Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Ciri, Dan Cara Menulis Surat Pembaca

Pengertian, Ciri, dan Teknik Menulis Surat Pembaca - Dalam surat kabar terkabar kolom khusus untuk memfasilitasi masyarakat guna mempersembahkan suaranya melalui surat pembaca. Surat pembaca ialah surat yang dikirimkan oleh pembaca (masyarakat) kepada suatu surat kabar yang menyatakan suatu maksud ibarat keluhan, pertanyaan, pujian, himbauan, rasa terimakasih, dan lain-lain. 

Melalui surat pembaca, keluhan ataupun ucapan tertentu yang ingin disampaikan oleh masyarakat yang mungkin tidak mengetahui tempat dimana harus bertanya wacana sesuatu atau tidak pernah mendapat respon saat menanyakannya. Surat pembaca ditulis dalam kalimat yang sangat pendek, pribadi ke pokok permasalahan yang dimaksud.  

Tentu penyunting surat kabar baik online maupun cetak akan mendapat begitu banyak surat pembaca yang dikirmkan oleh pembaca melalui banyak sekali metode yan didiberikan (SMS, email, atau mengisi formulir). melaluiataubersamaini demikian, penyunting akan menyeleksi surat pembaca mana yang akan diterbitkan. Tentu pemilihan ini didasarkan pada kepentingan orang banyak dan bersifat mendesak. 

Surat pembaca mempunyai ciri yang membedakan dengan macam surat lainnya. Ciri dari surat pembaca yaitu:

a. Merupakan surat yang meliputi pesan: keluhan, pujian, himbauan, undangan, dan sebagainya kepada instansi atau orang tertentu. Selain itu, surat pembaca sanggup juga berupa surat akhir yang dikirimkan untuk menjawaban keluhan surat pembaca sebelumnya. 

b. Bersifat umum artinya surat yang boleh dibaca oleh orang banyak, mengingat isi pesan yang disampaikan menghipnotis hajat hidup orang banyak

c. Singkat, padat, dan jelas. Surat pembaca terdiri atas 1-4 paragraf. Isi yang disampaikan dalam surat pembaca pribadi ke pokok pembicaraan.

d. Menggunakan bahasa yang baku, sopan dan komunikatif.  
Advertisement

Fungsi dan manfaat menulis surat pembaca. Menulis surat pembaca mempunyai fungsi dan manfaat antara lain:

• Memmenolong pengirim surat pembaca mendapat jawabanannya. Surat pembaca yang dikirimkan meliputi pertanyaan, keluhan, dan sebagainya yang membutuhkan jawabanan atau tanggapan. melaluiataubersamaini menulis surat pembaca, pengirim surat akan merasa puas akan tanggapan yang dikirimkan oleh pihak terkait.

• Sebagai media mediator (orang ketiga) antara orang pertama (yang mengirim surat) dengan orang kedua (objek yang dituju) 

• Menjadi materi informasi akan suatu hal kepada orang banyak. Hal ini lantaran surat pembaca bersifat public, artinya sanggup dibaca oleh banyak orang. melaluiataubersamaini demikian public menjadi mengetahui akan suatu hal (masalah, pujian, dan sebagainya) yang disampikan.

Format penulisan surat pembaca yaitu sebagai diberikut:

- Judul. Menunjukkan keluhan, pujian, terhadap objek yang dituju. melaluiataubersamaini demikian, penyunting dari surat kabar akan lebih simpel mengatakan surat kepada objek yang tepat.

- Identitas pengirim. Pada cuilan ini pengirim mengungkapkan jati dirinya, mulai dari nama, usia, pekerjaan, contact person. Jangan khawatir, sebagian besar identitas pengirim surat akan dirahasiakan oleh penyunting surat pembaca, ibarat nama dan contact person akan dilindungi dengan tidak dituliskan dalam kolom surat pembaca (atau disensor).

- Isi surat. Merupakan cuilan inti surat yang mengungkapkan maksud dari surat, berupa keluhan atau kebanggaan atau himbauan atau pertanyaan, dan lainnya.  Pada cuilan ini juga disertai impian pengirim surat akan permasalahan yang diungkapkan.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan rujukan surat pembaca diberikut ini:

“ASPAL BOLONG: TIGA ORANG MENINGGAL”

“Saya Intan (23) ingin memdiberitahukan bahwa aspal di kawasan sawit jalan Lintas Sumatera kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan rusak parah. Dalam satu pekan ini sudah memakan lima korban, tiga diantaranya meninggal disebabkan kecelakaan tunggal. Selain itu, lampu penerangan jalan tidak berfungsi, mengakibatkan pengendara susah melihat jalan di malam hari. Mohon segera ditindaklanjuti”. ________08565784xxxx