapnya:

1. Kutipan Langsung


Teknik mengutip dengan kutipan pribadi yatu pengutip mengambil pernyataan pada sumber tanpa secara langsung, tanpa mengubah apapun. Teknik ini sanggup dibedakan menjadi dua, menurut panjangnya kutipan yaitu kutipan pribadi kurang dari empat baris dan lebih dari empat baris. Berikut teladan teks yang memakai kutipan langsung.

Jangan Sering Begadang

Sesudah seharian beraktivitas, badan perlu menerima haknya untuk mengembalikan staminanya melalui pulas. Namun, banyak orang yang masih beraktivitas hingga larut malam, entah alasannya yakni pekerjaan atau menonton film, atau mengerjakan tugas. melaluiataubersamaini demikian waktu pulas menjadi berkurang.  pulas yakni salah satu proses badan untuk mengembalikan performa tubuh. Saat pulas yakni dikala terbaik bagi badan untuk bekerja secara optimal memperbaiki kesehatan, menyerupai pemmembuangan racun, pembasnian patoen dan sebagainya. Tidur terlalu larut akan mengganggu proses metabolisme dan menimbulkan banyak duduk kasus bagi kesehatan tubuh.  Dilansir dari situs sitkes.com,penelitian yang dimuat Journal of Psyhiartic mengungkapkan ancaman kurang pulas yaitu:

“ kurang pulas sanggup menimbulkan [1] daya tahan badan melemah. melaluiataubersamaini daya tahan badan yang menurun maka sanggup lebih simpel terjangkit penyakit oleh virus dan juga basil serta patogen lain. [2] kurang pulas juga sanggup menimbulkan serius menurun. Hal ini karen awaktu istirahat menjadi berkurang, sehingga berdampak pada performa sehari-hari, menyerupai rasa ngantuk, lemas, lunglai. [3] pulas kurang dari enam jam dapatmeningkatkan resiko penyakit kanker. Pada dikala pulas [dalam kondisi petang] badan akan memproduksi hormon melatonin yang memmenolong meningkatkan daya imun.  [4] kurang pulas meningkatkan resiko penyakit diabetes. Hasil penelitian menunjukkan, seseorang yang kurang pulas mengalami resistensi insulin. Sehingga insulin tidak sanggup dan sanggup memicu penyakit diabetes. [5] kurang pulas sanggup menimbulkan stroke. Orang yang kurang pulas mempunyai resiko terjangkit empat kali lebih tinggi dibanding orang yang cukup pulas. [6] kurang pulas sanggup memicu kegemukan. Hormon leptin yaitu hormon yang mengontrol nafsu makan akan berkurang sehingga membuat nafsu makan meningkat.” 

Mungkin terdengar sepele, namun pulas yang cukup dan berkarakter sanggup memmenolong kualitas kesehatan tubuh. Menurut Dr. OZ,” pulas yang cukup sanggup membuat badan sehat. Tidur yakni waktu terbaik bagi badan untuk bekerja. Sehingga ketika terbangun, badan akan merasa lebih sehat”.  So guys, pulas yang cukup semoga tetap sehat. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati. 
Advertisement

2. Kutipan Tidak Langsung


Sementara itu, metode mengutip secara tidak langsung, pengutip mengubah kata – kata dalam kalimat teks kutipan dengan syarat pengutip tidak mengubah makna dari kalimat teks kutipan. Simpelnya, dalam mengutip secara tidak langsung, pengutip memakai kalimat sendiri yang didasarkan pada pernyataan gagasan kutipan yang berasal dari sumber yang dibaca. Berbeda dengan kutipan langsung, metode mengutip secara tidak pribadi tidak didiberi tanda petik, namun tetap sebut identitas pengarang dan sumbernya. Karena memakai penafsiran sendiri maka pengutip bertanggung balasan penuh dengan isi teks yang dibuatnya. Oleh karenanya, duduk kasus salah tafsir sering ditemukan dalam kutipan ini. Berikut teladan kutipan tidak langsung:

Bahaya Terlalu Sering Duduk

Tahukan engkau jika ternyata terlalu sering duduk dalam kegiatan sehari-hari jauh lebih beresiko dibanding aktif bergerak di lapangan. Mengutip dari majalah Men’sHealth, penelitian yang dilakukan Loughborough University dan University of Leicester mengungkapkan fakta yang mencengang bahwa duduk terlalu usang sanggup beresiko mengalami penyakit diabbetes, jantung, fatalnya hingga menimbulkan kematian. 

Situs indnesiaindonesia.com, menuturkan bahwa terlalu sering duduk sanggup menimbulkan pembekuan pada pembuluh vena atau DVT (Deep VeinThrombosis). Pembekuan darah vena sanggup menimbulkan emboli paru-paru, pembuluh darah yang membeku akan membuat pedoman darah tidak lancar sehingga pembuluh darah sanggup pecah dan berdampak pada gangguanalira darah. 

Selain itu,resiko yang mungkin diperoleh dari kegiatan duduk yang terlalu usang di depan komputer yaitu peningkatan paparan mikroorganisme yang terkumpul pada papan keyboard. Dikutip dari situs indonesiaindonesia.com, inovasi penelitian yang dimuat oleh majalah Which? Computing menemukan bermacam jenis basil di sela-sela papan keyboard yang sama bahayanya dengan basil patogen lain menyerupai E.coli, S. aureus, dan coliform lai yang sanggup menimbulkan jerawat paru-paru serta sistem pencernaan.  Lebih dari itu, kelainan mata dan paru-paru serta peregangan otot mengintai anda yang bekerja terlalu banyak di depan komputer dengan kegiatan duduk. Dr. Deum menuturkan bahwa, bekerja terlalu usang di depan komputer membuat mata terlalu keras bekerja sehigga akan membuat mata perih dan sensitif akan cahaya, selain itu serius mata akan semaki berkurang. sementara itu, pancaran radiasi alat-alat listrik sanggup memicu sakit kepala dan stress otot. Menurut Jamieson, medan listrik mempunyai paparan berpengaruh ketika diudara, sehinga akan menarikdanunik debu-debu dengan demikian udara menjadi tidak sehat yang akan meningkatkan debu- bubuk di pernapasan kita (paru-paru). Bahaya terlalu usang duduk di  depan komputer diutarakan oleh WHO, beresiko mengalami iritasi mata, jalan masuk pernapasan, sakit kepala, leher, dan juga stress.