Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teks Pidato Lingkungan Hidup Di Indonesia

Teks Pidato Lingkungan Hidup di Indonesia - Lingkungan hidup ialah salah satu gosip yang seringkali diangkat. Begitu juga dengan pidato di bawah ini yang menggunakan gosip teknologi ramah lingkungan. 

Teknologi Ramah Lingkungan untuk Lingkungan yang Lebih Ramah

Yth Walikota Kota Bandar Lampung
Yth Seluruh Kepala Dinas Kota Bandar Lampung
Yth Para tamu undangan
Yth Segenap masyarakay yang hadir dalam program ini

Assalamualaikum wr. wb.

Pertama-tama, marilah kita ucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, lantaran dengan rahmat dan karunia-Nya, kita sanggup bantu-membantu berkumpul di daerah ini dalam rangka perayaan Hari Bumi. Salawat serta salam tak lupa juga kita curhakan kepada junjungan dan suri tauladan kita, Nabi Muhammad Salallahualaihi Wasallam, yang sudah mengajarkan kepada kita untuk menjadi khalifah, menjadi penjaga bagi bumi yang kita tinggali ini.

Saat ini usia bumi semakin senja. Di usianya yang semakin senja ini, bumi sudah mengalami banyak perubahan. Perubahan lingkungan di bumi dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor perubahan tersebut yaitu perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi mempunyai efek yang besar pada lingkungan di Bumi. Dewasa ini sanggup kita lihat bahwa perkembangan teknologi, khususnya teknologi industri dan transportasi, sudah mengubah lingkungan di Bumi. Sayangnya, perubahan yang terjadi justru membuat keadaan bumi semakin buruk. Polusi yang disebabkan oleh gas membuang atau emisi pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor mencemari udara yang ada di bumi. Hal itu membuat kita menghirup udara yang kotor dan sanggup mengakibatkan timbulnya penyakit pernapasan.

Gas membuangan yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik dan kendaraaan bermotor juga mengakibatkan gerah yang didapat bumi dari matahari tertahan di permukaan bumi jawaban terhalang oleh gas tersebut. Fenomena itu disebut imbas rumah kaca. Hal tersebut mempunyai dampak kenaikan suhu bumi yang kita kenal dengan sebutan global warming, pergeseran iklim, hingga anomali cuaca yang mengakibatkan ekspresi dominan di bumi menjadi tidak menentu. Selain diakibatkan oleh gas membuang pabrik dan kendaraan bermotor, fenomena  tersebut juga disebabkan oleh zat CFC yang dihasilkan oleh teknologi pendingin, menyerupai AC dan kulkas. Penggunaan teknologi pendingin yang menghasilkan zat CFC tentu turut memperparah keadaan lingkungan bumi yang sudah tercemar.

Advertisement
Selain persoalan polusi udara jawaban gas membuang, persoalan sampah juga menjadi hal yang perlu diperhatikan, khususnya di negara kita ini. Saat ini pengelolaan sampah di negara kita masih belum baik. Permasalahan yang berkaitan dengan sampah sanggup kita temui dalam kehidupan sehari-hari,  mulai dari orang per orang yang masih suka memmembuang sampah sembarangan, penimbunan sampah di luar kolam penampungan sampah, dan penumpukan sampah organik dan anorganik sehingga susah untuk diolah dengan tepat. Sampah yang tidak diolah di lingkungan kita ini bahkan seringkali menjadikan bencana, yaitu peristiwa banjir.

Untuk mengatasi persoalan lingkungan yang terjadi dikala ini, para ilmuan yang peduli dengan lingkungan diberinovasi dengan membuat teknologi yang ramah lingkungan. Kendaraan yang tadinya menggunakan materi bakar fosil, dikala ini mulai dikembangkan dengan mengganti sumber materi bakar ke energi listrik. AC dan kulkas yang dulu menghasilkan zat CFC yang sanggup menjadikan imbas rumah kaca, dikala ini sudah dimutakhirkan dengan penerapan teknologi pendingin yang sedikit, bahkan sama sekali tidak menghasilakn zat CFC tersebut. Upaya pengelolaan sampah secara sempurna sudah diterapkan dengan mengusung konsep recycle atau daur ulang, yaitu dengan memisahkan antara sampah organik dan anorganik sehingga sampah tersebut sanggup diolah menjadi barang-barang yang berguna.

Penerapan teknologi ramah lingkungan yang terus berkembang harus kita dukung. Dukungan tersebut sanggup kita salurkan dengan cara menggunakan teknologi tersebut dalam kehidupan sehari-hari, menyerupai penerapan kendaraan listrik, AC ramah lingkungan yang tidak menghasilkan zat CFC, dan penerapan pgual surya sebagai sumber energi ramah lingkungan. Selain itu, perkembangan teknologi pengolahan sampah harus kita dukung dengan cara memmembuang sampah pada tempatnya dan memilah sampah yang kita membuang sesuai dengan kategori sampah tersebut, apakah sampah organik atau anorganik. Hal itu bertujuan supaya sampah yang kita hasilkan sanggup diolah menjadi barang yang mempunyai nilai guna sekaligus menjaga lingkungan dari pencemaran jawaban pengolahan sampah yang salah.

Sekian pidato yang saya sampaikan. Saya harap kita tiruana sanggup mulai membenahi lingkungan dengan menggunakan teknologi yang sempurna guna dan ramah lingkungan. Semboyan Go Green spesialuntuk akan menjadi sekadar kata-kata kosong apabila kita tidak bergerak. Ayo kita mulai dari hal kecil, dari diri sendiri dan lingkungan daerah tinggal kita. Wabilahitaufik walhidayah. Wassalamualaikum wr. wb.