Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Paragraf Pembuka & Contohnya

Definisi Paragraf Pembuka & contohnya - Apakah mitra – mitra dikala membaca sebuah teks sering memperhatikan bahwa terdapat beberapa cuilan dalam teks tersebut? Pada umumnya, sebuah teks terdiri dari tiga bagian, yaitu cuilan pembuka, cuilan isi, dan cuilan penutup. Lalu apakah definisi paragraf pembuka itu? Seperti apakah teladan paragraf pembuka? Berikut ialah definisi paragraf pembuka beserta contohnya.

Apakah yang dimaksud dengan paragraf?


Paragraf ialah kumpulan beberapa kalimat yang saling mempunyai terkait dan mmeiliki makna yang padu antara satu kalimat dengan kalimat lainnya. Sebuah kalimat pada umumnya terdiri dari sebuah kalimat utama yang mengandung sebuah ide/ gagasan pokok dan beberapa detail atau kalimat penjelas yang berfungsi menandakan pandangan gres pokok dalam kalimat utama tersebut. Ide pokok dan kalimat penjelas dalam suatu paragraf membuat paragraf tersebut menjadi suatu paragraf yang baik dan menghasilkan keterkaitan dan juga keterpaduan yang baik antara kalimat yang satu dan kalimat lainnnya. Paragraf yang mempunyai koherensi (keterkaitan makna) serta kesatuan yang padu akan megampangkan para pembaca untuk mengerti maksud serta isi dari paragraf tersebut.

Apakah yang dimaksud dengan paragraf pembuka?


Paragraf pembuka ialah paragraf yang mempunyai fungsi untuk mengantarkan para pembaca menuju ke pandangan gres atau topik pembahasan pada sebuah teks bacaan yang terletak pada paragraf cuilan isi. Paragraf pembuka ini terletak pada awal teks atau wacana dan haruslah bisa untuk membuat para pembaca mengerti ihwal pandangan gres atau topik permasalahan apa yang akan dibahas pada cuilan isi sehingga mereka tertarik untuk melanjutkan bacaan ke cuilan isi teks. Pada umumnya, paragraf pembuka ini meliputi ihwal hal – hal umum yang berkaitan dengan topik permasalahan atau pandangan gres yang akan dibahas.

misal Paragraf Pembuka


misal 1

Tekstil dan produk tekstil (TPT) ialah salah satu dari tiga komoditi penopang domestic bruto (PDB). Akan tetapi, pertumbuhannya di pasar domestik justru semakin mengenaskan. Meski kinerja TPT di pasar ekspor terjadi peningkatan, namun di pasar domestik justru terjadi sebaliknya. Pada pasar domestik, konstribusi TPT akan stagnan dan bahkan diprediksi akan tergerus. Penyebab terjadinya hal ini ialah maraknya produk tekstil khususnya garmen selundupan asal China, Bangladesh, Vietnam, bahkan hingga produk asal Eropa.

Penjelasan

Paragraf pembuka tersebut menandakan secara singkat ihwal penurunan pertumbuhan tekstil dan produk tekstil (TPT) di pasar domestik. Dalam paragraf tersebut, pembaca diantarkan untuk memahami terlebih lampau bagaimana keadaan pertumbuhan tekstil dan produk tekstil (TPT) di pasar ekspor dan domestik. Selanjutnya pada paragraf isi, pembaca akan membaca lebih jauh ihwal alasan mengapa pertumbuhan tekstil dan produk tekstil (TPT) sanggup menurun.

misal 2

Riset Universitas Nusa Cendana menunjukkan, mangga kelapa pulau Alor kaya akan vitamin C. Setiap 100 gram daging buah mangga kelapa ini mengandung 31,91 mg vitamin C. Ini artinya kebutuhan vitamin C pada laki – laki dan wanita berakal balig cukup akal sebanyak 60 mg sehari akan sanggup tercukupi spesialuntuk dengan mengonsumsi 200 gram atau seperempat buah mangga alor.

Penjelasan

Paragraf pembuka tersebut menandakan secara singkat ihwal penelitian buah mangga kelapa pulau Alor. Dalam paragraf tersebut, pembaca diantarkan untuk memahami terlebih lampau hasil riset dari Universitas Nusa Cendana bahwa buah mangga kelapa ini mengandung banyak vitamin C. Selanjutnya pada paragraf isi, pembaca akan membaca lebih jauh ihwal keunggulan lain dari buah mangga kelapa ini.

misal 3

Pemerintah sudah mengadakan pertemuan yang mengulas ihwal perubahan iklim memperkirakan pertambahan serius gas rumah beling secara terus – menerus yang menyebabkan pertambahan temperatur/ suhu bumi sebanyak dua hingga tiga derajat celcius pada 2050. Penasehat kesehatan lingkungan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) perwakilan Indonesia, Sharad Adhikary, berkata bahwa peningkatan temperatur/ suhu bumi ini diikuti oleh melelehnya es di kutub dan peningkatan ketinggian air laut.

Penjelasan

Paragraf pembuka tersebut menandakan secara singkat ihwal permasalahan yang terjadi jawaban peningkatan serius gas rumah kaca. Dalam paragraf tersebut, pembaca diantarkan untuk memahami terlebih lampau ihwal pertambahan suhu bumi yang diikuti oleh peningkatan ketinggian air maritim yang diakibatkan oleh melelehnya es di kutub. Selanjutnya pada paragraf isi, pembaca akan membaca lebih jauh ihwal jawaban – jawaban jelek yang sanggup muncul jikalau duduk kasus tersebut tidak segera ditangani secara cepat.

misal 4

Surabaya dan Madura mempunyai ikon baru, yaitu jembatan Suramadu. Jembatan ini menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Madura (di Bangkalan). Jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dikala ini. Jembatan Suramadu ini mulai dibangun pada tanggal 20 Agustus 2003. Total panjang jembatan 5.438 m yang terdiri dari causeway sisi Surabaya 1.458 m dan causeway sisi Madura 1.818 m. Bentang tengah panjang keseluruhan mencapai 2.162 m yang terdiri dari dua pproach Bridge masing – masing sepanjang 672 m dan Main Bridge sepanjang 818 m. Panjang jalan pendekat dari sisi Surabaya mencapai 4,35 km dan dari Madura mencapai 11,50 km.

Penjelasan

Paragraf pembuka tersebut menandakan secara singkat ihwal jembatan Suramadu yang menjadi ikon gres di Surabaya dan Madura. Dalam paragraf tersebut, pembaca diantarkan untuk memahami terlebih lampau ihwal citra umum jembatan yang ialah jembatan terpanjang di Indonesia pada dikala ini. Selanjutnya pada paragraf isi, pembaca akan membaca lebih jauh ihwal proses pembuatan jembatan Suramadu, termasuk pihak – pihak yang ikut berperan dan tantangan dalam pembangunan jembatan ini.

Demikianlah definisi paragraf pembuka beserta contohnya. Semoga klarifikasi tersebut sanggup dipahami dengan baik. Semoga bermanfaa!