Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Teks Eksposisi Perihal Ekonomi Terbaru

misal Teks Eksposisi Tentang Ekonomi - Teks eksposisi yakni teks yang di dalamnya mencakupkan beberapa klarifikasi terkena gosip dan pengetahuan tentang suatu topik pembahasan tertentu. Fungsi dari teks eksposisi yakni menyajikan pengetahuan kepada pembaca biar pembaca memahami dan mengerti secara utuh berkenaan dengan gosip yang dijelaskan dalam teks.

Berikut yakni tumpuan teks eksposisi tentang ekonomi :

misal 1:
Globalisasi Ekonomi di Indonesia


Globalisasi perekonomian tak ubahnya sebuah proses kegiatan ekonomi terutama dalam aspek perdagangan dimana seluruh dunia menjadi satu kesatuan pasar tanpa rintangan batas teritorial negara. Dalam pengertian lain yakni adanya keterkaitan bersahabat antara ekonomi nasional dan ekonomi internasional. Banyak sekali produk luar negeri yang sudah menempel dengan masyarakat Indonesia dan produk Indonesia pun juga di ekspor. misal faktual dari imbas globalisasi ekonomi ini yakni adanya pasar bebas. Namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana proses dan berjalannya globalisasi ekonomi. Sehingga pelaku kegiatan ekonomi pada umumnya tidak tahu apa saja manfaat dari globalisasi ekonomi dan kerugian yang harus ditanggung oleh Indonesia tanggapan globalisasi ekonomi.

Adanya pasar bebas tanggapan globalisasi membuat berdampak positif bagi perekonomian di Indonesia. Diantaranya yakni semakin terbukanya pasar produk-produk ekspor (global) ke dalam pasar domestik dan terbukanya peluang pasar produk dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif guna meluaskan jaenteng produk Indonesia. melaluiataubersamaini adanya kegampangan dalam melaksanakan acara ekspor maupun impor, sehingga dengan praktis pula memperoleh barang yang dibutuhkan. Ketika hendak mengetahui terkena gosip perdagangan dunia juga dirasa semakin praktis dikarenakan teknologi gosip dan komunikasi bisnis sudah semakin maju. Akses investasi dari luar negeri juga akan lebih praktis masuk ke Indonesia, contohnya perusahaan absurd sanggup membuat pabrik di Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Indonesia. melaluiataubersamaini adanya hal tersebut, tentu peluang kerja akan terbuka lebar dan secara tidak pribadi akan mengurangi angka pengangguran di Indonesia. melaluiataubersamaini adanya kegiatan acara perekonomian global, secara tidak pribadi juga sanggup memperkenalkan budaya dan pariwisata Indonesia, hal ini sanggup dimanfaatkan dengan adanya pembukaan daerah pariwisata gres dengan memperdayakan masyarakat Indonesia. Selain memmenolong perekonomian masyarakat Indonesia juga sebagai ajang promosi mengenalkan Indonesia kepada masyarakat dunia.

Disisi lain permasalahan lantaran adanya globalisasi ekonomi bersumber dari ketidakpastian ekonomi di Indonesia dalam persaingan pasar yang semakin hari semakin bebas. Diantara dampak negatifnya yakni pertumbuhan dan perdagangan luar negeri cepat berkembang lantaran modal serta teknologi yang dipakai sudah demikian maju. Akibatnya perusahaan dalam negeri akan tertinggal jauh dari produksi yang dihasilkan. Sehingga berdampak pada lambannya produksi di Indonesia yang berdampak pada dominasi produk absurd di dalam negeri. Jika impor lebih tinggi dan tidak sanggup bersaing dengan ekspor tanggapan buruknya pada neraca pembayaran. Ketika hal tersebut terjadi maka keuangan dalam negeri tidak stabil lantaran banyaknya dana mengalir ke luar negeri. Sebaliknya negara yang berpengaruh modalnya akan semakin banyak manfaatnya sehingga kapitalisme akan menguasai sistem perekonomian, sehingga yang lemah semakin terpinggirkan. Kenyataan lain yang harus diterima dari globalisasi ekonomi yakni tenaga absurd yang masuk ke Indonesia lebih dihargai lantaran kualitasnya yang lebih baik dari orang orisinil Indonesia, sebabnya sama saja pengangguran akan bertambah.

Adanya globalisasi di bidang ekonomi membuat prekonomian dunia seakan tanpa tabir yang memisahkan antar negara bahkan benua sekalipun. Maka sebagai masyarakat negara yang peduli akan pertumbuhan ekonomi dalam negeri, kita harus benar-benar bisa memanfaatkan situasi terkini dalam hal ini yakni pasar bebas. Jangan hingga perekonomian kita justru malah jatuh oleh bangsa asing. Salah satu langkah yang sanggup dilakukan yakni dengan memulai peningkatan kualitas sumber daya insan Indonesia biar sanggup membuat produk-produk berkarakter dan berdaya saing di pasar domestik maupun internasional.

Advertisement

misal 2 :
Peran Wirausaha bagi Perkembangan Ekonomi dalam Negeri


Kewirausahaan atau wirausaha yakni kemandirian dalam upaya pemenuhan kebutuhan akan hajat hidup secara mandiri. Wirausaha lebih menekankan pada bagaimana menghadapi risiko atau ketidakpastian. Dewasa ini kesadaran masyarakat untuk mulai berwirausaha mulai tumbuh dan geliatnya semakin terlihat. Hal tersebut sanggup dilihat dari persentasi jumlah karyawan yang mengundurkan diri demi menjalani hidup sebagai wirausahawan, sebagian besar lulusan perguruan tinggi tinggi yang menentukan untuk berwirausaha dari pada menjadi karyawan, mulai mengalirnya dana menolongan untuk perjuangan kecil dan menengah, dan lain sebagainya.

Wirausaha mempunyai banyak tugas dalam hal perkembangan perekonomian yang ada pada suatu negara. Diantaranya ialah sebagai diberikut :

1. melaluiataubersamaini berwirausaha, selain laba pribadi yang dihasilkan juga secara pribadi sanggup memmenolong orang lain biar sanggup lebih produktif. Ketika memutuskan untuk berwirausaha, tentu dalam perjalanannya akan membutuhkan karyawan yang akan memmenolong pekerjaan produksi dan lain sebagainya. Sadat ataupun tidak acara wirausaha secara pribadi dapan mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia.
2. Wirausaha dalam bentuk barang dan jasa bisa meningkatkan PDB (Produk Domestik Bruto) sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Tentunya dengan meningkatnya PDB akan diikuti oleh pendapatan perkapita masyarakat yang meningkat. 
3. Hasil produksi barang atau jasa yang sudah bisa bersaing dengan hasil produksi luar negeri akan berdampak pada meningkatnya seruan ekspor sehingga sanggup pula meningkatkan devisa negara. 
4. Pelaku perjuangan besar dan sukses akan memperbesar investasi dalam negeri, sehingga menambah produksi nasional akan mengurangi dan ketidaktergantungan oleh investor asing.

Dalam merintis perjuangan tentunya tidak terlepas dari kendala dan tantangan. Salah satu diantaranya yakni kurangnya pengetahuan dibidang ini. kebanyakan orang tidak mengenal apa itu kewirausahaan, sehingga tidak tahu akan memulai wirausaha dalam bidang apa, bagaimana prosesnya,  bagaimana mengambil laba dan menanggung risiko. Jika pengetahuan dalam bidang wirausaha minim, maka kreatifitasnya juga terbatas, sehingga tidak bisa berpikir panjang membuat produk yang unik dan diminati oleh masyarakat. namun perlu dipahami bahwa wirausaha yakni suatu upaya yang mempunyai tugas sangat penting dalam meningkatkan perekonomian suatu negara. Namun disamping itu, harus mencurigai kendala dan tantangan yang kemungkinan terjadi baik di awal saat hendak membuka perjuangan atau saat perjuangan sedang berjalan. 

Sumber :
http://informasiana.com/contoh-teks-eksposisi-lengkap-dengan-strukturnya/
https://duniainformasisemasa305.blogspot.com//search?q=