Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Teks Memperkenalkan Diri Kepada Orang Lain

misal Teks Memperkenalkan Diri Kepada Orang Lain - Ketika kita memasuki lingkungan yang baru, maka hal utama dan yang paling utama yang harus dilakukan ialah melaksanakan perkenalan diri. Mengapa demikian? Mengapa perlu melaksanakan perkenalan diri? 

Di lingkungan yang gres atau dalam suatu forum, semoga sanggup diterima dan dikenal maka diri kita harus “membuka tangan” kepada orang-orang sekitar dengan memperkenalkan diri. Ini ialah hal pertama kita sanggup mengenal satu sama lain sampai kita diterima menjadi salah satu bab kelompok itu. Memperkenalkan diri bahkan sering dilakukan di dalam suatu lembaga meski audience sudah mengenal yang bersangkutan baik secara pribadi ataupun tidak langsung. Hal ini masuk akal dilakukan, untuk memfasilitasi audience lain yang belum terlalu familiar. 

Dalam memperkenalkan diri, kita sanggup menceritakan gosip dasar terkena diri, serta prestasi atau pengalaman yang sudah diraih semoga menginspirasi banyak orang.  Berikut ialah teladan memperkenalkan diri kepada orang lain dalam sebuah pertemuan di lembaga komunitas.

Assalamualaikum wr.wb. Selamat siang tiruananya, 

Perkenalkan, nama Saya Siti Marya Al Maddina, umur saya 19 Tahun, Saya berasal dari Sulawesi Utara, disini saya tinggal di kompleks Sejahtera No.90F Kedamaian, Sriwijaya. Saya ialah anak ke-7 dari sembilan bersaudara. Ayah Saya Pensiunan TNI, dan kini sedang menyebarkan hobinya menjadi bisnis, yaitu bisnis kerikil akik, jadi kawan-kawan yang juga pecinta kerikil akik bisa hubungi aku. Sementara itu, ibu saya ialah penggagas gerakan makan sayur di kompleks PKK. Saya ialah anak tunggal, dulu sempat mempunyai adik, namun meninggal alasannya sakit diare ketika berumur 3 bulan. 

Hobi saya ialah design interior dan juga fashion, ya Saya mempunyai hobi yang sama dengan Ibu. Selain  itu, saya juga suka mengoleksi barang-barang bekas untuk dijadikan barang gres yang lebih berguna. Di lingkungan kompleks perumahan, Saya dan kawan-kawan sering berkumpul di rumah untuk mengolah barang-barang ini, kesannya kami jual dan uangnya kami sumbangkan ke panti asuhan di tempat kompleks kami. 
Advertisement

Pengalaman berharga ketika sekolah menengah atas yaitu ketika saya ke Jerman untuk mewakili sekolah dalam rangka pertukaran pelajar. Alhamdulillah, ketika itu ada aktivitas pertukaran pelajar dari pemerintah pusat, saya dan kawan-kawan memang ingin mengikutinya, namun alasannya adanya seleksi, tidak tiruana akseptor sanggup ikut, dan alhamdulillah Saya yang terpilih. Senang sekali, alasannya itu ialah pengalaman pertama  aku ke luar negeri. Banyak hal yang Saya dapatkan ketika di Jerman yang spesialuntuk sekitar 2 minggu. Saya banyak mengunjungi situs-situs sejarah, budaya, dan kesenian. Meski tergolong negara maju, tetap saja, saya merasa bahwa Indonesia ialah Negera yang lebih baik dan ramah bagi aku. Dua ahad di sana kolam dua tahun rasanya, saya ingin cepat-cepat pulang. Alhamdulilah, kini saya sudah kembali di sini. Tinggal di negara lain dalam kurun waktu yang cukup usang berdasarkan saya akan membuat kita mengerti betapa berhargaya Indonesia. 

Harapan Saya gabung ke komunitas sedekah ini ialah, untuk menambah korelasi dan pengalaman, serta menebar manfaat. Saya ingat pesan ayah kepada aku, “sebaik-baiknya insan ialah bukan yang kaya, cantik, atau pandai, namun sebaik-baik insan ialah yang bermanfaa”. Pesan ayah menjadi aliran hidup bagi aku, jadi apa yang akan saya lakukan saya harus timbang dan pilih, apakah ini baik atau tidak, dan apakah ini bermanfaa atau tidak. Menurut Saya, meski komunitas ini terbilang baru, saya yakin suatu ketika akan mempunyai tangan banyak yang mempunyai visi-misi yang sama dari aneka macam daerah. Saat kita ingin menolong orang lain dan kita tidak bisa maka Tuhan yang akan menolong. Oleh alasannya itu, saya ingin sekali bergabung dengan komunitas ini semoga diri saya lebih bermanfaa lagi bagi orang banyak. Sekian perkenalan dari aku, terima kasih, assalamualaikumwrwb.

Dari teladan teks perkenalan di atas, sanggup kita simpulkan bahwa perkenalan diri tentu penting dilakukan bagi seseorang yang masuk ke lingkungan baru, hal ini semoga orang lain mengetahui latar belakang kita. Perkenalan diri sanggup dilakukan oleh diri sendiri ataupun juga dilakukan oleh orang lain. Sekian semoga bermanfaa.