Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Detail Klarifikasi Scanning Dan Skimming Dalam Membaca Teks

Detail Penjelasan Scanning dan Skimming dalam Membaca Teks - Membaca yakni suatu acara untuk memahami, menganalisa, dan meresapi apa yang tertuang di dalam sebuah bacaan atau teks, baik yang tersurat maupun yang tersirat. Kegiatan membaca terbagi menjadi 3 macam, yaitu membaca nyaring, membaca dalam hati, dan membaca cepat. Pada artikel kali ini akan mengulas ihwal membaca cepat. Namun, sebelumnya apakah membaca cepat itu ?

Membaca cepat yakni membaca dengan mengutamakan kecepatan dan pemahaman pada teks yang dibaca. Kegiatan membaca cepat ini bertujuan untuk mendapat info yang penting dalam banyak sekali kondisi dikala membaca. Kegiatan membaca cepat sendiri terbagi menjadi dua metode, yaitu membaca scanning, dan membaca skimming. Kedua metode ini bertujuan untuk mendapat info yang terkandung di dalam sebuah teks dalam waktu yang singkat. Namun, apakah yang dimaksud dengan scanning dan skimming ? Berikut ini yakni definisi ihwal kedua metode membaca tersebut.

Scanning

Teknik membaca cepat yang pertama yakni scanning. Scanning yakni metode membaca yang dipakai untuk mendapat suatu  informasi atau fakta yang diinginkan dalam waktu yang sangat cepat. Teknik ini dilakukan dengan cara memindai kata – kata atau kata kunci yang sedang dicari. Oleh alasannya yakni itu, membaca scanning tidak perlu membaca isi keseluruhan teks, tetapi spesialuntuk pribadi mencari inti atau info yang akan kita cari. 

contohnya yakni Jika kita mencari manfaat dari buah alpukat di dalam teks eksposisi, maka mata kita akan bergerak dengan cepat dan memindai teks tersebut tanpa membacanya untuk mencari kata kunci manfaat. Sesudah ditemukan, barulah kita membacanya dan memahami info yang kita cari tersebut.

Di dalam kehidupan sehari – hari, kemampuan membaca scanning ini dipakai untuk melihat jadwal, mencari kata dalam engkaus, melihat grafik, mencari nomor telepon di buku telepon, mencari info di dalam tabel, dan masih banyak lagi.. 

Langkah – Langkah Membaca Scanning

1. Pikirkan info apa yang akan Anda cari.
2. Antisipasi dengan cara memakai kata kunci, sub judul, atau poin – poin, menyerupai nomor, alfabet, dan lain – lain. misal, Jika Anda sedang mencari sebuah kata tertentu pada engkaus, maka Anda bisa lebih sensitive dengan aksara huruf pertama pada kata yang Anda cari.
3. Gerakan mata Anda dengan sangat cepat dengan cara memindainya tanpa membaca teks tersebut.
4. Sesudah menemukan kata kucil atau poin yang Anda cari, maka hentikan gerakan mata Anda dan pahamilah info tersebut. 


Advertisement
Skimming

Teknik membaca cepat yang selanjutnya yakni Skimming. Skimming yakni metode membaca dengan sangat cepat untuk mencari wangsit pokok atau keseluruhan isi teks. Membaca Skimming sanggup dikatakan berhasil bila pembaca sanggup mengetahui isi atau tema keseluruhan teks tersebut dalam waktu yang singkat.

Membaca skimming tidak sama dengan scanning. Pada membaca scanning, kita spesialuntuk berserius pada satu info yang kita cari. Sedangkan, pada skimming, kita memahami keseluruhan teks tersebut dengan spesialuntuk menemukan dan memahami wangsit – wangsit pokoknya saja. 

Oleh alasannya yakni itu, dengan memahami wangsit – wangsit pokoknya saja, pembaca bisa membayangkan apa yang sedang dibahas dalam teks tersebut. Oleh alasannya yakni itu, dalam membaca skimming, perlu koordinasi yang baik dengan otak kita. Di dalam otak kita akan timbul pertanyaan – pertanyaan, menganalisa, membandingkan dan membuat kesimpulan.

Teknik Membaca Skimming

1. Membaca judul
2. Baca dengan teliti paragraf penlampauan.
3. Kemudian baca pada paragraf selanjutnya baca kalimat utamanya saja yang sanggup terletak di awal maupun simpulan kalimat.
4. Jika ada gambar, grafik, atau kata – kata yang bercetak tebal dan miring, pahamilah apa info yang terkandung di dalam paragraf tersebut.
5. Bacalah dengan teliti paragraf simpulan yang ialah kesimpulan dari sebuah teks tersebut.