Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Membaca Dan Memindai Teks

Pengertian Membaca dan Memindai Teks - Membaca dan memindai, atau dalam bahasa Inggris disebut scanning, yaitu cara membaca yang dipakai untuk mencari bahan, data, atau kata yang ingin kita ketahui secara cepat. Membaca memindai yaitu cara membaca cepat dari atas hingga bawah halaman tanpa memperhatikan arti kalimat yang terkandung dalam baris-baris atau paragraf pada teks atau bacaan tertentu hingga tujuannya tercapai yaitu menemukan kata atau kepingan kata kalam satu goresan pena yang panjang.

Membaca memindai ini dilakukan dengan cara membaca dari atas ke bawah, namun sentra pandangan dihentikan berpindah-pindah. Usahakan untuk selalu terpusat ditengah-tengah teks ata pada bab teks yang sedang dicari. Anda sanggup melebarkan sudut pandangan sehingga Anda sanggup melihat tiruana kata dihalaman mulai dari kiri hingga yang paling kanan. melaluiataubersamaini cara itu, Anda sanggup membaca seluruh baris kalimat dalam waktu singkat. Pertama, Kita tentukan terlebih lampau kata apa yang akan kita cari dari suatu sumber bacaan tersebut. Kemudian, kita mulai membaca dari baris yang paling atas hingga yang paling bawah. Sesudah menemukan kata yang dicari, maka kita tandai kata tersebut dan jikalau perlu atau penting, bias kita catat nomor halaman atau pada paragraf keberapa sehingga kita sanggup dengan praktis menemukannya kembali. 

Sebelum kita mencari kata yang kita tuju, perlu kita lakukan investigasi dengan memperhatikan judul buku, kemudian pikirkan kata kunci dari apa yang kita cari. Sesudah itu, cobalah mencarinya dalam daftar “index” yang biasanya diletakkan dilampirang belakang buku. Carilah sesuai abjad. Misalnya kita ingin mencari kata “reboisasi”, maka kita sanggup eksklusif mengarah pada huruf “R” dalam daftar index. Jika ada dalam daftar index nya, maka eksklusif lihat nomor halamannya dan buka halaman tersebut. melaluiataubersamaini mengunakan daftar Index, waktu yang kita butuhkan spesialuntuk kurang dari 15 detik untuk satu halaman, namun ini juga tergantung pada banyaknya jumlah halaman yang ditunjukkan dalam indeks.

Advertisement
Teknik Kerja Membaca Memindai:

1. Ketahui apa yang harus Anda cari. Tetapkan satu kata atau kepingan kata untuk menjadi kata kunci.
2. Carilah halaman dimana anda sanggup menemukan kata kunci tersebut, gunakan indeks yang ada dihalaman lampiran belakang buku. 
3. Persempit jangkauan pencarian jikalau kata kunci tidak ada di indeks. Periksa juga kesesuaian dengan daftar isi dan topic yang kita cari.
4. Baca dan pindai halaman yang di temukan dan jikalau ditemukan kata kunci yang dimaksud, baca satu kalimat atau satu paragraf kawasan kata kunci tersebut berada.

Hal-Hal yang sanggup memperlambat dalam membaca memindai:

• Pandangan mata yang mengikuti kata perkata, dari kiri kekanan. 
• Membaca keras dengan mengeluarkan suara. Dalam membaca cukup gunakan pandangan per baris. Gunakan juga otak dan pikiran untuk menelaah kata-kata yang ditangkap.
• Membaca dengan lisan yang komat-kamit. Meskipun tidak bersuara, lisan yang komat-kamit sanggup mengganggu proses membaca dan memindai. 
• Membaca dengan memakai penunjuk. Membaca dengan memakai alat penunjuk ini sanggup mengganggu dalam membaca cepat
• Tergerak untuk membca keseluruhan isi bacaan. Meskipun topik teks yang Anda baca menarikdanunik, kontrol diri Anda untuk tidak membacanya. Tetaplah serius untuk melalukan scanning saja sehingga Anda tidak banyak termembuang. Catat halaman, paragraph, dan baris dimana kata kunci yang Anda cari ditemukan sehingga Anda sanggup dengan praktis menemukannya lagi.