Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Serta Rujukan Paragraf Eksposisi Proses, Definisi, Dan Ilustrasi

Pengertian Serta misal Paragraf Eksposisi Proses, Definisi, dan Ilustrasi - Apa yang dimaksud dengan paragra eksposisi? Lihat klarifikasi lengkapnya di bawah ini.

Definisi Paragraf Eksposisi

Eksposisi berasa dari kata expose yang berarti memaparkan suatu hal. Kaprikornus paragraf eksposisi ialah suatu paragraf yang mengandung penjelasan-penjelasan, gosip atau pengetahunan terkena suatu topik tertentu yang dipaparkan dalam bentuk tulisan. Paragraf ini berfungsi untuk mempersembahkan mempersembahkan gosip atau pengetahuan kepada para pembacanya sehingga mereka mendapat gosip atau pengetahuan sejelas-jelasnya.

Ciri-ciri paragraf eksposisi

Berikut ini ialah ciri-ciri yang dimiliki oleh paragraf eksposisi

1. Di dalam paragraf eksposisi terdapat definisi atau pengertian terkena istilah dari suatu topik pembahasan.
2. Paragaf eksposisi bersifat informative. melaluiataubersamaini kata lain, paragraf ini bisa mempersembahkan gosip kepada para pembacanya.
3. Karena tujuan utamanya yang untuk mempersembahkan informasi, paragraf eksposisi bersifat obyektif dan netral. Paragraf ini  tidak mempunyai unsur yang bersifat mengajak atau mempengaruhi pembacanya.
4. Agar klarifikasi atau gosip yang disampaikan besar lengan berkuasa dan terpercaya, tidak jarang paragaf ini menyertai data-data yang akurat di dalamnya.
5. Paragraf eksposisi yang baik sanggup menjawaban pertanyaan-pertanyaan apa, mengapa, siapa, di mana, kapan dan bagaimana.

Jenis-jenis paragraf eksposisi

Paragraf eksposisi sanggup dikembangkan menjadi beberapa jenis paragraf. Diantaranya adalah:

Eksposisi definisi
Eksposisi proses
Eksposisi klasifikasi
Eksposisi gambaran (contoh)
Eksposisi perbandingan & perperihalan, dan
Eksposisi laporan

Kali ini kita akan mengulas wacana eksposisi definisi, proses dan ilustarsi.

1. Eksposisi Definisi

Eksposisi definisi ialah suatu paragraf eksposisi yang memaparkan definisi suatu topik tertentu. Definisi yang disampakan tidak spesialuntuk sebatas pengertiannya saja tetapi mencakup beberapa aspek tiruana hal wacana topik tersebut supaya pembaca mendapat gosip dengan sangat jelas.

misal paragraf definisi:

Paragraf 1

Jahe (Zingiber officinale), ialah tumbuhan rimpang yang sangat populer. Jahe biasa digunakan sebagai materi kuliner atau penyedap rasa alami. Selain bisa digunakan sebagai rempah-rempah, tumbuhan ini juga bisa mengobati beberapa penyakit menyerupai batuk, gerah dalam dan masih banyak lagi. Tanaman jahe mempunyai tinggi sekitar 30 hingga 100 cm. Daunnya berbentuk menyirip dengan panjang sekitar 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Jahe mempunyai rimpang atau akar berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Akar inilah yang diambil dan dimanfaatkan sebagai jahe. Rasa secara umum dikuasai pedas dan hangat pada jahe disebabkan oleh senyawa keton yang berjulukan zingeron. Terdapat 3 jenis jahe yang sangat popular di pamasukan yaitu, jahe gajah, jahe kuning dan jahe merah.

Paragraf 2

Majas ialah gaya bahasa yang digunakan di dalm suatu goresan pena atau perkataan ekspresi untuk membuat efek-efek tertentu sehingga bahasa tersebut menjadi lebih hidup. Penggunaan majas banyak kita temui di dalam tulisan-tulisan menyerupai buku cerita, karangan dan lain-lain. Majas bisa menjadi suatu ciri khas atau gaya seorang pengarang dalam menuagnkan ide-idenya dalam bentuk tulisan. Di dalam penerapannya majas dikelompokan menjadi 3 kelompok majas, yaitu majas perbandingan, perperihalan, penegasan dan sindirian.

Advertisement


2. Eksposisi Proses

Proses ialah langkah-langkah atau cara melaksanakan sesuatu dari awal hingga akhir. Kaprikornus eksposisi proses ialah paragaf yang memaparkan suatu proses atau langkah-langkah suatu topik secara terperinci dan urut. Pada umumnya paragraf eksposisi proses memaparkan wacana proses terjadinya suatu hal, cara membuat atau cara penerapan sesuatu.  

misal paragraf eksposisi proses:

Paragraf 1

Oksigen yang kita hirup ini ialah hasil dari proses photosynthesis pada tumbuhan. Proses ini terjadi di dalam daun. Pertama-tama flora akan mengumpulkan 3 materi utama dalam proses ini yaitu, karbon dioksida (CO2), sinar matahari dan air. Karbon dioksida (CO2) di udara bebas diserap melalui stomata yaitu alat pernafasan flora di daun, sinar matahari diserap oleh chlorophyll, zat hijau daun dan air diangkut dari dalam akar menuju daun oleh pembuluh xylem. Sesudah tiruana materi terkumpul barulah proses ini dimulai. Air (H2O) dan Karbon dioksida (CO2) akan dipecah oleh menolongan sinar matahari sehingga menghasilkan glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2). Glukosa inilah yang digunakan oleh flora sebagai kuliner mereka sedangkan oksigen dilepaskan kembali ke udara.

Paragraf 2

Teh sangat baik untuk kesehatan insan lantaran teh mengandung beberapa senyawa yang baik. Teknik pembuatannya pun cukup gampang. Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengumpulkan alat dan materi menyerupai gelas, air gerah, sendok, teh bisa abu atau teh celup dan gula secukupnya. Sesudah tiruana materi dan alat terkumpul, masukan teh abu atau celup ke dalam gelas kemudian siram dengan air gerah. Kemudian menambahkan gula sesuai selera Anda. Sesudah mencampur gula, kemudian aduk-aduklah memakai sendok hingga larut. Jika Anda memakai teh celup, tidakboleh terlalu usang merendamnya di dalam air. Angkat segera jikalau air sudah berwarna coklat lantaran akan sangat berbahaya bagi tubuh. Apabila teh sudah jadi, minumlah selagi hangat.

3. Eksposisi Ilustrasi

Eksposisi gambaran memaparkan penjelasan-penjelasan atau gosip tertentu dengan cara mempersembahkan citra sederhana terkena suatu topik dengan topik lainnya yang mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal tertentu. Meskipun mempunyai 2 hal yang sedang dibicarakan, paragaraf ini tidak membandingkan namun spesialuntuk mengasosiasikan atau menghubungkan kesamaan mereka.

misal eksposisi ilustrasi:

Paragraf 1

Organisasi membutuhkan kerjasama yang besar lengan berkuasa supaya bisa berjalan dengan baik. Seperti layaknya sebuah kendaraan beroda empat yang bergerak dikarenakan mesin kendaraan beroda empat dan komponen-komponen lainnya yang berkerjasama. Organisasi juga membutuhkan komponen-komponen menyerupai ketua organisasi, wakil ketua, sekretaris, bendahara, humas dan anggota kelompok. Mereka inilah yang menggerakkan organisasi. Seperti pada sebuah kendaraan beroda empat jikalau satu saja tidak ada atau rusak, akan menghambat jalannya kendaraan beroda empat bahkan tidak bisa jalan sama sekali. Begitu pula dengan organisasi, tiruana pihak mempunyai fungsi dan kiprah tertentu yang akan menggangu jalannya organisasi jikalau salah satu dari mereka tidak ada atau tidak bekerja. Bahkan potongan yang paling kecil menyerupai anggota pun sangat penting kedudukannya di dalam organisasi.

Paragraf 2

Hubungan persaudaraan sangatlah kuat. Sama halnya dengan sebuah badan yang akan mencicipi sakit walaupun spesialuntuk potongan kakinya saja yang terluka, seluruh anggota keluarga juga akan mencicipi apa yang dirasakan oleh anggota keluarga lainnya lantaran kekerabatan persaudaraan ialah ikatan yang paing kuat. Bahkan Persaudaraan yang besar lengan berkuasa akan mengalahkan perkumpulan atau komunitas apapun di dunia ini lantaran keluarga ialah suatu kesatuan utuh.