Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Percakapan Antara Guru Dan Murid Di Kelas

misal Percakapan Antara Guru dan Murid Di Kelas - Pada artikel- artikel sebelumnya sudah didiberikan beberapa pola percakapan yang terjadi antara dua atau lebih orang yang sedang  membicarakan sesuatu. Pada kali ini akan didiberikan pola percakapan yang terjadi antara guru dengan anakdidik di kelas. Percakapan ini sanggup melibatkan dua atau lebih orang, mengingatkondisi kelas yang majemuk.perbincangan antara guru dengan anakdidik di dalam kelas tentu tak jauh dari kepentingan ilmu pengetahuan. Berikut cuplikan obrolan yang terjadi antara guru dan anakdidik di dalam kelas.

Guru:  Baiklah anakdidik- anakdidik, adakah dari kalian yang belum mengerti terkena bahan sel yang kita pelajari hari ini???

Semua anakdidik terdiam

Guru: Mengapa kalian spesialuntuk diam??? Saya anggap sudah mengerti. Oke kalau begitu kita akan tes uji pemahaman, kalau tidak ada yang ingin bertanya.

Murid gelisah, sampai pada akhirnya, anakdidik mengajukan pertanyaan.

Murid1: Tunggu Bu, Saya masih sedikit belum mengerti.

Guru:   Bagus Anton, setidaknya engkau akan mengulur waktu tes untuk sebentar. Apa yang tidak engkau mengerti terkena bahan sel kali ini???

Murid1: (tersenyum licik), begini Bu, Saya masih susah memahami teori yang dikemukakan oleh Schleiden dan Schwann, bahwa sel ialah unit struktural dan fungsional suatu kehidupan. Bisakah ibu menerangkannya kembali?

Guru:  Oke, jadi begini. Sel ialah unit struktural setiap makhluk hidup, artinya bahwa setiap benda sanggup dikatakan menjadi makhluk hidup apabila tubuhnya tersusun atas sel, yang mana mempunyai bab – bab (orggual) yang menyusunnya. Oleh alasannya yaitu itu, virus tidak sanggup dapat digolongkan menjadi makhluk hidup alasannya yaitu tubuhnya tidak disusun atas sel.

Murid2: Lalu bagaimana dengan unit fungsional kehidupan Bu?

Guru:  Kau tidak sabaran ya Dimas. Saya jelaskan perlahan biar kalian sanggup mengerti dan memahami hal tersebut. Mengenai unit struktural apakah sudah jelas??? Anton??? Lainnya???

Murid1: Saya mengerti Bu, jadi Saya, Ibu, dan kawan-kawan serta makhluk hidup itu niscaya tubuhnya tersusun atas sel ya Bu??? Berarti Sel yang menyusun kita ukurannya lebih besar dari ukuran sel basil ya Bu? Sehingga basil tak tampak oleh mata telanjang.

Guru:   Bagus kalau engkau sudah mengerti. Ukuran sel sangat bervariasi bergantung pada jenisnya. Meski ukuran sel kita lebih besar dari sel bakteri, namun sel kita pun tidak sanggup dilihat dengan mata telanjang.

Murid3: Tapi Bu, kenapa kita sanggup terlihat dengan mata telanjang???

Guru:   Hmmm, begini. Makara kenapa kita sanggup terlihat dan basil tidak terlihat dengan mata telanjang, begitukan ajeng maksud pertanyaanmu???

Murid3: Betul Bu.

Guru:   Di dunia ini ada dua tipe makhluk hidup menurut jumlah selnya. Ada makhluk uniseluler, artinya tubuhnya spesialuntuk tersusun atas satu sel saja. Dan makhluk multiseluler yang tersusun atas banyak sel, multi berarti banyak. Kenapa basil dan beberapa makhluk lainnya tidak sanggup dilihat dengan mata telanjang itu alasannya yaitu tubuhnya spesialuntuk tersusun atas satu sel saja. Sedangkan kita dan makhluk hidup lainnya yang terlihat dengan mata telanjang tubuhnya dibangun atas banyak sel. jadi sanggup dibayangkan menyerupai sebuah bangunan yang tersusun atas banyak batubata. Disini kita bayangkan kerikil bata sebagai sebuah sel. dengan analagi ini apa kalian sudah mengerti???
Advertisement

Semua anakdidik mengangguk.

Guru:   Baik kalau sudah mengerti saya akan menandakan arti dari unit fungsional sebuah sel pada suatu kehidupan. Kalian siap???

Murid-anakdidik mengangguk

Guru: sama halnya menyerupai unit struktural, sel ialah unit fungsional suatu kehidupan. Maksudnya yaitu fungsi-fungsi kehidupan menyerupai bernafas, tumbuh dan berkembang, bererproduksi, ekskresi, adaptasi, iritabilitas, dan fungsi vital lainnya dilakukan oleh sel. pada makhluk uniseluler fungsi-fungsi tersebut lebih sedrhana alasannya yaitu tubuhnya spesialuntuk terdiri dari satu sel. namun, pada makhluk multiseluler menyerupai kita, perlu adanya kerjasama sel. sel-sel tertentu akan mengelompok membentuk suatu kesatuan untuk menjalankan suatu fungsi. Satu sama lain saling mendukung fungsi kerja kelompok lain. Hal ini untuk mempertahankan keseimbangan tubuh.

Tiba-tiba bel istirahat berbunyi .. Teeeeeettttttttt.... teeeeetttttt

Guru: (melihat jam) sudah habis ya jam Saya. Apakah kalian mengerti dengan klarifikasi saya barusan????

Murid-anakdidik bengong kebingungan..

Guru: belum mengerti??? Oke saya jelaskan kembali, jadi....

Murid4: Ibu!!! (sambil mengkode kawan-kawannya) kami sudah mengerti

Guru: benarkah?????

Murid-anakdidik saling memandang satu sama lain dan setuju mengatakan: Iya Ibu, kami sudah mengerti...

Guru: oke kalau begitu, berhubung jam saya sudah habis, maka saya akan tetap mengadakan ujian tes pemahaman ahad depan. Belajar dengan baik ya. Saya akan meminta kalian untuk menandakan uraian detail terkena teori sel yang saya jelaskan barusa. Oke, terima kasih, assalamualaikumwr.wb. selamat diberistirahat.

Murid-anakdidik: waalaikumusalamwarahmatullahiwabarakatuh. Iya ibu. Hati- hati di jalan.

Sekian pola obrolan antara guru-anakdidik. Semoga memmenolong.