Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Yang Menghipnotis Karakteristik Konsumen

Karakteristik konsumen sangat beragam. Karakteristik konsumen tersebut kemudian menyebabkan dampak dikarenakan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain yaitu faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor langsung dan faktor psikologi.
Faktor Kebudayaan
Sekumpulan nilai, persepsi, preferensi, dan sikap tertentu yang diperoleh dari lingkungan keluarga, agama, kebangsaan, ras dan goegrafis. Budaya masyarakat tertentu membentuk sikap konsumen. Produk yang berhasil harus pula memenuhi keinginan terkena norma.
Faktor Kelas Sosial
Kelas sosial yaitu donasi di dalam masyarakat yang terdiri dari individu-individu yang mengembangkan nilai, minat, dan sikap yang sama. Kotler merumuskan kelas sosial sebagai pengelompokan masyarakat yang memiliki minat, nilai-nilai serta sikap yang serupa, dikelompokkan secara bejenjang.
Sedangkan bagi Ali Hasan mengemukakan, bahwa kelas sosial yaitu donasi kelompok masyarakat yang relatif homogen dan permguan yang tersusun secara sistematis, anggotanya menganut nilai, minat dan sikap yang serupa.
Faktor Pribadi
Para pemasar yang bijaksana sudah usang menyadari bahwa dampak langsung melebihi kekuatan upaya promosi. Dalam faktor pribadi, terdapat kelompok acuan. Istilah kelompok contoh dipekenalkan pertama kali beberapa dasawarsa yang kemudian oleh Hyman dan didefinisakan sebagai orang atau kelompok orang yang menghipnotis secara bermakna sikap individu. Kelompok contoh mempersembahkan standar norma dan nilai yang sanggup menjadi perspektif penentu terkena bagaimana seseorang berfikir atau berperi laku.
Faktor Psikologis
Faktor psikologis ini dipengaruhi oleh motivasi dan persepsi. Suatu kebutuhan akan menjadi motif bila ia didorong sampai mencapai tingkat intensitas yang memadai. Motif yaitu kebutuhan yang cukup mendorong seseorang untuk bertindak. Sedangkan Persepsi didefinisikan sebagai proses bagaimana seseorang menyeleksi, mengatur, dan mengi nterpretasi kan masukan-masukan warta untuk menciptaklan citra keseluruhan yang berarti .
®
Kepustakaan:
James F. Engel, Roger D. Blackwell dan Paul W. Miniard, Perilaku konsumen, (Jakaita: Binarupa Aksara, 1994). Philip Kotler, Manajemen Pemamasukan, (Prenhallindo, Jakarta, 2002).