Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1

misal Soal Ujian Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1

Bacalah teks di bawah ini.

Toni the Rossi

Suatu sore menjelang malam di pinggiran kota, sebuah sepeda motor melaju sangat kencang. Seorang cowok tanggung berada di belakang kemudi kuda besi itu. Toni Alamsyah nama cowok itu. Dia yakni seorang cowok yang sangat jago mengendarai motor. Tidak jarang ia mengikuti kejuaraan balap motor amatir dan menyabet juara. Karena kehebatannya, kawan-kawan Toni mempersembahkan julukan Toni the Rossi padanya.
“Cepat sekali kamu hadir, Ton,” ujar seorang paman pemilik counter hape, Paman Ijul. Sambil terkekeh, Toni menanggapi Paman Ijul, “Hehehe, gimana tidak cepat? Ada promo diskon hape yang ingin saya beli. Ya eksklusif ngebut ke sini deh.” Paman Ijul spesialuntuk sanggup menggeleng. Ia kemudian mengatakan hape terbaru yang ingin dibeli Toni.
Sesudah mendapat hape yang diinginkan, Toni pamit pulang.  Paman Ijul tidak lupa mengingatkan Toni untuk tidak ngebut di jalan. “Ton, engkau kan sudah sanggup hape yang engkau inginkan, jadi engkau tidakboleh ngebut lagi pas pulang. Bahaya, Ton. Apalagi sudah mulai petang begini,” ujar Paman Ijul. “Ah,  tenang saja Paman. Aku ini kan Toni the Rossi, juara balap empat kali berturut-turut,” ujar Toni sedikit congkak. Paman Ijul menghela nafas, “Haah, terserah engkau deh Ton. Pokonya hati-hati aja.”
Toni pun pulang. Ia melaju dengan kecepatan normal. Namun di tengah jalan, ia berpikir, “Kalau saya hingga lebih cepat, saya punya waktu lebih banyak untuk ngotak-ngatik dan main hape baru. Pasti asyik nih.” Ia pun menambah kecepatan motornya.
Toni melaju dengan kencang. Mobil, motor, bus, dan truk ia balap layaknya balapan di sirkuit. “Hehehe, ini lebih praktis daripada ketika bertanding beneran,” pikir Toni sambil terus menambah kecepatan motornya. Ia tampak sangat percaya diri.
Namun, tragedi tak terduga menimpa Toni. Karena hari sudah petang dan ia melaju dengan kecepatan tinggi, Toni tidak melihat lubang yang ada di depannya. Kecelakaan tunggal tak sanggup terelakkan. Toni terpental. Motornya ringsek. Hape barunya pun rusak.
Kisah Toni the Rossi ini sanggup menjadi pelajaran bagi kita. Toni yang tidak mengindahkan peringatan Paman Ijul alasannya yakni merasa hebat alhasil menderita kecelakaan. Andai saja Toni tidak ngembut di jalan, Ia akan hingga di rumah dengan selamat dan sanggup menikmati hape gres idamannya. Oleh alasannya yakni itu, kita harus menuruti nasehat orang yang lebih bau tanah dari kita apabila nasehatnya baik. Kita juga dihentikan sombong walaupun kita yakni seorang juara.


1. Berikut ini yakni struktur dari teks eksemplum, kecuali . . . .
A. penegasan ulang
B. interpretasi
C. orientasi
D. insiden

2. Insiden yang terdapat pada teks “Toni the Rossi” yakni . . . .
A. Hape gres yang diidam-idamkan Toni sedang diskon.
B. Paman Ijul membuka konter hape hingga malam hari.
C. Toni menjadi juara turnamen amatir empat kali berturut-turut.
D. Toni menderita kecelakaan tunggal alasannya yakni ngebut ketika mengendarai motor.

3. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks Toni the Rossi yakni . . . .
A. Paman Ijul menasehati Toni sebelum Toni pulang.
B. Toni pernah menjuarai turnamen Moto GP.
C. Motor milik Toni yakni motor matic.
D. Toni membeli hape pada siang hari.

4. Kata “melaju” mempunyai arti . . . .
A. berlari
B. berputar arah
C. berjalan dengan cepat
D. mundur dengan perlahan

5. “Toni yang tidak mengindahkan peringatan Paman Ijul alasannya yakni merasa hebat alhasil menderita kecelakaan.”
Pola kalimat tersebut yakni . . . .
A. S-P-O-K
B. S-P-O
C. S-P-K
D. K-S-P

Bacalah teks di bawah ini.
...
Itulah simpulan dari kebohongan Dolby si gembala. Karena Dolby kerap berbohong, orang-orang tidak mempercayainya lagi ketika ia berbicara benar ( ... ) tak ada yang menolong ketika domba-dombanya dimangsa serigala. Agar kita tidak kehilangan kepercayaan orang-orang terdekat kita, kita dihentikan berbohong ibarat Dolby si gembala. melaluiataubersamaini bicara jujur, kekerabatan kita ( ... ) orang lain akan tetap terjaga dan kita akan selalu dipercaya ketika kita berbicara.

Advertisement
6. Penggalan teks tersebut yakni salah satu struktur teks eksemplum yang disebut . . . .
A. Interpetrasi
B. Orientasi
C. Evaluasi
D. Insiden

7. Antonim dari kata “kerap” yakni . . . .
A. selalu
B. sering
C. jarang
D. pernah

8. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks tersebut yakni . . . .
A. Domba Dolby dimangsa harimau.
B. Dolby yakni orang yang tidak jujur.
C. Dolby tidak mempunyai domba pada simpulan kisah.
D. Tidak ada orang yang menolong Dolby ketika ia meminta tolong.

9. Kata hubung yang tepat untuk mengisi bab yang rumpang pada teks tersebut yakni . . . .
A. akan tetapi dan dengan
B. sehingga dan dengan
C. semoga dan akan tetapi
D. semoga dan namun

10. Kata “kita” pada teks tersebut merujuk pada . . . .
A. Dolby si gembala
B. Dolby dan penulis
C. penulis dan pembaca
D. mitra dan tetangga Dolby

Bacalah teks di bawah ini.

Lanjutkan Pendidikan ke Sekolah Menengan Atas atau SMK?

Bagi siswa-siswi SMP, khususnya anakdidik kelas IX, niscaya sudah mempunyai rencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Saat ini ada dua forum pendidikan yang sanggup dipilih oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama untuk melanjutkan pendidikan, yaitu Sekolah Menengan Atas dan SMK. Kedua forum pendidikan tersebut mempunyai kelebihan dan belum sempurnanya masing-masing. Oleh alasannya yakni itu, siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama perlu mengetahui lebih lanjut tentang Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan semoga sanggup melanjutkan pendidikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
SMA mempunyai beberapa kelebihan dan belum sempurnanya kalau dibandingkan dengan SMK. Salah satu kelebihan Sekolah Menengan Atas yakni jurusan di Sekolah Menengan Atas bersifat lebih umum dibanding SMK. Hal tersebut membuat anakdidik Sekolah Menengan Atas lebih bebas menentukan jurusan ketika kuliah sesuai dengan keinginan anakdidik. Namun, alasannya yakni jurusan di Sekolah Menengan Atas bersifat umum, anakdidik Sekolah Menengan Atas tidak menguasai suatu bidang ilmu secara spesifik dan tidak dituntut untuk melaksanakan praktik kerja pada bidang pelajaran yang dipelajari. Hal tersebut membuat anakdidik Sekolah Menengan Atas belum mempunyai keahlian khusus untuk bekerja.
Sama ibarat SMA, Sekolah Menengah kejuruan pun mempunyai kelebihan dan belum sempurnanya. Kelebihan Sekolah Menengah kejuruan yang sangat menonjol kalau dibandingkan dengan Sekolah Menengan Atas yakni anakdidik Sekolah Menengah kejuruan dididik untuk siap menghadapi dunia kerja. Mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah Menengah kejuruan lebih spesifik dibanding dengan mata pelajaran Sekolah Menengan Atas yang umum. Hal tersebut membuat anakdidik Sekolah Menengah kejuruan menguasai suatu bidang secara mendalam, baik dalam teori maupun praktik. Namun, pembelajaran yang serius pada suatu bidang membuat siswa Sekolah Menengah kejuruan tidak leluasa menentukan jurusan ketika ingin melanjutkan pendidikan ke universitas. Karena bidang pelajaran yang dipelajari ketika Sekolah Menengah kejuruan bersifat khusus, pilihan yang “aman” untuk diambil siswa Sekolah Menengah kejuruan cenderung terbatas.
Dari pembagian terstruktur mengenai tersebut sanggup kita lihat bahwa siswa Sekolah Menengan Atas lebih diuntungkan dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi tinggi dan siswa Sekolah Menengah kejuruan lebih diuntungkan dalam menghadapi dunia kerja. melaluiataubersamaini kelebihan dan belum sempurnanya Sekolah Menengan Atas dan SMK, siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama sanggup menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, apakah ingin lebih bebas menentukan jurusan di universitas atau ingin siap kerja dalam satu jurusan tertentu. Apa pun pilihan para siswa-siswi , yang paling penting yakni kesungguhan dalam menjalani pilihan itu. melaluiataubersamaini sungguh-sungguh, tiruana harapan siswa-siswi akan tercapai.


11. Kepantidakboleh dari Sekolah Menengah kejuruan yakni . . . .
A. Sekolah Menuju Kemenangan
B. Sekolah Menengah Kejuruan
C. Sekolah Menengah ke Atas
D. Sekolah Menuju Kerja

12. Struktur yang terdapat pada teks jawaban kritis tersebut yakni . . . .
A. paparan, gawatan, dan leraian
B. orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda
C. evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang
D. latar belakang, rumusan masalah, dan penyelesaian

13. “melaluiataubersamaini sungguh-sungguh, tiruana harapan siswa-siswi akan tercapai.”
Pola kalimat tersebut yakni . . . .
A. K-S-P
B. S-P-K
C. S-P-O
D. S-P-O-K

14. Sinonim kata “jenjang” pada teks tersebut yakni . . . .
A. indah
B. tingkat
C. panjang
D. pendidikan

15. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks tersebut yakni . . .
A. Siswa Sekolah Menengah kejuruan dididik untuk siap kerja.
B. Siswa Sekolah Menengan Atas sanggup melanjutkan kuliah.
C. Siswa Sekolah Menengah kejuruan tidak sanggup melanjutkan kuliah.
D. Siswa Sekolah Menengan Atas tidak mendapat pendidikan khusus untuk bekerja.


Kunci Jawaban:


  1. A
  2. D
  3. A
  4. C
  5. B
  6. A
  7. C
  8. A
  9. B
  10. C
  11. B
  12. C
  13. A
  14. B
  15. C