Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Paragraf Padu Dan Misalnya

Definisi Paragraf Padu dan contohnya - Paragraf yakni rangakaian kalimat yang membentuk suatu gagasan utama. Agar menjadi paragraf yang baik, suatu paragraf harus mempunyai syarat – syarat kelengkapan, kesatuan, dan kepaduan. Pada peluang ini, penulis akan mengulas paragaraf padu.

Paragraf padu ialah paragraf yang kalimat – kalimatnya tersusun atau terjalin dengan logis dan serasi. Untuk membentuk suatu paragraf yang padu, kalimat – kalimat tersebut harus disusun dengan urutan yang logis dan disambungkan dengan kalimat lainnya dengan memakai konjungsi atau kata sambung.

 

Teknik Menyusun Paragraf Padu


1. Mengulang kata atau kelompok kata yang sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya.
2. Menggunakan kata penunjuk “itu”, “ini”, “tersebut”, dan lain-lain dan memakai kata ganti orang.
3. Membangun urut-urutan inspirasi yang logis.
4. Menggunakan kata sambung intra kalimat dan antar kalimat.

Kata sambung intra kalimat yakni konjungsi yang menghubungkan antara kalimat induk dan anak kalimat menyerupai : “karena”, “dan”, “tetapi”, dan lain – lain.

Kata sambung antar kalimat yakni konjungsi yang menghubungkan antara kalimat dalam satu paragraf menyerupai : “oleh karena itu”, “oleh karena itu”, “Namun”, “Terlebih lagi”, dan lain – lain.

Perhatikan pola diberikut! Susunlah kalimat – kalimat diberikut menjadi sebuah paragraf yang padu.

Aku berdiri pulas jam 5 pagi
Aku mengenakan pakaian
Aku merapikan daerah pulas
Aku berangkat sekolah
Aku mandi
Aku sarapan

Hari ini saya berdiri jam 5 pagi. Sesudah berdiri saya merapikan daerah pulasku. Sehabis tiruananya rapih, kemudian saya mandi pagi. Kemudian saya mengenakan seragam sekolahku.  Sesudah itu, saya segera sarapan bersama orang tuaku. Sesudah tiruana siap, saya pun berangkat ke sekolah.

Paragraf di atas sudah padu. Semua gagasan pada kalimat – kalimat di atas tersusun dengan logis dan sesuai urutan. Selain tersusun dengan logis, kalimat – kalimat di atas terjalin dengan memakai konjungsi sehingga terkesan tidak rancu dan yummy dibacanya.
Advertisement

misal – misal Paragraf Padu


misal 1

Jakarta yakni kota yang sangat padat. Populasinya hampir mencapai 30 ribu jiwa penduduk. Kepadatan penduduk ini bukan karena penduduk orisinil Jakarta itu sendiri, melainkan karena penduduk luar yang hadir berbondong – bondong ke Jakarta. Fenomena ini disebut dengan Urbanisasi. Mereka hadir ke Jakarta dengan mimpi – mimpi yang besar. Namun, kebanyakan para penhadir tersebut tidak mempunyai bekal yang berupa kemampuan atau skill sehingga mereka tidak bisa bersaing dan menjadi gelandangan. Akibatnya mereka mendirikan perkampungan kumuh di sudut – sudut kota, contohnya di bawah jembatan, di belantaran kali, di pingir jalan tol, dan lain – lain. Oleh karena itu, ibu kota terlihat sangat padat di seluruh sudut kota.

misal 2

Proses menanam singkong sangatlah praktis dan cepat. Kita spesialuntuk membutuhkan batang singkong dan sebidang tanah. Namun, sebelum ditanam, batang singkong perlu disiapkan terlebih lampau, yaitu batang singkong harus dipotong dengan panjang sekitar 5 cm dengan ujung yang diruncingkan. Sebelum ditanam, potongan batang itu harus didiamkan di daerah yang lembab selama satu ahad untuk menghilangkan getahnya. Selagi menunggu batang singkong mengeluarkan tunas, siapkanlah lahan dengan mengemburkannya terlebih lampau biar oksigen masuk ke dalam tanah. Sesudah batang singkong mengeluarkan tunas dan lahan sudah disiapkan, tanamlah batang singkong dengan jarak 10 cm antar batangnya biar tidak menggangu pertumbuhan umbinya. Kemudian langah selanjutnya yakni mempersembahkan pupuk dan merawatnya. Sesudah berumur 6 bulan singkong sudah siap untuk dipguan.

misal 3

Berenang yakni olahraga yang sangat baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan dikala berenang tiruana otot tubuh bergerak. Akibatnya tubuh menjadi lebih segar dan bugar setelah final berenang. Selain membuat tubuh segar dan bugar, berenang juga bisa menambah ukuran tinggi seseorang. Otot – otot yang bergerak akan meregang, terutama penggalan otot tulang belakang akan memanjang. Oleh karena itu, olahraga renang sangatlah bermanfaa.

Latihan

Susunlah kalimat – kalimat diberikut biar menjadi paragraf padu!

(1) Indonesia tetap melakukannya untuk mempersembahkan imbas jera pada para pengedar narkoba.
(2) Bahkan Brazil dan Australia mengancam akan menarikdanunik duta besarnya dari Indonesia.
(3) Pelaksanaan eksekusi mati gelombang ke dua yang dilakukan oleh Indonesia menerima protes dari beberapa Negara.
(4) Meskipun eksekusi mati sudah diperihal oleh dunia
(5) Mereka tetap melaksanakan eksekusi mati terhadap para pelaku tersebut.
(6) Namun, pemerintah Indonesia tidak terpengaruh dengan aneka macam tekanan tersebut.
(7) Protes – protes tersebut hadir dari Negara – Negara yang masyarakatnya menjadi salah satu tersangka yang akan dihukum menyerupai Brazil. Australia, philipina, dan Perancis.

Kunci jawabanan:

3 – 7 – 2 – 6 – 5 – 4 – 1