Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Lengkap Ihwal Pengumuman, Cara Membuat, Dan Contohnya

Salah satu bentuk teks singkat dalam bahasa Indonesia yaitu pengumuman. Teks pengumuman biasanya tertulis atau diumumkan secara singkat dengan mengacu pribadi kepada poin – poin isinya. Teks pengumuman juga memakai bahasa yang simpel dimengerti oleh orang banyak (khalayak ramai). Untuk lebih jelasnya, diberikut yaitu klarifikasi lengkap wacana pengumuman, cara membuat dan contohnya.

A. Pengertian Teks Pengumuman


Apakah teks pengumuman itu? Pengumuman yaitu sebuah teks yang ditulis, dicetak, atau diucapkan secara ekspresi yang meliputi informasi yang mengumumkan wacana sesuatu yang terjadi atau yang akan terjadi.

Tujuan dari teks pengumuman yaitu mempersembahkan informasi kepada orang banyak / masyarakat wacana sebuah hal yang sedang atau akan terjadi.

B. Struktur Teks Pengumuman


Pada umumnya sebuah teks pengumuman mempunyai beberapa bab sebagai struktur teksnya yaitu sebagai diberikut:
• Judul 
(Tema atau nama dari program atau sebuah hal yang diumumkan)
• Tanggal dan waktu
(Keterangan hari, tanggal, dan waktu kegiatan, acara, atau suatu hal yang akan digelar)
• Tempat
(Keterangan nama dan almat daerah kegiatan, acara, atau hal  yang akan dilaksanakan)
• Contact Person
(Keterangan nama orang, nomor telepon, atau alamat yang sanggup dihubungi)

C. Jenis Teks Pengumuman


• Teks Pengumuman lowongan pekerjaan
• Teks Pengumuman pemenang suatu kompetisi
• Teks Pengumuman kegiatan/ acara
• Teks Pengumuman produk baru
• Teks Pengumuman peresmian/ pernikahan/ kelahiran
• Teks Pengumuman orang/ barang hilang
• Teks Pengumuman diberita duka
• dan sebagainya...

D. Teknik Membuat Teks Pengumuman


Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat teks pengumuman bentuk tertulis dan lisan. Dalam teks pengumuman tertulis, judul atau jenis peristiwa, tanggal / waktu, daerah (place), dan orang / alamat yang sanggup dihubungi haruslah diperhatikan.

Sedangkan dalam membuat atau memberikan pengumuman dalam bentuk lisan, hal – hal yang harus diperhatikan yaitu volume bunyi harus diadaptasi semoga pendengar sanggup memahami isi pengumuman dengan baik, kejelasan dalam memberikan pengumuman, dan juga intonasi dan jeda harus sesuai semoga orang simpel memahami pengumuman.

Berikut yaitu beberapa tips cara membuat teks pengumuman:

1. Sebelum membuat sebuah teks pengumuman, pertimbangkanlah terlebih lampau tujuan membuat pengumuma. Hal ini alasannya yaitu pengumuman, dalam suatu konteks tertentu (misalnya dalam mengumumkan produk gres dalam bisnis), bukanlah sekadar pernyataan belaka tetapi juga sanggup meningkatkan hubungan bisnis atau menambah tingkat iktikad pelanggan.
2. Untuk teks pengumuman dalam benuk tulis, teks pengumuman haruslah singkat, terperinci dan ditulis memakai bahasa yang simpel dipahami.
3. Dalam menulis atau memberikan sebuah pengumuman, diberilah beberapa fakta dengan seperlunya dan tidak perlu berlebihan semoga tidak mengubah tujuan dari teks pengumuman itu sendiri.
4. Dalam teks pengumuman tertulis atau lisan, teks pengumuman harus ditulis atau disampaikan dengan singkat. Hindari juga penerapan bahasa yang diulang dan berbelit – belit alasannya yaitu itu akan mengganggu para pendengar atau pembaca dalam memahami isi pengumuman.
5. Jangan terburu – buru untuk mengembangkan atau memberikan pengumuman. Jika sudah final membuat pengumuman, cek terlebih lampau dengan cara proofreading. Mengecek dengan cara proofreading menghindarkan teks pengumuman dari terjadinya salah eja, frasa yang dipakai kurang tepat, kalimat yang kurang efektif, dan sebagainya.

Advertisement

E. misal Pengumuman


misal 1

PENGUMUMAN

SMAN 1 Jati Agung akan mengadakan Acara Temu Alumni pada tanggal 15 Februari 2018 pada jam 09.00 di Hotel Seventh sebagai perayaan Ulang Tahun ke-20 SMAN 1 Jati Agung. 

Pada peluang ini, kami mengundang Anda secara Istimewa untuk sanggup hadir di program ini sembari bertemu mitra lama, mitra sekelas, guru, dosen, mengingat kembali kenangan lama, saling bertukar dongeng wacana kesuksesan masing – masing dan yang paling utama yaitu untuk memperbarui kesepakatan kita terhadap Almamater tercinta kita ini.

Biaya registrasi untuk program ini sebesar Rp 200.000,- per orang dan diperlukan untuk membayarnya di daerah (on the spot). Biaya ini termasuk kaos alumni, kartu ID alumni, souvenir alumni, makan siang, dan pertunjukkan live.

Untuk informasi lebih lanjut, tolong hubungi bab Sekretaris Alumni di (0721) 889-6484 atau kirim sms di 082274646373.

Kami mengharapkan kehadiran Anda di program ini. Terima kasih.

misal 2

Perlombaan Pidato Bahasa Indonesia

Untuk seluruh siswa SMAN 10 Bandar Lampung, kami mengumumkan Perlombaan Pidato Bahasa  Indonesia.

Tanggal dan Waktu : Selasa, 17 April 2018
Tempat  : Aula SMAN 10 Bandar Lampung

Setiap kelas harus mengikuti perlombaan ini dan mengirimkan minimal satu perwakilan untuk setiap kelas dengan menentukan salah satu topik diberikut ini:

• Mencintai Produk Indonesia
• Teknik Menghargai Pahlawan di Era Modern
• Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pemersatu

Untuk informasi lebih lanjut, temui panitia pelaksanaan Perlombaan Pidato Bahasa Indonesia di ruang OSIS

OSIS SMAN 10 Bandar Lampung.

misal 3

PENGUMUMAN

Sekolah Menengan Atas Global Surya menyediaan beasiswa untu 100 siswa Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Berikut yaitu beberapa syarat yang harus dipenuhi:

- Memiliki minat yang tinggi di bidang Matematika dan Science
- Memiliki sertifikat di bidang IT, termasuk Ms. Office, Photoshop, CorelDraw, atau AutoCAD

Kepala Sekolah juga memungkinkan untuk menyediaan surat rekomendasi bagi para siswa semoga mendapat beasiswa.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.globalsurya.sch

Demikianlah klarifikasi lengkap wacana pengumuman, cara membuat dan contohnya. Diharapkan klarifikasi di atas sanggup bermanfaa. Terima kasih.