Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Pola Intisari Sebuah Buku

Pengertian dan misal Intisari Sebuah Buku - Intisari buku ialah sebuah acara menulis yang bertujuan untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada pembaca dengan cara menulis kembali atau merangkum sebuah buku secara ringkas. Hal ini dilakukan untuk megampangkan para pembaca mendapatkan informasi yang terkandung di dalam sebuah buku. 

Menulis inti sari buku sangat bermanfaa, diantaranya ialah sanggup dijadikan rujukan untuk menemukan suatu bacaan yang bagus, sanggup megampangkan pembaca mendapatkan informasi, khususnya bagi para pembaca yang tidak suka membaca buku – buku yang sangat tebal, dan sanggup juga dijadikan sebagai sumber acuan saat menulis karya ilmiah.

Teknik Menulis Inti Sari Buku

Dalam menulis sebuah intisari buku, diberikut ini ialah bagaian – pecahan yang harus dituliskan :

1. Judul Buku

2. Identitas Buku

Penulis
Penerbit
Kota terbit
Jenis buku
Tahun :

3. Intisari buku

Dalam pecahan ini, mengandung inti pokok pembahasan dari buku tersebut. Hal ini sanggup dilakukan dengan cara meringkas hal – hal yang dianggap penting pada setiap pecahan yang kemudian disimpulkan pada pecahan akhir.


misal Intisari Buku


Judul buku 
Judul orisinil dalam Bahasa Inggris : 
Dealing with People You Can’t Stand 

Judul dalam bahsa Indonesia :
Bagaimana Menjinakkan Orang – orang yang menjengkelkan

Identitas Buku

Penulis        : Dr. Rick Brinkman dan Dr. Rick Kirschner
Penerbit      : PT Gramedia Pustaka Utama 
Kota Terbit : Jakarta
Jenis Buku  : Pengembangan Diri
Tahun          : 2005
Advertisement

Intisari Buku

Buku ini mengulas wacana orang – orang yang menjengkelkan yang biasa kita temui di kehidupan aktual dan bagaimana cara mengatasi mereka. Dalam buku ini, Dr Rick Brinkman dan Dr. Rick Kirschner mengelompokkan 10 jenis orang yang tidak disukai di dunia ini, diantaranya ialah :

Si Tank

Si Tank ialah orang – orang yang mempunyai temperamental tinggi dan praktis marah.

Si Penembak Jitu

Orang macam ini ialah orang – orang yang suka menjatuhkan orang lain dengan cara berkomentar agresif dan Koreksi yang sangat tajam.

Si Granat

Orang macam ini ialah orang yang tidak sanggup mengendalikan emosi dengan baik, sehingga mereka sanggup murka dan tenang datang – tiba.

Si Tahu Segalanya

Orang jenis ini ialah orang yang tidak sanggup mentolerir kesalahan dan tidak mendapatkan masukan atau Koreksi dari orang lain. Tetapi kalau ada kesalahan, mereka akan mencari kambing hitamnya.

Yang Mengira Tahu Segalanya

Orang jenis ini ialah orang – orang  yang merasa bahwa dirinya tahu segalanya. Padahal, mereka tidak mengetahui apapun dan sering membohongi orang untuk menutupi ketidaktahuannya.

Yang Selalu Berkata Ya

Orang jenis ini ialah orang – orang yang tidak  tahan akan konfrontasi, sehingga mereka cenderung menyampaikan iya. Meskipun mereka tidak menyukainya, sehingga tak jarang mereka mengingkari apa yang mereka katakan.

Yang Selalu Berkata Mungkin

Orang – orang jenis ini tidak sanggup mengambil keputusan. Mereka akan selalu berkata mungkin dan menunda – nunda apa yang harus dikerjakannya.

Orang yang Kosong

Orang – orang jenis ini sangat pasif sekali. Mereka tidak tertarik terlibat di dalam suatu diskusi, sehingga mereka akan selalu diam.

Orang yang Negatif

Orang – orang macam ini ialah orang – orang yang selalu berpikiran negatif, sehingga mereka sering sekali tidak yakin akan apa yang sedang dilakukannya.

Si Tukang Mengeluh

Si tukang mengeluh ialah orang – orang yang menganggap dirinya tidak berdaya. Mereka selalu mengeluh dan merasa tidak mendapatkan apa yang sudah terjadi dengan mereka. 

Untuk menghadapi orang – orang yang menjengkelkan di atas, Dr. Rick Rinkman dan Dr. Rick Kirschner mengajukan beberapa cara untuk mengatasi orang – orang tersebut, diantaranya ialah :

Menghadapi orang – orang menyerupai Si Tank yang sanggup Anda lakukan ialah bertahan dari serangan mereka, menyela serangan mereka, mencari inti permasalahan dan mengembalikannya kepada orang tersebut, atau berdamai secara terhormat.

Menghadapi orang – orang menyerupai Si Penembak Jitu diantaranya ialah sanggup menggunakan seni administrasi untuk menghadapi Si Tank, Mencari sumber keluhan, atau memdiberi masukan yang baik.

Menghadapi orang – orang yang tahu segalanya ialah dengan cara mempersiapkan dengan baik segala sesuatunya, membaur dengan kerugian dan keinginan mereka, atau sampaikan pandangan Anda secara langsung.

Menghadapi orang yang mengira sudah mengetahui segalanya sanggup dengan cara mempersembahkan orang tersebut sedikit perhatian, meminta klarifikasi secara spesifik, katakan apa adanya, dan diberikan orang itu peluang.

Untuk menghadapi Si Granat, yang sanggup dilakukan ialah dengan mendapatkan perhatian orang tersebut, membidik hatinya, atau mengurangi intensitas bertemu mereka.

Menghadapi orang yang selalu berkata ya ialah membuat orang tersebut merasa kondusif dengan berkata jujur, memmenolong orang tersebut untuk berguru merencanakan, pastikan ada komitmen, dan perkokoh kekerabatan dengan mereka. 

Menghadapi orang yang selalu berkata mungkin ialah dengan cara membuat zona nyaman, menggunakan sistem pengambilan keputusan, dan memperkokoh kekerabatan dengan mereka.

Menghadapi orang yang kosong sanggup dilakukan dengan cara memdiberinya waktu yang cukup, 
mengajukan pertanyaan terbuka dengan penuh pengharapan, meentengkan sedikti situasinya, dan mengira mereka.

Menghadapi orang yang negatif sanggup dilakukan dengan cara mengikuti ajaran mereka, mengakibatkan orang tersebut sebagai sumber, mengakui niat baik orang tersebut.

Menghadapi orang yang suka mengeluh sanggup dilakukan dengan cara mendengarkan pokok permasalah mereka, menyela dan meminta klarifikasi yang spesifik, dan menggeser serius kepada penyelesaiannya.  

Secara keseluruhan, buku ini memmenolong para pembacanya untuk mengenali aneka macam macam tipe insan menjengkelkan yang sanggup mereka temui di dunia nyata. Buku ini juga mempersembahkan kita pengetahun untuk menghadapi orang – orang tersebut.

Demikianlah intisari buku ini, biar sanggup bermanfaa.