Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Pola Kalimat Utama Yaitu (Penjelasan Lengkap)

Pengertian dan misal Kalimat Utama Adalah (Penjelasan Lengkap) - Kalimat utama yaitu kalimat yang meliputi gagasan utama atau topik yang sedang didiskusikan di dalam sebuah paragraf. Kalimat utama biasanya ialah sebuah kalimat utuh dan  bersifat umum. Kalimat ini didukung oleh kalimat-kalimat penjelas yang berupa data, contoh, dan pembagian terstruktur mengenai sehingga terbentuk suatu paragraf yang utuh.

Di dalam sebuah paragraf, kalimat utama terletak di awal, simpulan dan ada juga yang terletak di awal dan simpulan sebuah paragraf. Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf disebut dengan paragraf deduktif, kalimat utama yang terletak di simpulan paragraf disebut dengan paragraf induktif, sedangkan kalimat utama yang terletak di awal dan simpulan disebut juga dengan paragraf campuran.

Menentukan Kalimat utama di dalam sebuah paragraf:

1. Bacalah paragraf tersebut dengan seksama.
2. Carilah topik atau duduk kasus yang sedang didskusikan di dalam paragraf
3. Temukan Kalimat yang bersifat umum atau yang berupa kesimpulan.

Agar lebih jelas, diberikut ini yaitu contoh-contoh kalimat utama di dalam sebuah paragraf.

Paragraf 1


Rumah Ani ialah rumah yang sangat glamor dan luas. Dia mempunyai sebuah taman bunga di halaman depan dan bak ikan yang luas di halaman belakang. Rumahnya mempunyai 3 lantai dengan banyak ruangan. Dinding-dinding rumah di bab dalam dihiasi oleh ornament-ornamen cantik. Lantainya terbuat dari marmer yang sangat berkilau. Rumahnya dipenuhi oleh barang-barang yang berkelas. Semua pintu rumahnya terbuat dari kayu jati yang sangat mahal. Meja, dingklik dan furniture lainnya buatan luar negeri dari bahan-bahan yang berkarakter dan juga sangat mahal.

Kalimat utama pada paragraf di atas terdapat di awal paragraf yaitu Rumah Ani ialah rumah yang sangat glamor dan luas sedangkan kalimat lainnya ialah kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama. Oleh alasannya yaitu itu paragraf ini disebut dengan paragraf deduktif.

Paragraf 2


Pada kala globalisasi ketika ini. Dunia kerja menjadi semakin kompetitif dan susah.  Seseorang yang mempunyai soft skill bisa bebricara Bahasa Inggris mempunyai peluang yang lebih besar untuk sanggup diterima di daerah kerja. Sebaliknya, orang yang tidak mempunyai kemampuan Bahasa Inggris mempunyai peluang yang sangat kecil alasannya yaitu para pencari tenaga kerja lebih menentukan karyawan yang berkarakter dan siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri. Itulah mengapa Bahasa Inggris sangat diharapkan untuk menambah daya saing di dalam dunia kerja.

Kalimat utama pada paragraf di atas terdapat di simpulan paragraf yaitu Itulah mengapa Bahasa Inggris sangat diharapkan untuk menambah daya saing di dalam dunia kerja. Kalimat ini ialah simpulan dari kalimat-kalimat penjelas di atasnya. Paragraf ini disebut juga dengan paragraf induktif alasannya yaitu kalimat utamanya terletak di simpulan paragraf.

Paragraf 3


Manusia yaitu makhluk sosial. Kita tidak bisa melaksanakan acara apapun tanpa menolongan orang lain. Dimulai semenjak kita dilahirkan di dunia ini bahkan hingga meninggal pun kita masih membutuhkan orang lain. Kita sangat membutuhkan pemberian orang lain di dalam segala aspek kehidupan pola yang sederhana yaitu kita memerlukan petani untuk makan. Hal ini tidak bisa dipungkiri lagi alasannya yaitu memang begitu adanya semenjak awal kehidupan di muka bumi ini.  Oleh alasannya yaitu itu insan tidak akan bisa hidup tanpa menolongan orang lain. 

Kalimat utama di dalam paragraf di atas yaitu Manusia yaitu makhluk sosial dan Oleh alasannya yaitu itu insan tidak akan bisa hidup tanpa menolongan orang lain. Paragraf tersebut mempunyai 2 buah kalimat utama dimana kalimat utama yang terletak di awal paragraf sebagai kalimat utama yang memperkenalkan topik yang akan di bahas dan yang terletak di simpulan ialah penegasan kembali kalimat utama yang disampaikan di awal paragraf. Paragraf ini disebut dengan paragraf campuran.


Advertisement

Latihan


Temukanlah kalimat utama di dalam paragraf-paragraf diberikut ini!

Paragraf 1


Andi yaitu anak yang sangat baik. Dia selalu memmenolong orang lain tanpa pamrih. Andi tidak pernah berbuat berangasan kepada orang-orang disekitarnya. Dia bahkan di sukai oleh tiruana kawannya. Apabila ia melihat kawannya sedang mengalami masalah, ia yaitu orang pertama yang menolongnya. Andi niscaya akan sangat bahagia melaksanakan itu.

Paragraf 2


Udara di sekolahku sangatlah segar. Lingkungannya juga membersihkan dan hampir tidak ada sampah yang berserakan. Pohon-pohon yang rindang terawat dan terjaga dengn baik. Motor dan kendaraan beroda empat terparkir dengan rapi di halaman parkir. Di sana juga terdapat taman bunga yang sangat indah yang memanjakan mata para penghuni sekolah. Itulah mengapa sekolah ku ialah sekolah yang hijau dan membersihkan.

Paragraf 3

Olahraga sangat penting bagi badan kita. melaluiataubersamaini olahraga yang teratur sanggup menghindarkan kita dari banyak sekali macam penyakit ibarat jantung, stroke dan masih banyak lagi. Namun olahraga yang berlebihan juga tidak bagus untuk badan kita alasannya yaitu akan menjadikan kita kelelahan. Olahraga juga akan memperabukan lemak-lemak yang terkumpul di dalam badan sehingga bagus untuk orang yang mengalami obesitsas. Bagi yang menginginkan bentuk badan yang bagus, oalahraga yang teratur dan asupn vitamin yang cukup akan membentuk masa otot. Olehkarena itu badan kita sangat memerlukan olahraga.

Kunci jawabanan

Paragraf 1
Andi yaitu anak yang sangat baik

Paragraf 2
Itulah mengapa sekolah ku ialah sekolah yang hijau dan membersihkan.

Paragraf 3
Olahraga sangat penting bagi badan kita.
Olehkarena itu badan kita sangat memerlukan olahraga.