Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Paragraf Rumpang & Contohnya

Definisi Paragraf Rumpang & contohnya - Terdapat beberapa jenis soal bahasa Indonesia yang umum dikerjakan oleh para siswa, contohnya menyerupai pilihan ganda, mengisi titik – titik/ isian, dan esai. Dalam soal pilihan ganda atau isian, biasanya akan terdapat soal dimana terdapat sebuah paragraf rumpang. Apakah paragraf rumpang tersebut? Bagaimanakah contohnya? Berikut yaitu definisi paragraf rumpang beserta contohnya.

Sebelum mengetahui klarifikasi dan teladan terkena paragraf rumpang, ada baiknya mitra – mitra mengetahui terlebih lampau definisi dan klarifikasi wacana paragraf.

Apakah yang dimaksud dengan paragraf?


Paragraf ialah kumpulan dari beberapa kalimat yang saling mempunyai keterkaitan dan keterpaduan antara satu kalimat dengan yang lainnya. Pada umumnya, sebuah kalimat terdiri dari sebuah kalimat utama (kalimat pokok) yang mengandung sebuah inspirasi pokok dan beberapa kalimat penjelas yang berfungsi untuk mengambarkan inspirasi pokok atau kalimat utama tersebut. Syarat sebuah paragraf yang baik yaitu adanya inspirasi pokok atau pikiran utama dan juga kalimat penjelasnya. melaluiataubersamaini adanya inspirasi pokok dan juga kalimat penjelas inilah yang sanggup menghasilkan keterkaitan dan juga keterpaduan yang baik antara kalimat yang satu dan kalimat lainnnya sehingga paragraf tersebut mempunyai koherensi (keterkaitan makna) serta kesatuan yang padu.

Apakah yang dimaksud dengan paragraf rumpang?


Paragraf rumpang ialah sebuah paragraf yang mempunyai pecahan – pecahan yang rumpang (kosong) yang biasanya terletak pada beberapa kalimat penjelas. Karena terdapat beberapa pecahan yang rumpang inilah yang menjadikan suatu paragraf tidak memenuhi standar koherensi (keterkaitan makna) serta kesatuan yang padu. Agar koherensi dan kesatuan padu suatu kalimat sanggup tercapai, beberapa pecahan yang rumpang tersebut haruslah diisi dengan pilihan kata yang sempurna sehingga paragraf tersebut sanggup mempunyai makna yang baik dan sanggup dimengerti dengan simpel oleh para pembaca.

misal Paragraf Rumpang beserta Jawabannya


misal 1

Karies, perusakan atau pembusukan pada gigi yang dikenal juga dengan istilah Decay Missing Filling-Teeth/ DMF-T mempunyai rata - rata antara 6,44 dan 7,8 di Indonesia. Sedangkan indeks DMF-1 yang sudah diputuskan oleh WHO (World Health Organization) spesialuntuk berhenti di angka 3,6. Jika tidak (1) ... , penyakit ini sanggup menjadikan nyeri, mengakibatkan infeksi, penanggalan gigi, serta banyak sekali kasus berbahaya, menyerupai kematian. Saat ini karies gigi sudah menjadi penyakit yang (2) ... di seluruh dunia. Perhatian dan permasalahan terkena karies akar sudah meningkat pada sepuluh tahun terakhir ini. Diperkirakan bahwa 90% anak – anak yang berada di usia sekolah di seluruh dunia dan sebagian besar orang dewasa, pernah (3) ... karies. Tingkat penderita tertinggi berada di Amerika Latin dan Asia. Peningkatan terjadinya karies gigi ini banyak dipengaruhi oleh perubahan (4) ... makan. Selain itu, (5) ... masyarakat untuk hadir berobat ke akomodasi – akomodasi layanan kesehatan pun termasuk rendah. Menurut Liza Ramadhani Wiyonoputri, pakar dari Dentist Gallery, 87% masyarakat yang mengeluh sakit gigi tidak hadir untuk berobat sama sekali, atau sekitar 12% masyarakat yang mengeluh sakit gigi hadir berobat ke banyak sekali layanan kesehatan sudah dalam keadaan terlambat.

Jawaban:

1) ditangani
2) tersebar
3) menderita
4) pola
5) kesadaran

misal 2

Sebuah pesawat luar angkasa khusus yang sanggup take off dari bandar udara biasa dan membawa penumpang dari bumi ke luar angkasa dipercaya oleh para ilmuwan sanggup dijadikan penerbangan komersil luar angkasa pertama dalam waktu sepuluh tahun ke depan. Para (1) ... sudah membuatkan sebuah pesawat berjulukan Skylone senilai 700 juta Euro, yang sanggup (2) ... dengan kecepatan 5 kali kecepatan suara. Skylone yang berukuran 270 kaki ini sanggup mengangkut terbaik 24 (3) ... keluar angkasa dan sanggup dijadikan sebuah penerbangan komersil pertama dalam waktu 10 tahun ke depan. (4) ... penerbangan per penumpang diperkirakan seharga 6,3 juta Euro. Skylone, pesawat yang tanpa pilot tersebut, sanggup (5) ... dari bandar udara biasa dan tidak mempunyai roket eksternal maupun mesin dengan hidrogen. Pihak Agensi Luar Angkasa dari Inggis (UK Space Agency) percaya bahwa Skylone sanggup merevolusikan perjalanan angkasa, serta sanggup memotong biaya produksinya secara signifikan dengan kontribusi teknologi terbaru.

Jawaban:

1) ilmuwan
2) terbang
3) penumpang
4) Biaya
5) terbang

misal 3

Zat utama dalam bumbu kunyit sanggup menjadi materi dasar murah untuk mendeteksi ledakan, kata sejumlah peneliti. Molekul kurkumin, yang (1) ... dalam kunyit, dikala ini dikenal berguna untuk (2) ... pasien dengan penyakit Alzheimer, serta mempunyai khasiat anti kanker dan antioksidan. Sebuah hasil (3) .. terbaru yang dipaparkan dalam Konferensi Masyarakat Fisika Amerika menunjukkan zat tersebut sanggup (4) ... cara yang lebih kompleks dalam mendeteksi peledak menyerupai TNT. Ketika mengumpulkan molekul mated materi peledak di udara, perubahan cahaya yang dikeluarkannya sanggup diukur. “Spektroskopi berpijar” atau pengukuan pijaran cahaya itu sudah (5) ... dalam bermacam-macam metode untuk mendeteksi dan menganalisa. melaluiataubersamaini menyinari sejumlah zat kimia sanggup mengakibatkan zat – zat tersebut mengeluarkan kembali cahaya dengan warna yang tidak sama - beda, terkadang dalam periode yang lama. Teknik ini yaitu metode yang sering digunakan, contohnya dalam hiasan atau benda – benda yang sanggup mengeluarkan cahaya di ruangan petang.

Jawaban:

1) terkandung
2) mengobati
3) penelitian
4) menggantikan
5) dilakukan

Demikianlah definisi paragraf rumpang beserta contohnya. Semoga sanggup dipahami dengan baik dan sanggup bermanfaa bagi mitra – kawan. Terima kasih.